Penyebab Miss V Menghitam dan Ketahui 9 Cara Mengatasinya

Karena hal sepele, Miss V jadi menghitam

17 Maret 2021

Penyebab Miss V Menghitam Ketahui 9 Cara Mengatasinya
Freepik

Miss V adalah area yang sensitif. Jika salah perawatan, bisa mempengaruhi bentuknya.

Sedangkan salah satu keluhan yang paling sering diungkapkan para perempuan adalah warna kulit vagina yang menghitam. Ternyata, banyak penyebab kenapa hal itu bisa terjadi.

Miss V yang menghitam bisa memengaruhi rasa percaya diri banyak perempuan. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan yang telah dirangkum oleh Popmama.com untuk kamu ketahui.

1. Menghitam karena jamur

1. Menghitam karena jamur
Freepik/Spukkato

Jamur bisa membuat vagina menghitam, kok bisa? Penggunaan celana dalam dan celana terlalu ketat membuat area Miss V lebih lembab dari biasanya. Dari sanalah, jamur lebih mudah berkembang biak. 

Para perempuan yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia lebih rentan karena udara yang lebih lembab. Oleh karena itu, usahakan menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat untuk menjaga kelembaban.

Jamur juga bisa hadir dari cara membersihkan organ intim yang salah. Jika sudah membersihkan Miss V, usahakan untuk mengeringkannya dengan benar. 

Jika tidak kering, maka akan lembab dan dari sanalah hadirnya jamur. Jika sudah ada jamur bersemayam, maka tinggal tunggu kulit Miss V jadi menghitam.

2. Terlalu banyak gesekan

2. Terlalu banyak gesekan
Freepik

Masih mengenai celana yang terlalu ketat yang bisa membuat kulit Miss V terlihat menghitam. Salah satunya adalah karena terlalu sering kena gesekan. 

Celana ketat tentu menempel pada Miss V. Saat tubuh bergerak, gesekan pada Miss V terjadi. Dari sanalah kulit Miss V jadi menghitam dari warna yang seharusnya.

Jika jadi kebiasaan, area kulit yang menghitam bisa melebar dari vulva sampai ke pangkal paha. Hati-hati, ya!

Selain itu, badan yang terlalu gemuk juga bisa jadi penyebabnya. Saat paha saling bergesekan, tentu berpengaruh juga pada Miss V yang makin terhimpir. Setiap bergerak, Miss V akan terus terkena gesekan dan berakhir area tersebut jadi menghitam.

3. Terkena iritasi

3. Terkena iritasi
Freepik/Doucefleur

Sebagai area sensitif, kulit Miss V mudah terkena iritasi. Apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Area Miss V bisa lebih sensitif dari area kulit lainnya.

Oleh karena itu, perhatikan jenis bahan pakaian yang hendak dipilih. Apakah kira-kira akan menimbulkan ketidaknyamanan? Juga perhatikan pemilihan penggunaan detergen. Usahakan untuk menggunakan yang aman untuk kulit. 

Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan area Miss V. Tidak perlu selalu mengenakan sabun kebersihan Miss V, cukup menjaga kebersihannya secara alami.

Pada dasarnya, sabun kebersihan Miss V juga tidak terlalu baik jika digunakan terus-menerus.

Editors' Picks

4. Terlalu sering mencukur bulu kemaluan

4. Terlalu sering mencukur bulu kemaluan
Freepik

Mungkin ada beberapa dari kamu yang memilih mencukur sendiri bulu kemaluan. Ternyata jika dilakukan terlalu sering bisa mempengaruhi warna kulit Miss V. 

Akar rambut yang tertarik saat proses mencukur bisa mempengaruhi kondisi pembuluh darah di bawah kulit.

Selain itu, iritasi yang mungkin hadir setelah mencukur bulu kemaluan juga bisa jadi potensi area Miss V menghitam. 

Jika sudah menghitam, lalu apa solusinya?

5. Kompres dengan mentimun

5. Kompres mentimun
pexels/pixabay

Setelah mencukur bulu kemaluan, ada baiknya kamu mengompres Miss V dengan mentimun. Kandungannya mampu membuat kulit area Miss V lebih tenang terutama setelah dicukur.

Potong mentimun dengan cukup tipis agar bisa ditempelkan di area yang tidak rata. Kemudian, diamkan selama sekitar 10-15 menit. 

6. Gunakan air perasan lemon 

6. Gunakan air perasan lemon 
Freepik/Ashu83

Salah satu cara lainnya adalah menggunakan air perasan lemon yang dicampur dengan air mawar. Setelah mencampur kedua air tersebut. celupkan kapas dan aplikasikan ke kulit yang terlihat menghitam.

Letakkan selama sekitar 5 menit dan angkatlah. Tak perlu membilasnya. Agar lebih lembab, kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa setelahnya. 

7. Campuran lidah buaya dan kunyit

7. Campuran lidah buaya kunyit
Freepik/Trumronnarong

Bahan lain yang tak kalah efektif adalah kunyit dan lidah buaya. Usahakan untuk menggunakan gel lidah buaya untuk hasil yang lebih aman. 

Bahan-bahannya adalah seruas kunyit dan satu sendok makan gel lidah buaya. Kamu bisa langsung mengaplikasikannnya ke area Miss V dan diamkan selama 30 menit. 

Kandungan antioksidan dan aloesin dari lidah buaya mampu mengatur produksi melanin pada kulit dan bisa membantu pencerahan warna kulit. 

8. Yoghurt mampu hilangkan kehitaman pada vagina

8. Yoghurt mampu hilangkan kehitaman vagina
Freepik/Topntp26

Untuk kamu yang hanya ingin cara sederhana, bisa menggunakan yoghurt. Cukup mengoleskan yoghurt pada permukaan Miss V dan pijit lembut selama sekitar 5 menit. Lakukan setiap hari dan kulit Miss V pun bisa jadi lebih cerah seketika. 

Selain mencerahkan kulit, yoghurt juga mampu mendinginkan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Usahakan untuk menggunakan yoghurt yang plain atau tanpa rasa untuk mengurangi kemungkinan alergi karena kandungan tambahan rasa dari yoghurt tersebut.

9. Gunakan putih telur

9. Gunakan putih telur
Pixabay/baljeetmusiccomposer

Putih telur memiliki kemampuan memutihkan kulit dengan ampuh. Belum lagi kandungan protein dari putih telur yang mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit. 

Masukkan putih telur dalam mangkuk dan kocok sampai berbusa. Oleskan busa tersebut ke area Miss V yang menggelap. Biarkan selama beberapa saat dan basuh dengan kain basah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi vagina yang menghitam. Dari beberapa penjelasan tersebut, mana cara mencerahkan kulit area Miss V yang bisa kamu lakukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.