Sambut Era Quick Commerce, Belanja Online Lebih Cepat dan Untung

Bisa terima barang hanya dalam waktu 15 menit saja lho!

16 November 2021

Sambut Era Quick Commerce, Belanja Online Lebih Cepat Untung
Pexels/Kindel Media

Apakah Mama suka kebingungan untuk membeli sesuatu dengan estimasi waktu yang cepat saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari?

Mama tidak perlu bingung lagi, saat ini kita sudah memasuki era quick commerce. Quick commerce adalah perdagangan cepat yang lebih mengutamakan dan menekankan fokus pelayanannya pada kecepatan dan kenyamanan konsumen dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Ini cocok banget untuk Mama yang hobi belanja di tengah-tengah kesibukan tetapi tetap ingin barangnya cepat sampai,

Kebutuhan sehari-hari yang terkadang cukup mendesak dan estimasi waktu singkat tidak memungkinkan para Mama keluar rumah dulu untuk membelinya bukan? Perlu adanya commerce bisa membantu menyelesaikannya. 

Untuk itu, Astro Indonesia yang merupakan perusahaan perdagangan cepat pertama di Indonesia dapat mengantarkan kebutuhan pokok rumah tangga dan sejenisnya. 

Nah, ternyata berbelanja online ini memiliki banyak sekali keuntungan untuk Mama yang sangat sibuk dan ingin segala sesuatunya serba cepat. Tidak hanya waktu yang efisien, namun Mama juga akan banyak disuguhkan dengan harga yang competitif. 

Penasaran apa saja keuntungan berbelanja online di era quick commerce? Berikut Popmama.com rangkum selengkapnya untuk Mama ya. 

1. Tidak perlu keluar rumah

1. Tidak perlu keluar rumah
Dok. IDN Times

Salah satu keuntungan belanja online ialah cukup melakukan transaksi melalu handphone saja, semua kebutuhan akan sampai di rumah dalam hitungan waktu yang singkat tanpa perlu keluar rumah. 

Dengan hanya mengunjungi aplikasi tertentu, Mama sudah bisa membeli apa saja yang dibutuhkan dari rumah. Tanpa perlu keluar rumah, berdandan, menempuh perjalanan yang jauh. Bahkan Mama bisa belanja sambil tiduran saja lho!

Cynthia Ganesha, seorang momfluencer merasakan kemudahan dalam berbelanja dengan munculnya dalah satu quick commerce yang kini menjadi langganannya. Apalagi selama pandemi ini ia takut untuk keluar rumah. 

"Setelah pandemi kemarin ini, aku benar-benar sudah jarang sekali pergi keluar untuk belanja. Sebisa mungkin di rumah, online belanjanya dan cepat lagi," ucapnya. 

2. Estimasi waktu pengiriman yang cepat

2. Estimasi waktu pengiriman cepat
Dok. IDN Times

Bahkan, Co-founder dan CEO Astro Indonesia yaitu Vincent Tjendra mengatakan bahwa kelebihan dari quick commerce miliknya adalah mereka bisa mengantarkan barang kepada pelanggan hanya dengan waktu yang cukup singkat, yaitu 15 menit saja. Wah menarik sekali nih Ma. 

"Quick commerce menekankan fokus pelayanannya pada kecepatan dan kenyamanan, seberapa cepat sih. Kita bisa kirim dalam 15 menit di beberapa titik di Jakarta. Nah begitu pesan di aplikasi, dalam waktu 15 menit sudah sampai di rumah," ucapnya.

Belanja di Astro ini tidak perlu diragukan lagi dari segi pelayanan dan kecepatan waktu. Berbeda dengan commerce lainnya, ia menekankan fokus pelayanannya pada kecepatan dan kenyamanan pelanggan Ma. 

"Kita itu memang fokusnya terhadap kegunaan sehari-hari dari pelanggan. Kita hadir dalam rangka untuk membantu setiap pelanggan di rumah untuk dapat memenuhi kebutuhannya secara darurat dengan lebih cepat dalam waktu 15 menit," kata Vincent.

Editors' Picks

3. Hemat energi karena menggunakan aplikasi

3. Hemat energi karena menggunakan aplikasi
Pexels/Karolina Grabowska

Untuk Mama yang mungkin terlalu sibuk dan tidak bisa meluangkan waktu banyak untuk belanja, maka belanja di Astro Indonesia secara online bisa menjadi solusi yang tepat lho, Ma.

