TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

RM Merespons Kabar BTS Hiatus: Kesalahpahaman yang Tidak Perlu

Banyak yang salah mengartikannya jadi pembubaran grup

17 Juni 2022

RM Merespons Kabar BTS Hiatus Kesalahpahaman Tidak Perlu
Instagram.com/rkive

Baru beberapa hari lalu, dunia K-Pop digegerkan dengan kabar BTS yang akan hiatus. Berbagai spekulasi pun diungkapkan dengan begitu bebas. 

Diawali dengan acara makan-makan di hari ulang tahun BTS yang disebut FESTA. Biasanya, FESTA diisi dengan berbagai kegiatan seru. 

Di tahun ini, temanya adalah FESTA Dinner Party. Diawali dengan bincang-bincang santai sambil menikmati hidangan di meja, acara tersebut tiba-tiba menjadi perhatian dunia setelah mereka mengumumkan untuk istirahat dan fokus pada kegiatan masing-masing. 

Karena kata terjemahannya dituliskan sebagai hiatus, ARMY sedunia pun sontak geger. Hal ini juga membuat keramaian di pihak mereka. 

Sampai-sampai RM angkat bicara mengenai grupnya yang dikatakan hiatus. Seperti apa isi hati RM? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Awal mula kabar hiatus

1. Awal mula kabar hiatus
YouTube.com/BANGTAN TV

Di tanggal 13 Juli 2022, mereka berkumpul, seperti tahun-tahun sebelumnya dan membicarakan apa saja, termasuk rencana ke depan. Semuanya tampak biasa saja, sampai pada saat Suga melontarkan kalimat yang kira-kira artinya 

"Kita sepakat untuk 'off' dulu," ujar Suga. 

Hal ini diartikan hiatus di subtitle di bagian bawah video. Tepat di detik itu, dunia geger dengan kabar tersebut. Apalagi dengan lanjutan yang dikatakan oleh RM mengenai bagaimana mereka tidak bertumbuh karena tuntutan pekerjaan. 

Inilah yang akhirnya membuat publik menyimpulkan mereka akan hiatus dan akan melakukan proyek masing-masing. 

2. Tanggapan dari HYBE

2. Tanggapan dari HYBE
Twitter.com/BIGHIT_MUSIC

Tak sampai 24 jam setelah video itu ditayangkan, HYBE mengeluarkan pernyataan resmi. Bisa dikatakan mereka membantah sebutan hiatus yang disebutkan di dalam video. 

Kata tersebut, menurut HYBE, mengacu pada off season atau yang bisa diartikan sebagai masa rehat. Lebih lanjut mereka menegaskan bahwa para member BTS tidak akan sepenuhnya hiatus. Mereka memang akan lebih fokus pada proyek solo, namun tetap ada proyek sebagai grup. 

Setelah pengumuman hiatus, saham HYBE meluncur bebas sebanyak 24,87%. Harga saham pada hari itu ditutup pada 145 ribu Won Korea. Bisa dibilang itu merupakan level terendah di sepanjang waktu mereka melantai di indeks Kospi pada Oktober 2020. 

3. Pernyataan dari RM

3. Pernyataan dari RM
Instagram.com/rkive

RM mengaku mendapatkan begitu banyak panggilan telepon setelah video FESTA tersebut diunggah. Bahkan bisa dibilang itu panggilan terbanyak yang pernah diterimanya semenjak debut 9 tahun yang lalu. 

Melalui unggahan di Weverse, RM mengungkapkan perasaannya mengenai berita yang kini menjadi bola liar di luar sana. Menurutnya, hanya ARMY yang bisa benar-benar menangkap maksud mereka. 

"Tentunya, para non-ARMY mungkin akan berpikir para member telah terlalu drama atau menganggap kita tidak bersyukur dengan dukungan yang telah diberikan selama ini. Namun, hubungan kami (BTS dan ARMY) sangat kuat dan akan sulit dipahami oleh orang lain," tulisnya. 

Secara gamblang ia menyebutkan bahwa mereka tidak berniat untuk berpisah.

"Seperti yang dilihat di dalam video tersebut, ini bukanlah akhir dari kami, seperti judul lagu baru kami yaitu 'Yet To Come'," lanjutnya. 

Ia pun akhirnya merasa sedikit menyesal telah begitu jujur dan bersemangat mengungkapkan isi hatinya di FESTA sehingga banyak yang mengartikannya salah dan memberitakan yang tidak-tidak. 

"Sepertinya keberanian saya untuk benar-benar terbuka dan jujur selalu berakhir dengan drama dan kesalahpahaman yang tidak perlu," ungkapnya.

Pada akhirnya, RM mengatakan bahwa postingannya ini mungkin akan terlihat dramatis dan ia khawatir malah akan memberi celah lain bagi mereka yang tidak suka. Bagaimanapun, leader yang bernama Kim Namjoon ini tetap mengucapkan terima kasih atas segala cinta, dukungan, dan energi positif yang diberikan dari jauh atau dari dekat. 

Nah, jadi bisa dipastikan ya maksud hiatus di sini adalah off season atau masa istirahat saja. Mari kita tunggu karya mereka selanjutnya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk