Agar Tak Berkepanjangan, Ini Tips Manajemen Stres di Tempat Kerja

Yuk simak tips untuk mengatasi stres di tempat kerja

11 Mei 2021

Agar Tak Berkepanjangan, Ini Tips Manajemen Stres Tempat Kerja
Pexels/energepiccom

Mengalami stres di tempat kerja merupakan hal yang bisa terjadi pada siapapun. Karena pekerjaan setiap hari datang tanpa henti, belum lagi jika Mama harus mengurus keluarga.

Stres berkepanjangan tidak hanya memicu kelelahan mental, tapi juga memengaruhi kesehatan fisik sehingga performa kerja akan menurun dan Mama tidak bisa memberikan hasil yang maksimal.

Walau tidak bisa dihindarkan, Mama bisa mengatasi stres di tempat kerja agar tidak berkepanjangan. Yaitu, dengan melakukan manajemen agar saat stres datang Mama bisa menyiasatinya.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi stres.

1. Kenali penyebab stres

1. Kenali penyebab stres
Pexels/marcus-aurelius

Sebelum mengatasi stres, Mama perlu tahu kenapa Mama mengalami stres. Karena penyebabnya bisa bermacam-macam, Ma.

Jika stres terjadi di tempat kerja, penyebab umumnya bisa jadi berasal dari tuntutan pekerjaan, atasan, atau pun rekan kerja.

Selain itu faktor lain seperti masalah yang terjadi di keluarga atau masalah dalam diri sendiri juga bisa menyebabkan stres.

2. Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya

2. Bicarakan keluhan seseorang dapat dipercaya
Pexels/tim-gouw

Membicarakan keluhan pekerjaan pada orang terdekat yang bisa dipercaya kemungkinan akan membuat perasaan Mama lebih lega, karena Mama tidak lagi menyimpan beban pekerjaan sendirian.

Selain itu, Mama bisa bicarakan keluhan pada rekan kerja yang bisa dipercayai, kepada atasan kemudian kepada HRD agar Mama menemukan jalan keluar permasalahan yang memicu stres.

Editors' Picks

3. Olahraga dan aktivitas fisik

3. Olahraga aktivitas fisik
Pexels/andrea-piacquadio

Olahraga terbukti mampu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk stres, karena saat berolahraga tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang membuat tubuh lebih positif dan lebih bahagia, Ma.

Sehingga Mama bisa menurunkan tingkat stres.

4. Menjaga kesehatan tubuh

4. Menjaga kesehatan tubuh
Pexels/andrea-piacquadio

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang bisa Mama lakukan untuk mencegah dan mengatasi stres di tempat kerja.

Jagalah kesehatan tubuh salah satunya dengan tidur atau istirahat yang cukup, kurangnya istirahat kemungkinan dapat menjadi salah satu pemicu stres di lingkungan kerja. Kurang istirahat juga membuat performa kerja tidak maksimal sehingga kualitas pekerjaan juga akan menurun.

Selain itu, mengatur pola makan dnegan mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang dan menerapkan perilaku bersih juga akan membuat kesahatan fisik meningkat.

5. Kembangkan hobi dan tingkatkan ibadah

5. Kembangkan hobi tingkatkan ibadah
Pexels/rfstudio

Mencari hiburan dengan mengambangkan hobi yang bermanfaat dan menyenangkan seperti menonton, memasak, melukis, jalan-jalan membaca, karaoke.

Melakukan hobi yang menyenangkan akan membuat pikiran lebih releks dan tidak terus memikirkan hal-hal yang membuat stres selama bekerja.

Selain itu, Mama bisa menurunkan stres dengan cara melakukan yoga, atau meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan, karena kegiatan ini bisa menenangkan pikiran. Jangan lupa untuk terus berpikir positif ya, Ma.

6. Konsultasikan pada ahli

6. Konsultasikan ahli
Pexels/ekaterina

Jika beberapa cara manajemen stres di atas masih belum membantu Mama, mungkin ini saatnya Mama meminta bantuan pada ahli, yaitu psikolog.

Psikolog akan lebih memahami Mama dan membantu Mama mencari jalan keluar mengatasi masalah stres karena pekerjaan.

Kapanpun Mama merasa tidak sanggup mengatasi stres lebih baik langsung melakukan konsultasi pada ahli ya, Ma.

Itulah informasi terkait manajemen stres di tempat kerja yang bisa Mama terapkan kapanpun. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental yah, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.