TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran agar Tak Salah Pilih

Berikut tips sewa mobil untuk mudik lebaran agar tidak salah pilih

25 April 2022

Tips Sewa Mobil Mudik Lebaran agar Tak Salah Pilih
Pexels/Kampus Production

Tak terasa sebentar lagi bulan Ramadan akan segera usai. Menuju Idul Fitri, salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang adalah mudik ke kampung halaman. Diperkirakan, puncak arus mudik lebaran tahun ini akan jatuh pada tanggal 28, 29 dan 30 April 2022.

Untuk kamu yang sudah kehabisan tiket kereta atau bis, opsi lain untuk mudik ke kampung halaman yang bisa kamu gunakan adalah dengan mobil sewaan.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tetapi kamu bisa lebih leluasa untuk berpergian jika membawa kendaraan sendiri.

Sebelum menyewa mobil, kamu harus memperhatikan tips-tips berikut ini yang telah Popmama.com rangkum dari laman siliconindia.com untuk kamu. 

1. Ketahui syarat dan cara pembayaran

1. Ketahui syarat cara pembayaran
Pexels/Pixabay

Karena setiap bisnis rental mobil memiliki kebijakan yang berbeda-beda, ketahui persyaratan dari tempat rental yang ingin kamu sewa, terutama berkaitan dengan sistem pembayaran. Seperti bagaimana sistem pembayarannya, pembayarannya dapat dilakukan via apa saja, dan sebagainya. 

Sebagai tips, kamu bisa memilih kebijakan pembatalan lunak atau pembatalan yang dapat dilakukan setelah reservasi tanpa membayar apapun untuk lebih mempermudah jika mengalami beberapa hal yang kurang mengenakan.

2. Tentukan jenis mobil yang dibutuhkan

2. Tentukan jenis mobil dibutuhkan
Pexels/Pixabay

Sebelum mulai menyewa mobil, pastikan kamu sudah mengetahui seberapa banyak keluarga dan barang bawaan yang akan dibawa untuk mudik ke kampung halaman.

Hal tersebut nantinya akan membantu kamu untuk memilih ukuran dan jenis mobil yang sesuai agar perjalanan mudik kamu menjadi nyaman dan tenang.  

Editors' Picks

3. Paham jalan yang akan dilewati

3. Paham jalan akan dilewati
Pexels/Tatiana

Sama seperti poin sebelumnya, mengetahui medan jalan yang akan dilewati saat mudik merupakan hal yang penting, seperti apakah jalanan tersebut menanjak, banyak menurun, atau tidak rata. 

Dengan memilih ukuran dan jenis mobil yang sesuai, perjalanan mudik kamu tidak akan terhambat oleh hal-hal teknis seperti kerusakan, mogok, dan sebagainya.

4. Perhatikan asuransi sewa

4. Perhatikan asuransi sewa
Pexels/Andrea Piacquadio

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum menyewa mobil, kamu bisa bertanya apakah terdapat asuransi atau tidak dalam proses penyewaannya. 

Jika tidak, pastikan kamu memiliki asuransi pribadi yang dapat meng-cover kerusakaan yang terjadi saat menyewa mobil. Atau, kamu bisa membuat kesepakatan dengan pemilik rental yang paling menguntungkan jika hal-hal tidak diinginkan tersebut terjadi.

5. Periksa kondisi mobil

5. Periksa kondisi mobil
Pexels/Andrea Piacquadio

Pastikan untuk memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan seperti penyok, lecet, dan kerusakan lain sebelum sepakat untuk menyewa.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan-kerusakan apa saja yang sudah terjadi sebelum kamu menggunakan mobil tersebut sehingga kamu tidak akan dimintai ganti rugi untuk kerusakan yang tidak kamu sebabkan sebelumnya. 

Selain itu, jika terdapat beberapa kerusakan yang parah, kamu bisa langsung mengganti dengan mobil yang lebih baik agar perjalanan mudik kamu dapat nyaman dan tidak ada kendala.

6. Perhatikan batas sewa mobil

6. Perhatikan batas sewa mobil
Pexels/Olya Kobruseva

Saat menggunakan mobil, pastikan untuk selalu mengingat batas sewa mobil yang kamu ajukan. 

Hal ini agar kamu tidak mengeluarkan lebih banyak uang karena keterlambatan pengembalian yang terjadi. Selain itu, pastikan pula untuk mengembalikan mobil dengan kondisi yang sudah disepakati sebelumnya. 

Nah, itu dia tips-tips menyewa mobil untuk mudik ke kampung halaman. Semoga perjalanan mudik kalian selalu diberi kelancaran, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk