7 MLM yang Sedang Hits untuk Tambahan Pendapatan Mama saat Pandemi

Selain bisa digunakan sendiri, bisa juga untuk sumber pendapatan tambahan

13 Januari 2021

7 MLM Sedang Hits Tambahan Pendapatan Mama saat Pandemi
Freepik/Jcomp

Salah satu tren yang makin menjamur saat pandemi adalah penjualan sistem MLM. Sebagai referensi, Popmama.com akan merangkumkan apa saja yang sedang ramai. 

Sumber pendapatan tambahan bisa datang dari mana saja, salah satunya berjualan. Akhir-akhir ini, jualan dengan konsep MLM sedang ramai dilakukan di kalangan para Mama. 

Selain barangnya memang menarik dan berguna untuk digunakan sehari-hari, keuntungan yang didapat juga lumayan. Mulai dari pendapatan bulanan, hingga kendaraan atau liburan ke luar negeri. 

Penasaran? Inilah 7 MLM yang sedang menjamur di Indonesia.

1. HDI dengan madunya yang terkenal untuk memberikan stamina

1. HDI madu terkenal memberikan stamina
lazada.co.id

HDI adalah singkatan dari nama perusahaan yaitu PT Harmoni Dinamik Indonesia. Kebanyakan produknya berasal dari hasil lebah seperti royal jelly, propolis, dan madu. 

Salah satu produknya yang paling terkenal adalah Clover Honey yang digadang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Sebenarnya perusahaan ini sudah ada sejak lama namun baru booming saat pandemi. 

Ini dikarenakan produknya dinilai penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. 

Untuk bergabung di sini, kamu cukup membeli beberapa produknya dan otomatis menjadi anggota. Kamu bisa memilih untuk aktif atau hanya membeli untuk keperluan pribadi dengan harga member yang tentu lebih murah.  

2. Jafra khusus skincare

2. Jafra khusus skincare
jafra.com

Satu lagi yang tak kalah ramai diikuti banyak orang adalah Jafra. MLM yang memfokuskan diri pada produk skincare ini berasal dari AS dan baru merambah ke Indonesia pada tahun 2013 silam. 

Selama pandemi, para anggota MLM Jafra jadi menjamur. Ada yang berawal untuk penggunaan pribadi dan berujung jatuh cinta dengan produknya. 

Ada juga yang dari awal memang sudah niat aktif menjadi anggota karena melihat hype yang cukup menjanjikan. 

Bagaimanapun, skincare biasanya cocok-cocokan. Jadi, tidak bisa semuanya memiliki reaksi hasil yang sama. 

Editors' Picks

3. Nu Skin untuk produk perawatan tubuh 

3. Nu Skin produk perawatan tubuh 
nuskin.com

Satu lagi skincare asal luar negeri adalah Nu Skin. Meski begitu, perusahaan MLM ini sudah ada di Indonesia sejak belasan tahun yang lalu. 

Produknya kebanyakan ditujukan untuk perawatan tubuh, mulai dari perawatan wajah, rambut, hingga suplemen.  

Jika ingin bergabung, perusahaan ini boleh jadi pilihan. Karena, sudah dianggap salah satu merek berpengaruh di dunia versi Forbes. Bahkan, namanya juga sudah tercatat dalam Bursa Saham New York Stock Exchange

4. Natura World, skincare produk lokal

4. Natura World, skincare produk lokal
tokopedia.com

Berdiri tahun 2014 lalu, PT Natura Prima Beauty membuat perusahaan dengan konsep MLM. Produknya digadang aman untuk siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Meski berfokus pada skincare, namun produk dari Natura bisa juga menjadi obat bagi masalah kulit. Beberapa produk unggulannya adalah Natura Beauty Spray, Natura Aloe Vera, Chocolate Soap, dan Kacamata Ion. 

Kebanyakan mereka yang telah bergabung jadi member dan akhirnya turut meramaikan bisnis bermula dari mencoba produk dan ternyata cocok. 

5. Tiens dengan produk spirulina

5. Tiens dengan produk spirulina
tiens.com

Tiens atau Tianshi adalah salah satu merek asal China yang banyak beredar di Indonesia. Merk ini dikenal dengan obat peninggi badan, bubuk spirulina, dan buah muncord yang jadi favorit banyak penggunanya.

Jika berencana menjadi anggota dan turut aktif berjualan, tersedia banyak stokis di Indonesia yang bisa mendukung Mama. 

MLM ini juga dikenal dengan hadiah yang besar dan liburan yang merata untuk para anggota aktifnya. 

6. Young Living untuk minyak esensial

6. Young Living minyak esensial
fieldandforestliving.com

Young Living adalah perusahaan asal AS yang menggunakan konsep penjualan MLM. Produk yang ditawarkan khusus minyak esensial mulai dari yang single hingga gabungan beberapa jenis minyak.

Selain itu, terdapat juga produk turunannya seperti mouthwash, desinfektan, dan lainnya yang masih berhubungan dengan minyak esensial. 

Saat awal pandemi, produk yang banyak dicari adalah Thieves untuk menjaga imunitas tubuh dan RC untuk memperlancar area pernapasan. 

Kebanyakan mereka yang telah mencoba berujung menjadi anggota karena lebih mudah membeli dan mendapat harga spesial. Namun tak sedikit juga yang aktif memasarkan untuk pendapatan tambahan. 

7. Herbalife yang terkenal untuk diet sejak dulu

7. Herbalife terkenal diet sejak dulu
herbalife.co.id

Salah satu merk yang juga terkenal untuk diet adalah Herbalife. Merk asal AS ini sering digunakan untuk para atlet namun bisa digunakan untuk konsumsi sehari-hari.  Para penggunanya sering menyebut diri sebagai Duta Herbalife. 

Namun untuk kualitas dari produknya memang sudah banyak terbukti. Para anggotanya pun banyak yang betah membeli produknya secara berulang. '

Meski banyak bayangan bonus dan pendapatan tambahan dengan nominal yang menggoda, jangan sampai Mama terlarut dan berjualan dengan asal. 

Usahakan untuk menggunakan terlebih dahulu agar bisa melihat efek langsung yang dirasakan. 

Selain itu, penjualan dengan konsep MLM sering dianggap miring, jadi selain harus cerdas dalam berjualan, Mama juga harus terus berpikir positif. 

Semangat terus, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.