12 Ras Kucing Langka di Dunia, Ada Kucing Kesukaan Kamu dan Keluarga?

Ras kucing langka yang sangat unik

15 Oktober 2021

12 Ras Kucing Langka Dunia, Ada Kucing Kesukaan Kamu Keluarga
Pexels/Pixabay

Kucing adalah hewan yang cukup menggemaskan untuk dijadikan binatang peliharaan. Kucing merupakan sejenis mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae.

Kucing bisa ditemukan di mana saja, bahkan di hutanpun kita bisa menemukannya. Hewan ini ternyata memiliki banyak ras yang unik-unik, itu juga yang membedakan bentuk mereka.

Beberapa ada yang harus didatangkan dulu dari negara asalnya untuk bisa kita miliki lho. Kira-kira ras Kucing apa saja ya yang tergolong langka? Berikut Popmama.com rangkum untukmu. 

1. Ragamuffin, kucing ramah yang bisa hidup sampai 18 tahun

1. Ragamuffin, kucing ramah bisa hidup sampai 18 tahun
Yourcat.co.uk

Kucing ras besar yang bertumbuh panjang ini merupakan hasil persilangan dari ras Ragdoll dengan ras lain. Pertama kali ada pada tahun 1994 dan berasal dari negara California. Ragamuffin rentan terhadap kondisi yang dikenal dengan "Heterochromia" yaitu mereka memiliki dua warna mata yang berbeda. 

Dilansir dari pawesomecats.com, Ragamuffin terkenal karena kepribadiannya yang ramah dan bulunya yang tebal seperti kelinci. Ragamuffin jarang dikenal sebagai kucing yang agresif. Jika dijadikan hewan peliharaan, Ragamuffin akan senang bermain dan toleran dengan kucing ras lainnya. 

Kucing Ragamuffin laki-laki dewasa beratnya rata-rata sekitar 7 kg (15 pon), tetapi dapat mencapai hingga 9 kg (20 pon) lho. Harapan hidup juga agak tinggi nih untuk kucing ras ini, yaitu bisa bertahan hingga usianya 18 tahun.

2. Toyger, kucing yang menyerupai miniatur harimau

2. Toyger, kucing menyerupai miniatur harimau
Yourcat.co.uk

Ras kucing hasil persilangan ras domestik dan ras kucing Bengal. Toyger merupakan ras kucing yang diciptakan oleh peternak kucing bernama Judy Sudgen dengan tujuan untuk menciptakan ras baru yang memiliki penampilan seperti Harimau liar namun memiliki sifat ramah seperti kucing rumahan.

Nama Toyger adalah kombinasi dari Toy dalam bahasa inggris yang artinya 'mainan' dan 'ger' merupakan kata akhir dari 'tiger' yang artinya 'harimau'. Sehingga artinya adalah harimau mainan, itu dikarenakan Toyger mirip sekali dengan harimau versi kecil, atau miniatur harimau.

Itulah mengapa ketika pertama kali melihat kucing ini, warna kulitnya menyerupai harimau kecil. Toyger didaftarkan sebagai ras kucing langka pada tahun 2000. 

3. American Wiheair, kucing hasil dari mutasi genetik

3. American Wiheair, kucing hasil dari mutasi genetik
Vetstreet.com

Kucing American Wirehair pertama ditemukan di sebuah peternakan yang terletak di bagian utara New York pada tahun 1966. Seekor anak kucing lahir dengan penampilan yang unik dibandingkan dengan teman-temannya. American Wirehair pertama lahir sebagai hasil dari mutasi genetik yang terjadi dengan sendirinya, tanpa ada yang mencoba menciptakan keturunannya.

Kucing ini tidak memiliki perawatan khusus dan termasuk kucing yang sehat serta tidak memiliki kelainan genetik. Ras jenis ini berukuran sedang dan proporsional. Kucing-kucing ini memiliki ciri-ciri menarik yang meliputi mata lebar, moncong pendek hingga sedang, dan dagu yang kuat, sehingga wajahnya terlihat persegi.

Saat ini, American Wirehair adalah jenis yang sangat langka, sering dipelihara hanya untuk berpartisipasi dalam pertunjukan kucing dan untuk berkembang biak, sehingga sulit untuk menemukannya.

4. Birman, ras kucing kuno dengan mata biru yang menawan

4. Birman, ras kucing kuno mata biru menawan
Yourcat.co.uk

Dikenal sebagai “Kucing Suci Burma,” Birman adalah ras kuno yang asal-usul aslinya tidak diketahui. Salah satu legenda menempatkan anggota pertama dari jenis ini di Burma, yaitu mereka disimpan sebagai sahabat oleh para biarawan suci yang tinggal di Burma, di mana mereka dipelihara sebagai kucing kuil di Gunung Lugh.

