Buat Sendiri Yuk, Frozen Food Berbahan Ayam, Si Kecil Pasti Suka!

Dijamin lebih sehat dan bebas pengawet lho, Ma.

17 Februari 2020

Buat Sendiri Yuk, Frozen Food Berbahan Ayam, Si Kecil Pasti Suka
Freepik
Memasak bersama anak

Praktis dan mudah diolah membuat frozen food jadi makanan favorit banyak orang. Dari anak kecil sampai orang dewasa, siapa yang sanggup menolak gurih dan lezatnya aneka olahan frozen food

Sayangnya  frozen food yang dijual di pasaran menggunakan pengawet agar tahan lama. Bahkan masa kadaluarsanya ada yang mencapai setahun lebih.

Bisa dibayangkan seberapa banyak bahan pengawet yang ditambahkan.

Padahal, banyak Mama yang terbantu dengan keberadaan frozen food karena menyiapkan makanan untuk Si Kecil jadi semakin cepat dan mudah. Jika anak Mama sudah terlanjur doyan frozen food, Mama bisa membuatnya sendiri agar lebih aman dan terjamin kesehatannya.

Bermodalkan daging ayam giling, resep simpel frozen siomay dan nugget di bawah ini bisa Mama coba di rumah. Cocok nih buat bekal si Kecil. 

1. Siomay Ayam

1. Siomay Ayam
YouTube/Varun Inamdar
dimsum ayam

Di supermarket tersedia siomay ayam berukuran kecil yang dijual dalam kondisi beku. Satu kemasan biasanya berisi 10 buah dengan harga yang cukup mahal.

Nah, Mama bisa lho membuat sendiri frozen siomay yang seperti itu!

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

daging ayam giling, tepung tapioka, kulit pangsit atau lumpia, wortel parut (untuk hiasan), serta bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang bombay, garam, dan lada.

Mama bisa juga menambahkan udang dan jamur ke dalam adonan, digiling bersama daging ayam agar lumat.

Cara membuatnya:

Mama tumis bumbu halus hingga harum lalu sisihkan. Tunggu sampai tumisan bumbu dingin baru dicampurkan ke dalam daging giling. Jika dimasukkan dalam kondisi panas, beberapa bagian daging akan memadat karena matang. Campurkan bumbu dan daging, lalu tuangkan tepung tapioka sedikit-sedkit. Takaran tapioka bisa disesuaikan dengan selera Si Kecil. Untuk siomay bertekstur kenyal, tambahkan tepung tapioka lebih banyak. Uleni sampai tercampur rata, kemudian isikan ke dalam kulit pangsit membentuk seperti bunga merekah.

Setelah itu taburkan parutan wortel untuk mempercantik bagian atasnya, lalu kukus selama 25 menit. Jangan lupa oles bagian permukaan kukusan dengan minyak goreng agar kulit pangsit tidak menempel. Biarkan siomay sampai benar-benar dingin setelah matang, baru simpan di dalam freezer. Agar tahan lebih lama, Mama kemas saja tiap 10 buah dalam sebuah plastik. Sehingga saat akan menyajikan tidak perlu mengeluarkan semua siomay. Yummy!

Editors' Picks

2. Nugget Ayam

2. Nugget Ayam
TheGarlicPad.com
Nugget ayam

Anak Mama suka sekali makan nugget ayam?

Banyak kabar miring tentang proses produksi nugget ayam di pasaran. Ada yang bilang bahan bakunya adalah tulang ayam, daging busuk, sampai dicampuri bahan kimia berbahaya.

Daripada Mama khawatir, yuk bikin nugget sendiri!

Bahan yang perlu disiapkan adalah:

daging ayam giling, roti tawar kupas, telur ayam, tepung panir untuk pelapis, serta bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam, lada, dan sedikit pala bubuk.

Serius tidak perlu tepung dalam adonan?

Ya, Mama bisa membuat nugget ayam lezat dengan campuran roti tawar. Penasaran?

Cara membuatnya:

diawali dengan merendam roti tawar sebentar dalam air matang lalu diperas. Untuk setengah kilogram daging ayam, gunakan 6-8 roti tawar kupas tanpa pinggiran. Campurkan daging ayam giling, roti tawar, dan bumbu yang sudah dihaluskan. Uleni sampai tercampur rata, lalu tambahkan dua butir telur ayam dan aduk kembali.

Siapkan loyang yang sudah diolesi minyak goreng, kemudian tuang adonan ke dalamnya. Kukus selama 25 menit dan biarkan sampai dingin setelah matang.

Untuk memudahkan proses memotong atau mencetak, masukkan nugget hasil kukusan ke dalam lemari pendingin kurang lebih setengah jam. Setelah itu baru dikeluarkan dan dicetak sesuai selera.

Siapkan telur kocok dan tepung panir untuk pelapis. Celupkan nugget pada telur lalu gulingkan di atas panir, dan ulangi langkah ini sekali lagi agar hasilnya lebih rapi. Mama bisa langsung menyimpannya di freezer setelah semua nugget selesai diberi pelapis.

Sama seperti penyimpanan siomay, kemas dalam plastik-plastik kecil agar lebih awet dan mudah saat menyajikan.

Dua olahan frozen food ini bisa juga Mama campuri sayuran lho! Bisa ditambahkan wortel atau brokoli yang dicincang, atau rebusan sawi dan bayam yang dipotong tipis-tipis. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.