Jadi Perempuan Hebat, Ini 5 Cara Menghargai & Mencintai Diri Sendiri

Bisa dengan menerima kecantikan alami kita, Ma

22 April 2021

Jadi Perempuan Hebat, Ini 5 Cara Menghargai & Mencintai Diri Sendiri
Pexels/Andrea Piacquadio

Meski banyak yang menyuarakan perempuan saling mendukung sesama, namun nyatanya masih sering juga perempuan malah dijatuhkan oleh sesama perempuan. 

Tak jarang dari mereka yang berujung meragukan diri sendiri dan sulit mencintai diri sendiri. Maka dari itu, penting sekali untuk bisa menghormati dan mencintai diri sendiri. 

Masih dalam semangat Kartini, inilah beberapa cara menghargai dan mencintai diri sendiri seperti yang dirangkum Popmama.com.

1. Mencontoh tokoh yang inspiratif

1. Mencontoh tokoh inspiratif
alatte-beauty.com

Untuk menambah motivasi, kamu bisa mencari tokoh yang sekiranya bisa menjadi sumber inspirasi. Saat ini, banyak sekali tokoh perempuan yang bisa dicontoh cara pikirnya yang luar biasa. 

Selain itu, kamu bisa juga mencontoh tokoh perempuan di dongeng Nusantara. Setidaknya ada 3 tokoh dongeng yang bisa jadi inspirasi yaitu Timun Emas, Bawang Putih, dan Srikandi. 

"Untuk Timun Emas kita belajar pantang menyerah, tidak menilai diri negatif. Lalu ada Bawang Putih di mana kita bisa mencontoh hidup tidak serakah dan lebih bijak menghadapi cobaan hidup. Terakhir ada Srikandi yang memiliki keberanian besar dan pantang menyerah," ujar Personal Branding Coach Indah Warsetio, dalam acara konferensi pers virtual Alatte Launch Party. 

Editors' Picks

2. Memerhatikan penampilan diri

2. Memerhatikan penampilan diri
Dok. Alatte

Dalam waktu yang sama, Hanny Pirss, pemilik klinik estetik H Clinic mengungkapkan bahwa menurut penelitian, perempuan yang memerhatikan penampilan diri memiliki keunggulan lebih. 

"Perempuan yang cantik itu lebih punya keunggulan dibanding perempuan yang biasa-biasa saja," tuturnya. 

Kamu bisa memerhatikan pakaian yang dipilih, hingga make up yang menunjang. Bahkan menggunakan lipstik saja pun bisa jadi bentuk memerhatikan diri. 

Untuk pilihan lipstik baru dari produk kecantikan lokal, ada Alatte yang baru saja meluncurkan lip veil dan eyebrow pencil. Tersedia 6 pilihan warna yang cocok untuk tone kulit Asia yaitu Meadow, Petals, Eris, Fawn, Willow, dan Pansy. 

"Lip veil ini memiliki kandungan yang melembapkan dan juga dibuat agar cocok untuk warna kulit Asia, khususnya Indonesia," tutur CEO dan Founder Alatte, Dyah Prastiti dalam kesempatan yang sama. 

3. Menyadari kapan harus berhenti sejenak

3. Menyadari kapan harus berhenti sejenak
Dok. Alatte

Salah satu cara menghargai diri sendiri adalah dengan mengetahui seberapa kapasitas diri. Indah melanjutkan, kamu perlu tahu kapan harus berhenti sejenak.

"Kamu juga harus tahu kapan harus berhenti saat lelah," lanjut Dyah. 

Dengan begitu, berarti kamu telah menghargai diri sendiri dan memberikan jeda sebentar bagi dirimu untuk menarik napas. Sehingga, langkah selanjutnya bisa lebih mantap dan terencana. 

4. Menerima kekurangan 

4. Menerima kekurangan 
Freepik/master1305

Semua manusia hadir dengan kekurangan. Setiap orang memiliki kekurangan dan kebanyakan memilih untuk menutupinya. Menjadi perempuan hebat bisa juga dengan menerima kekuranganmu itu. 

Tak hanya menerima, kamu juga perlu menyadari dan berdamai dengan hal itu. Akan lebih baik lagi, jika bisa memperbaiki kekurangan sehingga bisa jadi senjata andalan saat menjalani tantangan hidup. 

5. Terus maju dan berkembang 

5. Terus maju berkembang 
Freepik/master1305

Yang terakhir, Indah mengatakan bagaimana jadi perempuan yang terus maju dan berkembang. 

"Melihat perjuangan Srikandi, bagaimana ia tidak mudah menyerah dan memiliki keberanian yang besar, itu bisa kita contoh untuk tetap maju dan bersinar," ungkapnya, 

Jangan mudah puas dengan pencapaian yang telah dimiliki saat ini. Tak apa jika ingin punya mimpi yang lebih besar, tak masalah jika punya keinginan yang lebih banyak. 

Itu dia beberapa cara untuk menjadi perempuan yang hebat dengan mencintai dan menghargai diri sendiri. Yuk dimulai dari hari ini!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk