Saat Bersosial, Inilah 5 Tips Menjadi Orang yang Tidak Membosankan

Hindari topik yang nggak perlu untuk dibicarakan, ya!

13 Januari 2022

Saat Bersosial, Inilah 5 Tips Menjadi Orang Tidak Membosankan
Freepik/benzoix

Kamu sering pergi keluar rumah dan bertemu teman?

Di dalam kehidupan, memang sangat penting untuk sesekali bersama orang atau bersosialisasi di lingkungan sekitar. Kamu pun dapat melibatkan diri bersama orang terdekat dan membiarkan mereka bercerita.

Ini adalah kegiatan yang menghilangkan perasaan kesepian dan meningkatkan rasa bahagia. Namun hal wajar jika terkadang merasa dijauhi dan seseorang enggan berteman dengan kamu.

Jika hal tersebut menimpah kamu, coba perhatikan 5 tips menjadi orang tidak membosankan. Berikut Popmama.com berikan informasinya:

1. Awali dengan pembicaraan ringan yang memiliki tujuan

1. Awali pembicaraan ringan memiliki tujuan
Freepik/halayalex

Saat bersama teman, kamu suka berbasa-basi?

Itu adalah hal sering dilakukan banyak orang. Namun harus diingat, sebaiknya jangan terjebak di dalamnya. Cobalah awali dengan pembicaraan ringan yang memiliki tujuan dan hindari topik tidak penting.

Bahwa untuk memulai percakapan memang perlu pemanasan, karena sebagian orang hanya berbicara seadanya. Sementara ada juga yang langsung terbiasa satu sama lain. Nah, kamu hanya perlu mengatakan sesuatu dengan pembahasan yang cerdas.

Agar menandakan bahwa kamu orang yang ramah dan tidak membosankan, berikut beberapa contoh kalimat untuk diucapkan:

  • Tanyakan kepada mereka apa yang paling mereka sukai dari pekerjaannya.
  • Apabila teman kamu tampaknya tidak menyukai pekerjaannya, tanyakan apa yang mereka suka lakukan ketika mereka tidak bekerja.
  • Jika mereka menyebutkan sesuatu secara sepintas yang tampaknya menarik bagi dirinya, tanyakan lebih lanjut tentang itu.

Editors' Picks

2. Tidak menggunakan kata-kata kasar saat berbicara

2. Tidak menggunakan kata-kata kasar saat berbicara
Freepik/cookie_studio

Di dalam bersosialisasi, ada berbagai macam karakter orang. Namun untuk menjadi pribadi yang tidak membosankan, kamu perlu memiliki keterampilan sosial yang baik. 

Nah, salah satunya adalah tidak menggunakan kata-kata kasar. Jika itu terjadi, maka berpotensi membuat sumber pesan jadi membingungkan dan menyebabkan pembicaraan yang kacau. 

Meski memiliki begitu banyak pendapat atau cerita yang ingin kamu katakan, usahakan berpikir dahulu sebelum mengatakan apa pun. Aturlah apa saja kalimat baik dan lebih sopan di pikiran kamu.

3. Cobalah menjadi orang yang ceria dan humoris

3. Cobalah menjadi orang ceria humoris
Freepik/mego-studio

Agar suasana semakin meriah saat sedang bersama banyak orang, kamu perlu memusatkan perhatian dan membuat percakapan lebih menarik. Dengan kata lain, cobalah menjadi orang yang humoris.

Perlihatkan keceriaan dalam diri kamu. Jika orang lain melihat kamu ceria, maka akan membuka aura positif dan orang merasa senang juga. Ketika kamu melontarkan humor dengan ceria, secara otomatis orang tertawa puas.

Sedangkan cara untuk menjadi seorang yang humoris adalah percaya diri. Jangan takut ditertawakan, dipermalukan atau harga diri jatuh. Bahwa rasa takut bisanmenghambat proses diri untuk menjadi orang yang humoris.

4. Menjadi pendengar yang baik saat orang lain bercerita

4. Menjadi pendengar baik saat orang lain bercerita
Freepik/lookstudio

Mendengarkan terkadang terasa menyulitkan. Padahal menjadi pendengar yang baik, ini dapat membantu kamu dalam setiap aspek kehidupan dengan siapa saja.

Jadi alih-alih memikirkan apa yang harus kamu katakan selanjutnya, berusalah fokus pada percakapan dan menjadi pedengar saat orang lain bercerita.

Kamu pun juga harus menjernihkan pikiran dari segala sesuatu, sehingga dapat fokus sepenuhnya pada apa yang orang lain katakan. Pastikan juga bahwa ponsel kamu mati, hal itu agar tidak terganggu.

5. Menjadi orang yang rendah hati dan tidak sombong

5. Menjadi orang rendah hati tidak sombong
Freepik/benzoix

Bahwa kerendahan hati sering dikaitkan dengan pribadi yang percaya diri dan kompeten dalam diri mereka sendiri. Bahkan mereka berusaha tidak mengumbar kesombongan apa yang dimilikinya.

Memiliki sifat rendah hati adalah salah satu cara agar kamu tidak menjadi orang yang membosankan. Di sini kamu termasuk orang yang mudah bersyukur, sehingga tidak perlu memberi tahu orang lain tentang kesuksesan kamu.

Itulah 5 cara menjadi orang yang tidak membosankan. Sebaiknya jangan khawatir orang akan menilai kamu, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.