6 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Bisa meningkatkan kekebalan tubuh

27 November 2020

6 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur
Freepik

Minum air putih memang baik untuk kesehatan. Namun ada beberapa waktu baik untuk minum air putih, yaitu saat sebelum tidur.

Meski ada yang menganggap minum air putih sebelum tidur bisa mengganggu tidur, namun lebih banyak efek baik yang dirasakan tubuh. 

Kamu bisa menyiasati jumlah air tidur agar tidak mengganggu tidur. 

Disusun Popmama.com, inilah manfaat minum air putih sebelum tidur. 

1. Membantu menjaga kekebalan tubuh

1. Membantu menjaga kekebalan tubuh
Freepik

Dari laman resmi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, minum air putih pada malam hari sebelum tidur bisa membantu tubuh menjaga diri dari penyakit. 

Saat tubuh terhidrasi dengan baik, maka penyakit tidak mudah menyerang. Dimana, hidrasi memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan memastikan fungsi organ berjalan sebagaimana mestinya. 

Hal paling mudah, saat kamu kurang minum, maka akan bangun dengan tenggorokan gatal dan terasa kering. Beda halnya jika kamu minum air putih sebelum tidur terlebih dahulu. 

2. Membantu membersihkan racun

2. Membantu membersihkan racun
Freepik/phduet

Saat terhidrasi sepanjang malam, kamu bisa lebih mudah berkeringat. Proses berkeringat ini bisa membersihkan tubuh dari racun yang tak diinginkan. 

Air bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh memecah limbah, dan meningkatkan pengeluaran keringat. 

Saat berkeringat, kelebihan garam atau racun akan keluar bersama. Juga, keringat bisa membantu membersihkan sel-sel kulit. 

Editors' Picks

3. Mencegah pusing di pagi hari

3. Mencegah pusing pagi hari
Freepik/tirachardz

Mengonsumsi air putih sebelum tidur bisa membantu bangun tidur jadi lebih segar. 

Saat tubuh kekurangan cairan, maka darah jadi lebih kental. Hasilnya, pasokan darah ke otak jadi lebih lambat. Hasilnya, timbul pusing saat bangun tidur. 

Menjalankan kebiasan mudah seperti minum air sebelum tidur bisa menghindarkan hal tersebut. 

4. Membantu proses pencernaan

4. Membantu proses pencernaan
Freepik/Racool_studio

Dalam proses pencernaan, air putih bisa membantu menyerap vitamin serta nutrisi dari makanan. Makanan yang mengandung serat takkan berfungsi maksimal jika tidak dibarengi dengan asupan air putih yang cukup. 

Saat banyak mengonsumsi makanan penuh serat, barengi dengan air putih yang cukup, termasuk saat menjelang tidur. 

5. Menjaga kesehatan ginjal

5. Menjaga kesehatan ginjal
www.goodtoknow.co.uk

Air putih bisa membantu melarutkan kalsium dalam urin sehingga meminimalkan terjadinya batu ginjal. Selain itu, saat mengonsumsi air putih yang cukup, tubuh lebih mudah mengeluarkan racun. 

Bayangkan berapa lama kamu tidur semalaman. Meski tubuh sedang beristirahat, tetap butuh asupan air putih yang cukup agar fungsi ginjal tetap terjaga. 

6. Menjaga suasana hati jadi lebih baik

6. Menjaga suasana hati jadi lebih baik
Freepik/diana.grytsku

Dilansir dari Health Line, sebuah studi pada 2014 membuktikan bahwa kekurangan air putih bisa memengaruhi suasana hati secara negatif. 

Tak hanya selama bangun, namun juga saat tidur. Jika kurang air putih selama tidur, maka suasana hati kamu saat bangun bisa jadi buruk. 

Dalam penelitian tersebut terlihat bahwa orang yang biasa minum banyak air putih akan merasa gelisah dan tidak mudah tenang saat asupannya dikurangi. 

Sementara mereka yang jarang minum dan menambah asupannya merasa perubahan suasana hati lebih baik, termasuk saat bangun tidur. 

Jika kamu baru ingin mulai kebiasaan minum air putih sebelum tidur, usahakan untuk  menyesuaikan jumlahnya. Bisa dimulai dengan sedikit agar tidak mengganggu tidur karena ingin buang air kecil pada tengah malam. 

Itulah 6 manfaat yang bisa didapat saat rutin mengonsumsi air putih sebelum tidur. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.