Tidak Mudah Mengeluh! Cek 5 Tips Jadi Orang yang Cekatan saat Bekerja

Yuk, selesaikan pekerjaan satu per satu!

16 Januari 2022

Tidak Mudah Mengeluh Cek 5 Tips Jadi Orang Cekatan saat Bekerja
Freepik/jcomp

Kamu sedang mengalami fase tahap awal bekerja?

Dalam hal ini, maka perlu menerapkan sikap fleksibilitas dan memiliki keterampilan. Selain itu, sebuah komitmen juga harus selalu dilakukan. 

Pastikan kamu meluangkan waktu dan memberi diri mengasah kinerja. Dengan demikian, tanpa membutuhkan banyak waktu kamu bisa bekerja dengan cepat dan tepat.

Di sisi lain, setidaknya kamu mengetahui 5 cara menjadi orang yang cekatan dalam bekerja. Berikut Popmama.com berikan ulasan selengkapnya:

1. Tidak lupa membuat perencanaan yang matang

1. Tidak lupa membuat perencanaan matang
Freepik/pressfoto

Meski merasa ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan dikerjakan, namun kamu harus menjadi orang cekatan saat bekerja. Salah satu caranya, yakni tidak lupa membuat perencanaan yang matang. 

Alasannya karena untuk mewujudkan sesuatu dalam tujuan jangka panjang, ini sering kali membutuhkan waktu dan sebuah rencana sebagai prioritas. Singkatnya, kamu perlu memutuskan tujuan mana yang paling penting. 

Bahwa perencanaan sendiri dapat meningkatan produktivitas dan mencegah kamu membuang-buang energi maupun waktu. Bahkan bisa jadi setiap perencanaan membantu kamu lebih fokus pada tugas yang ada.

Editors' Picks

2. Menyingkirkan gangguan di tempat kerja

2. Menyingkirkan gangguan tempat kerja
Freepik/master1305

Baik kamu sedang bekerja di kantor atau dari rumah, sebaiknya jangan membuat perhatian mudah teralihkan di beberapa titik. Artinya, kamu perlu menjaga diri tetap fokus saat bekerja.

Sementara salah satu cara menjadi orang yang cekatan adalah menyingkirkan gangguan di tempat kerja. Langkah ini bisa meningkatkan produktivitas keseluruhan yang lebih baik dan memiliki kesempatan untuk menjadi produktif.

Jadi mulailah memiminalisir dari kebiasaan memeriksa notifikasi email atau menonton layanan video streaming. Selain itu, pertimbangkan untuk mematikan semua notifikasi pada ponsel kamu juga, ya.

3. Berani menolak ajakan orang yang hanya membuang waktu

3. Berani menolak ajakan orang ha membuang waktu
Freepik/wayhomestudio

Ketika kamu pernah mendengar tentang menjadi orang yang sukses di dunia kerja, kuncinya harus cekatan dan berpegang teguh pada visi misi. Termasuk selalu konsekuensi mewujudkannya.

Terutama saat menerima ajakan untuk pergi hangout atau hal-hal yang hanya membuang waktu, maka sebaiknya kamu berani menolaknya. Jadi mulai sekarang kamu tinggal memutuskan siapa yang harus ditolak. 

Namun apabila merasa yakin pertemuan itu akan berharga dan bisa memberikan kontribusi pada diskusi pekerjaan, kamu perlu memutuskan apakah pertemuan tersebut merupakan prioritas atau tidak.

4. Membuat keluhan menjadi lebih baik dan positif

4. Membuat keluhan menjadi lebih baik positif
Freepik/wayhomestudio

Menjadi cekatan dalam bekerja adalah salah satu keterampilan yang paling penting. Sebagai pekerja, maka kamu harus merespons serta menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Nah, salah satunya menghilangkan dari kebiasaan mengeluh. Bahwa gambaran besarnya, mengeluh hanya menjadi hal kecil yang menyebabkan efek negatif dan mengganggu kamu saat bekerja.

Namun kamu bisa menyampaikan keluhan dengan cara yang baik, dianggap bermanfaat dan tidak kritis. Kuncinya, ketika kamu memiliki keluhan maka mulailah dan akhiri dengan positif. 

5. Semangat menyelesaikan pekerjaan satu per satu

5. Semangat menyelesaikan pekerjaan satu per satu
Freepik/drobotdean

Bahwa untuk bertahan di dunia kerja, sebaiknya kamu perlu belajar menjadi lebih cekatan atau gesit. Salah satu cara yang bisa dilakukan, yakni selalu bersemangat dan termotivasi selama menuntaskan pekerjaan.

Nah, kamu pun harus menyelesaikan pekerjaan satu per satu. Terutama saat daftar pekerjaan menumpuk, cobalah memiliki prinsip ketika mencoba menuntaskan semua pekerjaan. 

Sementara untuk mempercepat pekerjaan yang sangat efektif adalah mempertahankan daftar tugas mingguan atau harian. Hindari pula menunda pekerjaan, ya.

Nah, itulah 5 cara jadi orang cekatan saat bekerja. Dengan menerapkan poin di atas, maka tugas atau pekerjaan sebanyak apapun bisa lebih ringan bukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk