5 Manfaat Tidak Memakai Celana Dalam saat Tidur

Bisa membuat hubungan dengan Papa makin harmonis, Ma

25 April 2021

5 Manfaat Tidak Memakai Celana Dalam saat Tidur
Freepik/tirachard

Selain melepas bra, Mama juga bisa mencoba tidak mengenakan celana dalam saat tidur. Popmama.com akan menjabarkan manfaatnya. 

Celana dalam berfungsi untuk melindungi area intim dari debu, bakteri, dan gesekan bahan celana. Selain itu, celana dalam juga bisa mengurangi bau tak sedap dan ketidaknyamanan. 

Namun ada kalanya kamu perlu membuka celana dalam, terutama saat tidur. 

Nah, inilah manfaat melepaskan celana dalam saat tidur. 

1. Mengurangi risiko jamur

1. Mengurangi risiko jamur
Pexels/cliffbooth

Mengenakan celana dalam seharian membuat vagina lembab dan itu meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi jamur vagina. 

Dr Alyssa Dweck, dokter spesialis kandungan dan ginekolog di New York mengatakan bahwa daerah intim tak perlu ditutup saat tidur. Ini dikarenakan, bakteri dan jamur senang berkembang biak di tempat gelap, lembab, dan hangat. 

Untuk itu, kamu bisa mengurangi risikonya dengan membuka celana saat tidur.

Sirkulasi udara yang baik bisa mengurangi kelembapan berlebih dan menjaga kesehatan vagina. 

Editors' Picks

2. Melancarkan sirkulasi darah

2. Melancarkan sirkulasi darah
Pexels/Cliff Booth

Celana dalam berfungsi untuk menjaga vagina tetap bersih. Oleh karena itu, biasanya kamu akan memilih celana dalam yang pas di badan.

Hal ini sedikit banyak bisa menghambat sirkulasi darah. Apalagi jika memilih celana dalam yang ketat, tentu akan makin menghambat sirkulasi darah. 

Kamu yang sedang tidur biasanya tidak bergerak dalam waktu yang lama. Bayangkan jika celana dalam tertekan tubuh, tentu tidak nyaman. 

Dengan memilih tidak memakai celana dalam saat tidur, itu bisa berpengaruh pada sirkulasi darah sehingga bisa lebih lancar. 

3. Mengurangi infeksi vagina

3. Mengurangi infeksi vagina
Freepik/Atlascompany

Banyak yang beranggapan, tidur dengan celana dalam bisa mengurangi kemungkinan bakteri berkembang biak di area intim. 

Namun dr Gillian Dean, direktur medis Planned Parenthood New York City mengatakan bahwa tidak ada penelitian ilmiah mengenai hal tersebut. 

Tidur tanpa celana dalam malah bisa mengurangi risiko akibat infeksi di vagina. Ini karena area intim tidak terlalu lembab tanpa adanya celana dalam. 

4. Membuat tidur lebih nyenyak

4. Membuat tidur lebih nyenyak
Freepik/gpointstudio

Penting sekali memilih kostum tidur yang bisa meningkatkan kualitas tidur. Pakaian tidur yang tidak ketat, berbahan lembut, dan mengikuti gerak tubuh bisa membantu kamu tidur lebih lelap. 

Termasuk juga tidak mengenakan celana dalam, kamu bisa tidur lebih nyaman sehingga kualitas tidur terjaga.

Kamu pun bisa bangun dengan perasaan yang lebih segar dan siap menjalani hari. 

5. Meningkatkan hubungan dengan pasangan

5. Meningkatkan hubungan pasangan
Freepik/Racool_studio

Ada banyak cara menghangatkan hubungan dengan pasangan. Salah satunya adalah cara sederhana tidak memakai celana dalam saat tidur. 

Kontak antar kulit yang lebih mudah terjadi bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh. Dengan kata lain, suasana hati kamu dan pasangan bisa lebih rileks. 

Sehingga, melanjutkan sesi bercinta pun lebih mudah dan menyenangkan. Hal ini penting sekali jika akhir-akhir ini kamu dan pasangan sedang sama-sama sibuk sulit menemukan waktu bercinta. 

Itulah beberapa manfaat tidur tanpa celana dalam. Hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan kasur dan selimut. Kamu harus rajin membersihkan kasur dan mengganti seprai agar tidak banyak kotoran dan bakteri yang malah membahayakan organ intim. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.