Mau Investasi dan Koleksi Emas? Berikut Pilihan yang Cocok untuk Mama!

Emas merupakan jenis barang yang cocok untuk diinvestasikan karena sangat menjanjikan

6 Oktober 2021

Mau Investasi Koleksi Emas Berikut Pilihan Cocok Mama
Pexels/Michael Steinberg

Emas merupakan sebuah logam mulia yang mempunyai nilai yang tinggi dan juga sangat berharga. Sehingga, tidak heran kalau emas cukup diminati oleh masyarakat. Emas banyak diminati karena memiliki berbagai macam manfaat yang cukup beragam.

Tidak hanya dijadikan sebagai perhiasan, emas juga dapat dijadikan sebagai dekorasi, investasi, koleksi, alat pembayaran dan sebagainya. Emas juga dapat digunakan untuk kesehatan serta kecantikan. Bahkan, terkadang emas juga dapat diolah menjadi barang industri.

Karena memiliki berbagai macam manfaat, maka tidak heran kalau melakukan investasi emas menjadi pilihan yang tepat. Selain itu juga akan mendapatkan keuntungan utama yang dimana harganya cenderung selalu naik dari tahun ke tahun.

Tentunya, hal ini merupakan keuntungan yang sangat besar, terutama bagi pemiliknya. Apalagi saat selisih harga beli dan harga jual emas cukup besar.

Sudah bukan rahasia umum lagi mengapa berbagai bentuk emas sangat diminati. Hal ini karena mendapatkan hasil yang dipetik di masa mendatang cukup banyak. 

Tidak hanya itu, emas juga dapat dijadikan tabungan untuk dana pendidikan, kesehatan, beli rumah hingga naik haji. Emas memiliki karakteristik yang khusus dari kilauan pantulan cahayanya serta memiliki sifat yang mudah dibentuk dan tidak mudah cacat. 

Lalu, apakah manfaat dari mengoleksi emas? dan jenis emas apa saja yang dapat diinvestasikan?

Berikut Popmama.com sudah merangkum informasi lengkapnya untuk Mama. Simak penjelasannya, yuk!

Manfaat dari mengoleksi dan melakukan investasi emas

Emas memiliki sifat dapat dicairkan, maka tentunya hal ini sangat berguna bagi para pemilik mengingat terdapat beberapa barang yang tidak dapat dicairkan dengan uang tunai. Selain itu, prosesnya pun juga mudah dan tidak perlu menunggu waktu cukup lama.

Selain itu, keuntungan lain yang didapat dengan melakukan investasi emas Mama juga dapat bebas pajak serta yang paling penting adalah dapat melindungi kekayaan.

Dengan memiliki nilai yang selalu meningkat setiap tahunnya, emas tentu dapat menjadi investasi jangka panjang dan berguna untuk melindungi nilai kekayaan. 

Salah satu kelebihan dengan melakukan investasi emas adalah tidak perlu melakukan dengan jumlah besar, seperti membeli emas dalam bentuk perhiasan. 

Investasi yang dilakukan ini tentunya memiliki banyak keuntungan lain serta mendapat profit yang cukup tinggi. Terdapat beberapa jenis emas yang dapat Mama investasikan yang terdiri sebagai berikut.

1. Emas perhiasan

1. Emas perhiasan
Pexels/Pixabay

Emas perhiasan merupakan salah satu emas yang dapat di investasi serta menjadi pilihan utama bagi para perempuan. Selain itu, emas perhiasan ini juga dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko emas.

Tetapi, pembelian emas perhiasan kurang dianjurkan untuk investasi terutama dalam jangka pendek. Akan lebih baik apabila investasi yang dilakukan dalam jangka panjang. 

Hal ini karena keuntungan yang didapat dari emas perhiasan tidak terlalu menjanjikan karena bukan hanya membayar harga emas saja, namun juga membayar proses pembuatannya.

Maka tidak heran apabila emas perhiasan memiliki nilai jual yang lebih rendah dibandingkan jenis emas lainnya. Hal ini karena kadar dari emas murni sudah dilebur dan dibentuk perhiasan.