Birman datang ke Prancis pada tahun 1919, yang memulai pembentukan breed di Eropa. Birman pertama datang ke Amerika Serikat pada tahun 1959 dan terdaftar di CFA pada tahun 1967. Sebagian besar Birman AS berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, atau Australia.

Birman merupakan kucing berukuran sedang yang memiliki wajah bulat manis, pipi penuh dan mata biru yang sangat cantik. Seringkali Kucing jenis ini memiliki ruff leher yang menonjol serta ekor yang sangat halus. Anak kucing ini tidak bisa mencapai usia penuh sampai  usia tiga tahun. 

5. Chartreux, Populasinya sempat hilang setelah Perang Dunia II

5. Chartreux, Populasi sempat hilang setelah Perang Dunia II
Cattime.com

Banyak legenda mengatakan bahwa Chartreux adalah jenis Kucing langka yang berasal dari Prancis. Kehadiran ras kucing langka ini tercatat pada awal abad ke-16, meskipun sempat hilang populasinya setelah Perang Dunia II sampai akhirnya ada yang membawa kucing ini  ke California di mana peternak menyelamatkan populasi mereka dari kepunahan. 

Ras ini cenderung mudah terpesona oleh apapaun yang mereka lihat, mudah terdistraksi dengan senar ataupun tali yang dapat dimainkan. Kucing yang kuat dengan dada yang dalam dan bahu yang lebar. Kaki pendek dan bertulang halus menopang tubuh yang berotot dan relatif pendek ini memiliki refleks yang sangat cepat. Chartreux juga dikenal dengan matanya yang khas, yaitu besar, bulat, dan berwarna oranye.

Editors' Picks

6. Ragdoll, jenis kucing yang hanya bisa hidup 12-15 tahun saja

6. Ragdoll, jenis kucing ha bisa hidup 12-15 tahun saja
Cattime.com

Ragdoll merupakan ras kucing yang dikembangkan oleh peternak Ann Baker di Riverside, California, pada tahun 1960-an. Ragdoll disinyalir merupakan anak kucing hasil persilangan dari induk betina campuran Persia/Angora, dan induk jantan Birman atau Burma. Khas dengan bentuknya yang besar berotot, memiliki bulu yang sangat halus serta mata biru yang mencolok. 

Ann Baker kemudian mendirikan Asosiasi Ragdoll Internasional untuk menegakkan standar atas Ragdoll. Barulah  pada tahun 1975 ras Ragdoll diterima oleh Cat Fancier's Association dan pendaftar lainnya.

Ragdolls dapat tumbuh dengan berat 5,4 hingga 9,1 kg untuk jantan, dan 3,6 hingga 6,8 kg untuk betina ini ternyata jenis kucing jinak yang lemas jika digendong. Ras ini juga tidak memiliki umur yang panjang, diperkirakan bisa hidup hanya 12-15 tahun saja. 

7. Chinchilla, si Pemilik mata ekspresif yang indah

7. Chinchilla, si Pemilik mata ekspresif indah
Petguide.com

Chinchilla juga bisa disebut sebagai Chinchilla Persia karena ras ini sebenarnya adalah jenis kucing Persia. Ras ini telah dibiakkan secara selektif untuk menghasilkan warna bulu tertentu. Kucing ras buatan manusia yang berasal dari Inggris pada tahun 1882. Chinchilla adalah kucing ras dengan ciri khas bertubuh besar dengan bulu putih bersih yang terlihat menawan. Di Amerika Serikat dikenal dengan nama Persia Perak. 

Kucing Chinchilla termasuk kucing yang pintar, lembut, jinak serta mudah beradaptasi. Tetapi meskipun kucing ini bisa sangat nyaman berada di sekitar orang yang mereka kenal baik, mereka bisa gugup dan malu saat berada di sekitar orang asing.

8. Genetta, ras kucing berkaki oval dan kecil seperti kurcaci

8. Genetta, ras kucing berkaki oval kecil seperti kurcaci
Yourcat.co.uk

Genetta merupakan jenis Kucing baru yang kini masih dikembangkan oleh peternak di Pawstruk cattery. Ras ini dimulai oleh Shannon Kiley pada tahun 2006 yang memiliki ide untuk membuat ras kucing untuk para penggemar hewan eksotis yang ingin memiliki Genet namun tidak bisa. Itu mengapa jika dilihat pola bulu yang dimiliki Genetta menyerupai Genet Tutul Afrika. 

