Captain Afwan, Pilot Sriwijaya Air SJ-182 yang Dikenal Saleh dan Baik

Kabar duka di awal tahun untuk Indonesia datang dari udara.

10 Januari 2021

Captain Afwan, Pilot Sriwijaya Air SJ-182 Dikenal Saleh Baik
Unsplash/jon-flobrant

Teriring doa dalam duka dari berbagai penjuru tanah air ini untuk tragedi pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021). Captain Afwan, sosok di balik kemudi pesawat, membawa 56 orang terdiri atas 50 penumpang, 10 di antaranya anak-anak dan bayi, serta enam awak aktif. Pesawat diperkirakan jatuh di perairan antara Pulau Laki dan Pulai Lancang, Kepulauan Seribu.

Tahun 2021 baru 10 hari berjalan, Captain Afwan jadi trending topik di media sosial hari ini, sebagai pilot dari pesawat yang jatuh. Sosok ini mendapat banyak simpati dari orang-orang, baik yang mengenalnya maupun tidak.

Dalam duka, Captain Afwan diperbincangkan di mana-mana, termasuk beberapa cerita hangat yang dirangkum Popmama.com dari media sosial berikut ini:

1. Dekat dengan Allah

1. Dekat Allah
Twitter/@fterlove1

The Whatsapp's pfp of Captain Afwan, the pilot of #SJ182:
"No matter how high I fly, I won't reach jannah if I don't pray 5 times a day"

ㅠㅠ pic.twitter.com/Qg5TXkvoJ9

— Put (@putridwissw) January 10, 2021

Banyak beredar quote, "Setinggi apapun aku terbang, tidak akan mencapai surga bisa tidak shalat lima waktu," di media sosial. Ditulis dalam gambar-gambar indah, dan dibubuhkan nama Capt Afwan di bawahnya. Quote ini sebenarnya berasal dari profile picture WhatsApp terkini sang Kapten.

Sosoknya memang dikenal saleh, rajin beribadah, dan berbuat banyak kebaikan. Dalam kolom info akun WhatsApp-nya, beliau juga menuliskan kalimat nasihat, "Jadilah pemaaf dan suruhlah manusia berbuat kebaikan dan jauhilah orang-orang yang jahil."

Editors' Picks

2. Orang yang berhati baik

2. Orang berhati baik
Twitter/@muhammadravy97

Orang baik orang soleh, insyallah Allah akan kasih jalan yang terbaik untuk beliau. Thank You Capt Afwan #SJ182pic.twitter.com/r8paqdAetv

— Kang Cendol (@muhammadravy97) January 9, 2021

Dalam unggahan akun Twitter @muhammadravy97, dibagikan gambar pesan dari Captain Afwan pada temannya yang bernama Agung. Dalam kertas dengan tulisan tangan itu, beliau bilang, "Agung, saya pinjam charger-nya sebentar ya. Thanks sebelumnya."

Meskipun si pemilik charger sedang tidak ada di tempat, Captain Afwan tetap memberi kabar bahwa beliau meminjam barangnya. Dalam kertas itu ada tambahan pesan untuk Agung, "Jangan lupa sholat Subuh."

3. Dikenal sebagai sosok penyabar

3. Dikenal sebagai sosok penyabar
Twitter/@rizkianoob

Capt. Afwan salah satu capt. terbaik yg pernah saya kenal. Tidak pernah rewel walaupun pesawat ada rusak dia bilang ke teknik dgn baik dan sabar, dermawan bgt lagi orangnya😭 dan selalu identik dengan kopyah putihnya. Safeflight to jannah capt😇 #SJ182pic.twitter.com/n7fw4yZjRx

— Eattillbadegg (@rizkianoob) January 9, 2021

Dalam akun Twitter @rizkianoob, diceritakan bagaimana sosok Captain Afwan adalah salah satu kapten terbaik yang pernah dikenalnya. Dia juga mengunggah video penerbangan terakhirnya bersama sang Kapten, yang lalu menuai banyak simpati dari warganet.

"Capt. Afwan salah satu capt. terbaik yg pernah saya kenal. Tidak pernah rewel walaupun pesawat ada rusak dia bilang ke teknik dgn baik dan sabar, dermawan bgt lagi orangnya dan selalu identik dengan kopyah putihnya. Safe flight to jannah capt #SJ182," tulisnya.

4. Menghibur orang dengan selera humornya

4. Menghibur orang selera humornya
Twitter/@peniupdaun

Candaan terakhir dari capt afwan, dari mulai ngajak snorkling bareng di Ternate, sampai kemarin di kantor melambaikan tangan untuk pamit terbang. Ternyata lambaian tanganmu menjadi salam penghormatan terkahir capt. Terimakasih untuk segala ajaran kebaikannya capt, Rest In Peace. pic.twitter.com/gxsmAzezhV

— Juju (@peniupdaun) January 10, 2021

Kapten yang khas dengan kopiah putih ini juga menjadi sosok yang dicintai karena selalu menghibur orang-orang di sekitarnya dengan kebaikan dan juga candanya. Dalam akun Twitter @peniupdaun, dibagikan hasil capture chat terakhirnya dengan Captain Afwan yang masih sempat melambaikan tangan padanya sebelum bertugas.

"Candaan terakhir dari Capt Afwan, dari mulai ngajak snorkling bareng di Ternate, sampai kemarin di kantor melambaikan tangan untuk pamit terbang. Ternyata lambaian tanganmu menjadi salam penghormatan terkahir capt. Terimakasih untuk segala ajaran kebaikannya capt, Rest In Peace," tulisnya.

5. Safe fligth to Jannah

5. Safe fligth to Jannah
Twitter/@BundaAISHAalif2

Safe flight to Jannah Capt Afwan pic.twitter.com/ME8oQWZESl

— AkuIbu (@BundaAISHAalif2) January 10, 2021

Orang-orang berduka. Dunia nyata dan dunia maya menyebut namanya berulang-ulang. Menjadi bahan pembicaraan di mana-mana. Captain Afwan yang sudah bergelut di udara sejak 1987 ini harus mengalami kecelakaan di tengah tugasnya menjadi pilot pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Safe flight to Jannah, Captain Afwan. Begitulah orang-orang mengunggah salam untuk beliau lewat akun Twitter, termasuk @BundaAISHAalif2 yang juga mengunggah foto sang Kapten, dilengkapi kalimat yang hangat dan doa untuk beliau.

"Captain yang baiknya minta ampun. Selalu jaga wudhu. Sering bagi-bagi rezeki ke orang sekitar. Insya Allah surga udah nunggu captain. Al-fatihah," tertulis di sana.

Nama Captain Afwan begitu harum. Semua orang mengelukan kebaikannya. Semoga jadi teladan bagi kita semua. Teriring doa juga untuk keluarga yang masih menunggu kabar, semoga diberi keikhlasan dan ketabahan hati.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.