8 Manfaat Daun Ashitaba bagi Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur!

Pernah dengar tentang daun ashitaba atau seledri Jepang? Ssst.. tanaman ini bisa bikin panjang umur!

23 September 2020

8 Manfaat Daun Ashitaba bagi Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur
drhealthbenefits.com

Nama daun Ashitaba mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Ashitaba merupakan tanaman asli Jepang yang dipercaya mambu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dalam bahasa latin Ashitaba juga disebut sebagai Angelica Keiskei Koidzumi. Tanaman herbal ini berasal dari Hachi Jo Island yang berarti pulau panjang umur. Disebut demikian karena penduduk pulau tersebut terkenal dengan umurnya yang panjang hingga mencapai 90 tahun.

Tanaman ashitaba sudah banyak digunakan para tabib untuk mengobati berbagai macam penyakit sejak zaman Dinasti Ming (1518 – 1593).

Setelah dilakukan banyak riset dan penelitian ditemukan bahwa rahasia umur panjang penduduknya karena setiap hari mereka mengkonsumsi daun ashitaba.

Kalau kamu ingin memelihara daun ashitaba, pastikan lingkunganmu memiliki hawa yang sejuk. Di tempat yang optimal maka mereka dapat tumbuh hingga 2 sampai 3 meter dan usia tanamannya dapat mencapai 15 tahun.

Sebenarnya apa saja manfaat daun ashitaba bagi kesehatan? Popmama.com merangkum 8 manfaat daun ashitaba sebagai berikut:

1. Menyehatkan rambut

1. Menyehatkan rambut
Pexels/Pixabay

Seledri jepang dikenal sangat baik digunakan untuk kesehatan rambut dan merangsang pertumbuhannya karena memiliki banyak kandungan vitamin E. Selain itu juga dapat menyehatkan kulit kepala sehingga mencegah kerontokan.

Tidak heran jika orang Jepang memiliki rambut yang sehat dan berkilau.

3. Meningkatkan imun tubuh

3. Meningkatkan imun tubuh
Pexels/Burst

Daun ashitaba dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit berkat kandungan anti oksidan yang terkandung di dalamnya.

Dengan sistem imun tubuh yang baik dan kuat maka penyakit tidak akan mampu masuk ke dalam tubuh. Daun ashitaba juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah serta menurunkan resiko jantung.

Baca juga: Terdapat 5 Manfaat Baik dari Buah Asam Jawa

Baca juga: 7 Manfaat Baik Alpukat Bagi si Kecil

Baca juga: Manfaat Utama Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

2. Mencegah kanker

2. Mencegah kanker
Pexels/Miguel A. Padrinan

Salah satu manfaat utama daun ashitaba yaitu mampu mencegah penyakit kanker yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa.

Zat aktif berupa Xanthoangelol dan 4-hydroxyderricin yang terkandung dalam Chalcones yang terdapat pada batang dan daun ashitaba terkenal sangat ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker.

Editors' Picks

4. Sebagai antioksidan alami yang kuat

4. Sebagai antioksidan alami kuat
Pexels/Pixabay

Kandungan anti oksidan yang sangat kaya di dalan daun ashitaba menjadikan tanaman ini mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh.

5. Menyehatkan mata

5. Menyehatkan mata
Pexels/Min An

Daun ashitaba atau yang dikenal dengan nama seledri Jepang ternyata kaya akan vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A bermanfaat mempertajam penglihatan serta menghindarkannya dari kerusakan.

6. Memperbaiki fungsi hati dan ginjal

6. Memperbaiki fungsi hati ginjal
Pexels/Kaboompics.com

Berbagai penyakit serius mampu ditimbulkan bila ada gangguan pada organ tubuh penting pada manusa, diantaranya gangguan pada hati dan ginjal.

Kedua organ ini sangat mempengaruhi kesehatan tubuh karena berperan menyaring racun dan empedu agar tidak larut dalam aliran darah yang dipompa ke seluruh tubuh.

Untuk menjaga kinerja kedua organ ini kamu dapat mengkonsumsi daun ashitaba secara rutin karena dikenal mampu memperbaiki sitem organ hati dan ginjal.

7. Menurunkan kolesterol

7. Menurunkan kolesterol
Pexels/Adrianna calvo

Tekanan darah yang normal akan membuat tubuh sehat, sementara itu tekanan darah yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dapat mengganggu kesehatan.

Kalau kamu memiliki masalah tekanan darah, konsumsilah daun ashitaba karena bermanfaat menetralkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol.

8. Membantu menurunkan berat badan

8. Membantu menurunkan berat badan
Pixabay/TeroVesalainen

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Untuk memilikinya maka kamu perlu sistem pencernaan yang baik.

Kandungan serat dalam daun ashitaba didapuk mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah penumpukan zat sisa-sisa dalam tubuh. Selain itu tanaman ini juga mampu membakar lemak dengan cara meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Nah, itulah 8 manfaat daun ashitaba bagi kesehatan. Tidak ada salahnya memelihara tanaman ini di rumah supaya kesehatan terjaga dan membuat kita panjang umur.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.