Kucing ini memiliki ciri-ciri kaki berbentuk oval dan kecil seperti kurcaci, tubuh panjang menyerupai tabung. Warna mata untuk Genetta hijau, kuning, dan cokelat tua. Kucing ras ini menyenangkan dan penuh kasih sayang karena mereka adalah kucing yang ramah. Genetta dapat bergaul dengan baik dengan hewan-hewan lainnya. 

Saat ini, Genetta sedang didaftarkan ke TICA (The International Cat Association). Tujuannya adalah agar ras ini diakui dalam pendaftar kucing besar di masa depan.

9. Oriental Bicolor, Ras hasil persilangan American Shorthair bicolor dengan Kucing siam

9. Oriental Bicolor, Ras hasil persilangan American Shorthair bicolor Kucing siam
Petguide.com

Ras Kucing jenis ini berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1979. Saat itu Lindajean Grillo mulai menyilangkan kucing American Shorthair bicolor dengan Kucing siam.

Kemudian dari hasil persilangan tersebut, Grillo memilih kucing bicolor terbaik untuk dikawinkan kembali dengan jenis Oriental atau Siam. Dan pada tahun 1983, ras kucing ini sudah diakui oleh TICA (The International Cat Association)

Oriental Bicolor memiliki sifat sosial yang ramah serta penuh kasih sayang. Kucing yang lebih suka menjadi pusat perhatian. Ciri khasnya ialah wajah yang runcing, jika diamati seksama dari depan, mereka memiliki bentuk wajah segitiga. Bulu yang mereka miliki juga mengkilap dan licin. 

10. Ojos Azules, ras langka yang masih dikembangkan populasinya

10. Ojos Azules, ras langka masih dikembangkan populasinya
Petguide.com

Ojos Azules merupakan bahasa Spanyol yang artinya "mata biru". Sebutan mata biru sangat cocok untuk ras kucing ini karena memiliki mata yang indah berwarna biru tua. The International Cat Association (TICA) mengakui ras kucing ini pada tahun 1991.

Karena Ojos Azules masih tergolong cukup langka, sehingga tidak banyak yang mengetahui bagaimana kepribadian kucing langka ini. Hanya digambarkan sebagai kucing yang ramah, lembut, menyenangkan dan juga aktif. 

Selain itu, ras kucing ini juga masih dalam pengembangan. Namun sudah ditetapkan bahwa mata biru yang bersinar menjadi fitur utama mutlak yang harus ada pada ras ini. 

11. Munchkin, ras yang memiliki ukuran kaki berbeda

11. Munchkin, ras memiliki ukuran kaki berbeda
Petguide.com

Munchkin tercatat sebagai jenis kucing berkaki pendek yang berasal dari Inggris pada tahun 1940-an. Meski sempat menghilang rasnya selama Perang Dunia II, namun kucing serupa ditemukan pada tahun 1953, dan pada tahun 1983 seseorang menemukan "Blacberry" yang merupakan induk dari ras kucing ini Louisiana yang setelahnya mulai dikembang-biakan lagi. 

Ras ini berukuran sedang, memiliki kaki yang gemuk dengan ukuran yang berbeda. Kaki depan mereka rata-rata berukuran 3 inci, sedangkan kaki belakang agak lebih panjang. Meskipun memiliki tulang sedang, namun tubuh mereka berotor dan cukup kuat. Mereka memiliki rambut pendek dan panjang. 

12. Maine Coon, kucing terbesar dari semua ras kucing peliharaan

12. Maine Coon, kucing terbesar dari semua ras kucing peliharaan
yourcat.co.uk

Maine Coon dianggap sebagai yang terbesar dari semua ras kucing peliharaan. Ras ini cukup langka karena walaupun ukurannya yang besar dan mengesankan, tapi tidak ada yang bisa memastikan jenis ras ini berasal dari mana. Sebagian orang setuju bahwa Amerika Serikat merupakan tempat di mana kucing ini berkembang biak. 

Kebanyak ahli setuju bahwa maine Coon adalah ras hasil perkawinan anatara kucing Shorhair Amerika Serikat dengan beberapa kucing ras berbulu panjang yang diimpor dari luar negeri, namun untuk pastinya saat ini masih menjadi misteri. 

Ciri khas yang dimiliki ialah memiliki rambut panjang dan tebal. Sempat dianggap menghilang populasinya pada tahun 1950-an, namun para penggemar ras ini bekerja sama untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan. Yaitu dengan membentuk Maine Coon Breeders and Fanciers Association pada tahun 1968. TRas kucing ini diterima untuk status kejuaraan oleh CFA pada tahun 1976, dan saat ini merupakan ras paling populer kedua di Amerika Serikat

Jenis ras kucing langka biasanya perawatannya pun tidak sembarangan karena populasinya sangat sulit ditemukan. Kalau kamu disuruh pilih, mau pelihara yang mana nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.