5 Kebiasaan yang bisa Mengganggu Kesehatan Mata

Terasa sepele, namun tidak pakai kacamata hitam di luar ruangan juga termasuk, lho

12 April 2021

5 Kebiasaan bisa Mengganggu Kesehatan Mata
Freepik/nakaridore

Mata adalah salah satu bagian dalam tubuh yang punya kegunaan sangat penting. Untuk menjaga kesehatan mata, Popmama.com punya jenis kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan mata. 

Beberapa keadaan mungkin terasa biasa saja, atau bukan masalah yang besar. Namun jika dilakukan terus-menerus maka bisa jadi penyebab gangguan pada kesehatan mata. 

Agar tidak dilakukan, ini beberapa kebiasaan yang sebaiknya mulai kamu hindari. 

1. Kurang tidur

1. Kurang tidur
Freepik/wayhomestudio

Saat kurang tidur, bukan hanya mengantuk saja yang kamu rasakan, namun juga mata yang perih dan pedas. Ini dikarenakan, matamu sudah lama tidak beristirahat dengan baik. Sehingga mata terasa kering dan lelah. 

Jika dibiarkan maka bisa menimbulkan sakit kepala dan iritasi mata. Apalagi jika setelahnya menghabiskan waktu di ruangan ber-AC, maka mata bisa lebih perih lagi. 

Oleh karena itu, biasakan untuk tidur dengan jam yang cukup dan dengan cara yang berkualitas. 

Editors' Picks

2. Terlalu lama di depan gadget

2. Terlalu lama depan gadget
Pexels/Vlada Karpovich

Gadget memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan, namun kamu harus tetap memiliki batasan penggunaan. Terlalu lama di depan gadget seperti ponsel, tablet, atau laptop bisa menimbulkan masalah kesehatan. 

Salah satunya adalah mata yang lelah dan sakit kepala. Ini dikarenakan, saat melihat gadget, otot mata bekerja lebih keras. Lalu, sinar biru yang ada di layar gadget bisa menyebabkan degenerasi makula di retina yang bisa berujung pada kebutaan jika diabaikan. 

Kamu bisa menggunakan rumus 20-20-20 untuk menggunakan gadget. Setiap 20 menit di depan gadget, siapkan 20 detik melepaskan pandangan dari layar dan alihkan pandangan sejauh 20 kaki atau 5 meter. 

3. Sembarangan dalam menggunakan lensa kontak

3. Sembarangan dalam menggunakan lensa kontak
Pixabay/slavoljubovski

Jika menggunakan lensa kontak sebagai alat pembantu penglihatanmu, maka ikuti cara aman penggunaannya. Jika sembarangan, maka bisa menyebabkan iritasi atau infeksi mata dan bahkan bisa saja berujung pada kebutaan. 

Beberapa kebiasaan ini mungkin terasa sepele, seperti mandi dan tidur sambil masih mengenakan lensa kontak, membersihkan lensa kontak dengan air biasa, mengeluarkan atau memasukkan lensa kontak dengan tangan yang kotor, dan menggunakan lensa kontak melebihi batas penggunaan. 

Hindari melakukan hal-hal di atas karena bisa berbahaya bagi kesehatan mata kamu. 

4. Malas mengenakan kacamata hitam saat di luar ruangan

4. Malas mengenakan kacamata hitam saat luar ruangan
Freepik/Atlascompany

Kacamata hitam dibuat bukan sekadar untuk bergaya saja. Lebih dari itu, kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar ultraviolet saat kamu berada di luar ruangan. 

Apalagi jika sinarnya cukup terik, maka bisa berbahaya untuk kesehatan mata. Hal yang paling sederhana adalah, kamu akan merasa pusing saat matahari terlalu terik. 

Jika mata dibiarkan telanjang menghadapi matahari yang terik, maka bisa menimbulkan penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula atau pterygium. 

5. Malas membersihkan makeup sebelum tidur

5. Malas membersihkan makeup sebelum tidur
Freepik/katemangostar

Makeup yang masih menempel di wajah saat kamu tidur tak hanya bisa menimbulkan masalah bagi kulit, namun juga untuk mata. 

Jika kamu mengenakan make up mata seperti eyeshadow dan maskara lalu tidak membersihkannya dengan seksama, maka bisa menimbulkan infeksi dan iritasi. 

Beberapa keluhannya adalah mata yang merah, berair, atau bahkan bisa menimbulkan bengkak. Jadi, pastikan untuk membersihkan makeup setiap malam, ya!

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa merugikan kamu dan mengganggu kesehatan mata. Sebaiknya hindari dari sekarang, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.