Namun, apabila Mama tetap ingin melakukan investasi dengan emas perhiasan maka lakukanlah untuk jangka panjang dan bukan jangka pendek karena akan lebih menjanjikan.

Editors' Picks

2. Emas batangan

2. Emas batangan
Pexels/Pixabay

Emas yang paling banyak dijadikan sebagai investasi adalah jenis emas batangan. Hal ini karena emas batangan memiliki sifat yang tetap serta tidak berubah-ubah.

Selain itu, emas batangan juga lebih mudah dijual pada saat membutuhkan dana darurat. Emas ini memiliki bentuk investasi yang terbilang aman serta sangat menguntungkan. Tidak hanya itu, emas ini juga dapat dilakukan untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang.

Emas batang memiliki bentuk seperti cokelat batangan. Ukuran emas ini pun juga bervariasi, mulai yang dari 1 gram sampai 1 kilogram pun juga ada.

Selain itu, emas ini memiliki kadar sebanyak 24 karat dengan tingkat kemurnian mencapai 99,99%. Emas batangan juga tidak diproduksi secara sembarang, namun harus memiliki izin terlebih dahulu.

3. Dinar emas

3. Dinar emas
Pexels/David McBee

Jenis emas yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai investasi emas. Dinar emas memiliki bentuk seperti koin atau kepingan emas zaman dahulu yang digunakan sebagai alat transaksi.

Dinar emas memiliki kadar sebanyak 22 karat serta berat 4,25 gram. Kadar dari dinar emas ini sudah ada semenjak zaman kekhalifahan Islam, yaitu Umar bin Khattab. 

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis emas ini pun juga ikut berpindah. 

Benda yang satu ini kini lebih sering dijadikan sebagai sarana investasi. Hal ini karena dinar emas memiliki kecenderungan yang lebih aman dari inflasi serta keberadaannya dapat mengikuti nilai dari mata uang asing.

Tentunya hal ini menjadi salah satu kelebihan dari dinar emas.

4. Koin emas

4. Koin emas
Pexels/Pixabay

Koin emas disini merupakan koin emas ONH (Ongkos Naik Haji). Biasanya jenis emas ini digunakan untuk tabungan dari orang-orang yang melakukan persiapan ibadah haji. Jenis emas ini sama dengan emas lainnya yang mengikuti harga mata uang asing.

Tentunya, investasi koin emas ini menjadi relatif lebih aman terhadap inflasi. Emas dinar dapat termasuk dalam jenis emas koin, namun emas dinar memiliki berat dan karat tertentu. Berbeda dengan emas koin yang berat dan karatnya memiliki variasi berbeda.

Kelemahan dari emas koin adalah tidak dijual secara umum sehingga menjadi sangat sulit untuk ditemukan. Hal ini karena tidak diketahui siapa yang dapat membuat koin emas ini.

5. Emas kuno

5. Emas kuno
Pexels/Anastasia Shuraeva

Emas kuno memiliki nilai sejarah yang kuat dan berharga, sehingga tidak heran bahwa nilai jual dari emas kuno pun cukup tinggi.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai barang investasi, emas kuno juga dapat dijadikan sebagai barang koleksi karena memiliki nilai sejarah yang sangat berharga.

Emas kuno memiliki umur selama ratusan hingga ribuan tahun. Emas-emas ini pun biasanya ditemukan oleh para arkeolog dan ditemukan di sekitar tempat peninggalan kerajaan ataupun kapal VOC yang karam dilautan dan kemudian diangkat ke tanah.

Jenis emas kuno ini mempunyai nilai jual yang tinggi. Hal ini karena adanya emas yang melekat pada koin dan nilai historis yang juga terkandung didalamnya membuat harga jual emas kuno ini lebih mahal dibandingkan jenis emas lainnya.

Nah, itulah berbagai jenis emas yang dapat Mama koleksi ataupun di investasikan. Tentunya apabila ingin menginvestasikan cobalah untuk jangka panjang karena akan memiliki nilai yang menjanjikan. 

Lantas, apakah Mama tertarik mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.