Bahaya Memanaskan Teh Sisa Kemarin, Waspada Banyak Bakteri

Meski masih enak, tapi ada efek sampingnya

20 Januari 2022

Bahaya Memanaskan Teh Sisa Kemarin, Waspada Banyak Bakteri
Freepik/Racool_studio

Teh yang diseduh maupun dicelup kadang bisa digunakan lebih dari sekali. Apakah tak masalah kalau menyeduhnya lagi di esok hari? 

Sebenarnya, teh celup memang paling cocok digunakan untuk lebih dari 1 cangkir saja. Tapi bagaimana kalau hanya kamu yang meminumnya? 

Seringnya, teh seduhan teh disimpan dan digunakan di esok hari. Ada yang diletakkan saja di suhu ruang, ada juga yang disimpan di dalam kulkas. 

Sayangnya menurut para ahli, ada efek samping jika mengonsumsi teh kemarin. Popmama.com akan merangkumkan apa saja efek sampingnya bagi kesehatan jika mengonsumsi teh sisa semalam. 

Editors' Picks

1. Riskan tumbuhnya bakteri

1. Riskan tumbuh bakteri
Pexels/freestock

Atas dasar penghematan atau mengurangi limbah makanan, para ahli tetap tidak menyarankan kamu untuk memanaskan kembali teh semalam. 

Alasannya, aroma dan rasanya bisa saja berubah. Selain itu, teh yang sudah terendam air selama beberapa jam lamanya memiliki risiko dihinggapi bakteri sehingga berbahaya bagi kesehatan, demikian jika dilansir dari Lifehacker. 

Hal senada juga disampaikan oleh Food Standards Agency (FDA) Inggris. Menurut mereka, memanaskan dan mengonsumsi makanan dan minuman berulang memiliki risiko pertumbuhan bakteri di dalamnya. 

2. Mengurangi nutrisi yang ada di dalamnya

2. Mengurangi nutrisi ada dalamnya
Pexels.com/Nikolay

Selain karena bakteri, mengonsumsi teh kemarin juga bisa mengurangi aroma, citarasa dan kandungan nutrisi di dalam teh, demikian menurut Times of India

Saat melakukan pemanasan berulang, kandungan minyak esensial yang ada di dalam teh dan beberapa nutrisi baik lainnya akan hilang dalam proses pemanasan tersebut. 

3. Cara benar dalam mengonsumsi teh

3. Cara benar dalam mengonsumsi teh
Freepik/stockking

Sebenarnya, teh dibuat dengan cara diseduh, bukannya direbus. Jadi pastikan untuk menyiapkan teh terlebih dahulu baru mendidihkan air. 

Saat masih mendidih, barulah menyeduhnya, bukan sebaliknya. 

Teh masih aman dikonsumsi setelah 1 sampai 2 jam di suhu ruang. Kamu bisa langsung menikmatinya tanpa harus memanaskan ulang. Dalam kurun waktu ini, belum ada risiko pertumbuhan bakteri. 

Jika teh sudah ada di suhu ruang selama 4-8 jam, sebaiknya tidak dipanaskan ulang. Apalagi teh yang mengandung krimer dan gula, maka lebih mudah lagi pertumbuhan bakterinya. 

Sedangkan jika ingin memanaskan teh yang belum sampai 4 jam, kamu biasa masukkan ke mug yang tahan panas dan rendam mug itu di tempat yang berisi air panas. Cara ini menjaga nutrisi dan kandungan vitamin di dalam teh tidak rusak apalagi berkurang. 

Itu dia bahaya memanaskan kembali teh yang sudah semalaman dibiarkan di suhu ruang dan bagaimana cara memanaskan teh yang tepat. 

Semoga berguna!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk