Sedang Punya Hutang? Ini 5 Tips agar bisa Cepat Melunasinya

Yang pasti, tidak lapar mata

31 Mei 2021

Sedang Pu Hutang Ini 5 Tips agar bisa Cepat Melunasinya
Freepik/doucefleur

Setiap orang punya alasan kenapa akhirnya memutuskan untuk berhutang. Tak masalah, asal bisa konsisten membayarnya sampai lunas. 

Namun bagaimana jika ternyata hutangnya tetap ada dan seakan tak selesai-selesai? Berarti harus ada trik tersendiri agar bisa segera melunasinya. 

Seringnya, beberapa kebiasaan malah membuat kamu kesulitan menyelesaikan hutang itu tepat waktu, apalagi jika lebih cepat. 

Agar tidak berlarut-larut, yuk intip tips melunasi hutang dengan cepat bersama Popmama.com

1. Puasa belanja barang yang tidak perlu

1. Puasa belanja barang tidak perlu
Freepik/marymarkevich

Saat berhutang, sebenarnya kamu sudah tahu apa yang akan dikorbankan untuk membayar di kemudian hari. Oleh karena itu, pastikan agar tetap menjaga nafsu dari keinginan belanja yang berlebih. 

Selama masih berhutang, usahakan untuk menekan kebutuhan yang bisa ditunda. Beberapa yang bisa ditunda seperti melihat banyak barang sale, membeli sesuatu yang tidak terlalu diperlukan, atau belanja saat emosi. 

Meski sulit, namun ini adalah pengorbanan yang harus kamu jalani demi melunasi hutang dengan lebih cepat. 

Editors' Picks

2. Belanja kebutuhan bulanan dengan cermat

2. Belanja kebutuhan bulanan cermat
Freepik/lifeforstock

Meski hanya ratusan ribu Rupiah per bulan, namun hal ini bisa jadi bukit jika konsisten dilakukan setiap bulan. Kamu bisa menghemat bujet bulanan dengan belanja cermat. 

Mulai dari mencari waktu tepat kapan waktu paling banyak diskon, hingga hanya membeli barang yang dibutuhkan saja. 

Sebelum belanja, cek dulu sisa stok di rumah sehingga tidak beli yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Coba deh, lihat sendiri berapa banyak yang bisa Mama sisihkan untuk bayar hutang. 

3. Kurangi jajan atau beli makanan di luar

3. Kurangi jajan atau beli makanan luar
Freepik/wayhomestudio

Satu lagi pengeluaran yang suka bocor tak kasat mata adalah jajan online. Mungkin terasa hanya 20-50 ribu saja sekali jajan, namun jika sering, maka bisa boros juga. 

Seperti contoh, jika kamu jajan sebesar Rp 50 ribu sebanyak 10 kali selama sebulan, berarti kamu sudah menghabiskan Rp 500 ribu untuk jajanan yang mungkin tak mengenyangkan sama sekali. 

Belum lagi jika tergiur melihat promo atau tak sempat masak, mau tak mau beli makanan dari luar. 

Jika ingin membayar hutang, kurangi hal tersebut dan sisihkan uangnya agar cepat lunas. 

4. Cari penghasilan tambahan 

4. Cari penghasilan tambahan 
Freepik/cookie_studio

Saat ini, kesempatan terbuka sangat lebar jika ingin mencari penghasilan tambahan. Ada pekerjaan lepas waktu yang bisa dilakukan sesuai dengan minat. 

Bisa juga berjualan online dari sosial media atau e-commerce. Semua bisa dilakukan dengan modal minim atau bahkan cukup dengan sistem dropship

Yang penting adalah bagaimana tidak tergodan menggunakan uang hasil keuntungannya. Pastikan hasil keuntungan hanya untuk menambah modal usaha dan membayar hutang. 

5. Tahan agar tidak menambah hutang

5. Tahan agar tidak menambah hutang
Freepik/kstudio

Ada beberapa waktu di mana uang kamu sangat mepet sehingga merasa butuh uang tambahan baru. Tekan keinginan itu dan berhematlah sebisa mungkin. 

Menambah hutang saat kamu masih berhutang hanyalah memperbanyak masalah. Kamu takkan bisa menutup hutang dengan cepat jika memiliki kebiasaan seperti ini. 

Meski sedang cekak, usahakan untuk mencukupi kebutuhan dengan uang yang ada saja. Setelah hutang lunas, barulah kamu bisa membeli hal lain yang mungkin diidamkan dari lama. 

Berhutang memang jadi salah satu solusi keuangan yang sangat cepat. Namun tetap perhatikan efek ke depannya. Jangan berhutang jika dirasa tidak mampu membayarnya. 

Cukupkanlah diri dengan apa yang dimiliki saat ini. Yuk, Mama pasti bisa!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.