Tidak hanya quick commerce, namun ecommerce juga akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk belanja melalui aplikasi yang sudah disediakan. Tanpa perlu datang ke tokonya, semua barang yang ingin dibeli bisa dilihat di etalase toko melalui aplikasi saja. 

Di tambah lagi Astro memberlakukan standy 24 jam untuk bisa mengantarkan barang pada pelanggan. Hal ini juga disampaikan Vincent yang mengerti kesibukan pelanggan sehingga Astro hadir dengan pelayanan demikian. 

"Kita tentu tahu kesibukan itu kan 24 jam, jadi Astro siap untuk melayani 24 jam. Tentu kita tergantung dari peraturan PPKM, kita mengikuti. Tapi memang kita buka 24 jam untuk semua pelanggan di Jakarta dan ke depannya seluruh Indonesia," tuturnya. 

4. Pilihan barang bervariasi

4. Pilihan barang bervariasi
Pexels/Andrea Piacquadio

Keuntungan yang akan didapatkan Mama ketika belanja online terutama ialah pilihan barang yang banyak dan bervariasi. Banyaknya pilihan akan memudahkan Mama untuk menentukan serta mencari sesuai yang Mama butuhkan dari segi kualitas, harga dan lain-lain. Kalau barang di toko satu habis, Mama langsung bisa cek di toko lainnya. 

Variasi barang tentunya tidak hanya untuk Mama saja, tetapi bisa untuk si Kecil dan juga Papa di rumah. Vincent juga mengatakan bahwa pilihan barang yang yang dibutuhkan bisa menjadi faktor seseorang berbelanja, karena itu bentuk kenyaman yang didapatkan pelanggan.

"Kalau kita lihat mengapa seseorang berbelanja, itu pasti kenyamanan dan kecepatannya, tapi tentu ada faktor lain yang ditawarkan.
pertama yaitu pilihan barang. Barangnya itu memang sesuatu yang diperlukan, sesuatu yang disukai, baik dari ibu maupun anak-anak," ucapnya
 

5. Banyak diskon dan promo serta harga yang kompetitif

5. Banyak diskon promo serta harga kompetitif
Pexels/Sora Shimazaki

Tidak bisa dipungkiri untuk para ibu rumah tangga yang gemar memburu diskon dan promo untuk meminimalisir pengeluaran, tetapi tetap  mau bisa belanja dengan senang. Sama halnya dengan e-commerce yang banyak memberikan promo serta diskon,quick commerce juga melakukan hal yang sama. 

Promo yang ada di quick commerce seperti free ongkir dan lain sebagainya. Mama pasti tahu ketika belanja, terkadang ongkos kirim lebih mahal dari barang yang dibeli, sehingga ini menjadi dilema sendiri untuk Mama.

"Kita tidak hanya memiliki pilihan harga yang banyak dan lengkap, kita juga memberikan harga yang kompetitif. Jadi kalau mau berbelanja, nggak ribet dan akan cepat," ucap Vincent pada acara virtual Launch Astro pada Senin (15/11/2021)
 

6. Sistem pembayaran lebih mudah

6. Sistem pembayaran lebih mudah
Pexels/Monstera

Saat ini sudah banyak sekali e-wallet yang memudahkan Mama untuk berbelanja secara online, bahkan itu juga bisa digunakan ketika belanja offline. Tanpa mengeluarkan uang cash, Mama sudah bisa mendapatkan baranng yang Mama inginkan. 

Selain memberikan pelayanan dalam bentuk kecepatan pengiriman, quick commerce juga memberikan kemudahan sistem pembayaran ketika belanja. Ini tentu menjadi keuntungan untuk para Mama yang gemar berbelanja online. Di mana saja dan kapan saja bisa langsung melakukan pembayaran tanpa harus datang ke tokonya ataupun bank. 

Gagasan ataupun ide mempermudah pelanggan dengan pembayaran e-wallettentu datang dari keinginan semua commerce agar pelanggan merasa nyaman dalam bertransaksi.

Vincent sendiri menjelaskan bahwa Astro Indonesia menggunakan e-wallet, credit card serta transfer bank untuk mempermudah transaksi pelanggan. 

"Kita pakai e-wallet, pakai credit card, bank transfer juga bisa. Apapun yang mempermudah untuk pelanggan kita berikan.  Tentunya di masa covid ini semua pembayaran digital dan online. Bukan hanya pembayaran saja, namun semua mudah," tuturnya. 

Itulah tadi keuntungan belanja online di era quick commerce terutama di Astro Indonesia. Semoga dengan adanya Astro bisa membantu kebutuhan Mama sehari-hari ya. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.