5 Daftar Obat yang Mengandung Ibuprofen untuk Redakan Rasa Sakit

Bisa mengurangi pembengkakan dan nyeri

5 Agustus 2022

5 Daftar Obat Mengandung Ibuprofen Redakan Rasa Sakit
Freepik

Apakah sebelumnya kamu pernah menggunkan obat jenis ibuprofen?

Secara medis, ibuprofen digunakan untuk meredakan rasa sakit dari berbagai kondisi seperti sakit kepala dan sakit gigi. Tetapi juga bisa mengobati kram menstruasi, nyeri otot atau radang sendi. Bahkan dapat mengurangi demam.

Sementara ibuprofen adalah obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID). Cara kerjanya menghalangi produksi tubuh dari zat alami tertentu yang menyebabkan peradangan. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul dan sirup.

Nah, berikut Popmama.com berikan informasi mengenai 5 daftar obat yang mengandung ibuprofen. Apa sajakah?

1. Axofen termasuk golongan obat terbatas

1. Axofen termasuk golongan obat terbatas
toko.sehatq.com

Axofen adalah salah satu jenis obat yang mengandung zat aktif ibuprofen. Produk kesehatan ini diindikasikan untuk menurunkan demam dan meringankan sakit kepala ringan sampai sedang. Termasuk membantu meredakan gejala rematik tulang, nyeri otot, nyeri haid dan nyeri lainnya.

Namun Axofen merupakan golongan obat bebas terbatas dan masuk kategori obat keras. Sementara Axofen bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin. Apabila pembentukkan produksi prostaglandin dapat dihambat, maka dapat mengurangi nyeri ringan dan peradangan.

Editors' Picks

2. Bodrex Extra bisa dibeli tanpa resep dokter

2. Bodrex Extra bisa dibeli tanpa resep dokter
shopee.co.id

Bahwa hampir semua orang pernah mengalami yang namanya sakit kepala bukan? 

Sedangkan Bodrex Extra dapat membantu kamu saat ingin meredakan rasa nyeri di bagian kepala akibat stres, kurang istirahat maupun kurang tidur. Terutama meringankan sakit kepala yang mencengkeram.

Bodrex Extra sendiri merupakan obat dengan kandungan paracetamol, ibuprofen dan caffeine yang dapat digunakan untuk mengurangi sakit kepala pada migrain. Dimana Bodrex Extra adalah obat bebas dan bisa dibeli tanpa dengan atau tanpa resep dokter.

3. Novaxifen meringankan peradangan

3. Novaxifen meringankan peradangan
lazada.co.id

Novaxifen adalah tablet obat yang digunakan untuk meredakan peradangan penyebab demam dan nyeri di tubuh. Termasuk meringankan peradangan yang ditimbulkan dengan gejala seperti demam, kulit kemerahan, bengkak dan nyeri sendi.

Dimana Novaxifen tablet sendiri mengandung zat aktif ibuprofen 400 mg sebagai zat aktifnya dan diproduksi oleh Novapharin. Novaxifen pun merupakan obat golongan Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS). Namun Novaxifen merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras, sehingga pada setiap pembeliannya harus menggunakan resep dokter.

4. Oskadon SP mengurangi produksi prostaglandin

4. Oskadon SP mengurangi produksi prostaglandin
tokopedia.com

Oskadon SP juga mengandung bahan aktif paracetamol dan ibuprofen. Cara kerjanya dengan cara mengurangi produksi prostaglandin, sehingga membantu meredakan nyeri. Selain itu, Oskadon SP juga mengandung caffeine anhydrous. Zat aktif ini dapat meningkatkan efektivitas antinyeri.

Sementara Oskadon SP termasuk golongan obat pereda nyeri dan penurun panas (analgesik dan antipiretik). Manfaat dari penggunaan dari Oskadon SP sendiri bisa meringankan pegal linu, nyeri otot pada pinggang dan punggung. Sedangkan dosis untuk dewasa hanya 3-4 kali sehari 1 tablet.

5. Proris menghambat kerja dari enzim siklooksigenasi

5. Proris menghambat kerja dari enzim siklooksigenasi
bukalapak.com

Proris juga termasuk daftar obat yang terdapat kandungan ibuprofen di dalamnya. Penggunaannya sendiri dapat digunakan sebagai pereda nyeri ringan dan gangguan inflamasi (peradangan). Sementara pada Proris suspensi adalah obat sirup analgesik yang berfungsi untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri pada anak-anak.

Obat ini pun termasuk dalam golongan Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID) dan memiliki mekanisme kerja menghambat kerja dari enzim siklooksigenasi (COX). Ketika kerja enzim COX terhalangi, maka produksi prostaglandin lebih sedikit. Dengan demikian, rasa sakit dan peradangan akan berkurang dan terjadi pelepasan suhu panas di tubuh.

Nah, itulah kelima daftar obat yang mengandung ibuprofen. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakannya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk