Setelah Sembuh dari Covid-19, Ini 5 Cara Mengembalikan Kesehatanmu

Mulai pelan-pelan adalah kuncinya untuk kembali sehat ya!

2 Agustus 2021

Setelah Sembuh dari Covid-19, Ini 5 Cara Mengembalikan Kesehatanmu
Freepik/Mdjaff

Covid-19 tidak hanya menyiksa saat terinfeksi saja, namun setelahnya juga. Meski ada juga yang tidak merasakan efek setelah negatif Covid-19, namun banyak yang merasakan efek panjang setelah sakit. 

Dilansir dari phsa.ca, ada beberapa keluhan yang biasa dirasakan yaitu telinga berdenging, sakit kepala, tidak enak badan, gangguan fokus, dan gangguan bernapas. Kamu tak bisa memaksakannya, memang butuh waktu untuk kembali seperti semula. 

Dirangkum dari ndtv.com oleh Popmama.com, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kesehatanmu secara maksimal setelah negatif Covid-19. 

1. Pastikan asupan makanan yang sehat dan seimbang

1. Pastikan asupan makanan sehat seimbang
Freepik/drobotdean

Tak hanya setelah terkena Covid-19, pasca sakit apapun, kamu disarankan untuk tetap menjaga makanan. Dengan begitu, tubuh bisa lebih mudah menjaga metabolisme dan menjaga imun tubuh tetap maksimal. 

Apalagi setelah terinfeksi virus corona, di mana banyak obat yang dikonsumsi, dan banyak juga efek yang dirasakan selama sakit. 

Untuk makanannya, usahakan memilih makanan utuh yang minim proses. Kamu bisa memilih sayur segar yang dibuat salad, atau disayur bening sehingga proses pemasakan sederhana dan sebentar saja. 

Cara ini bisa menjaga nutrisi yang ada di dalam sayuran sehingga tubuh bisa menerima lebih banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan. 

Editors' Picks

2. Mulai kembali berolahraga

2. Mulai kembali berolahraga
Freepik/benzoix

Pada beberapa kasus, terutama kasus infeksi corona yang cukup berat, butuh waktu lama untuk bisa berkegiatan seperti biasa lagi. Namun untuk kamu yang tak terlalu parah atau ada efek yang berarti, mulailah untuk kembali berolahraga. 

Meski awalnya terasa berat dan sangat melelahkan, namun usahakan untuk tetap aktif bergerak. Jangan memforsir, cukup lakukan semampumu saja. Jika dilakukan secara rutin, maka tubuh dan mental kamu bisa kembali segar dan sehat seperti sedia kala. 

3. Namun, mulai segalanya dengan perlahan

3. Namun, mulai segala perlahan
Freepik/shurkin_son

Banyak orang tidak sabar ingin segera kembali ke rutinitas harian mereka, tak sadar kapasitas badan yang baru saja kembali sehat. Alhasil, mereka mudah merasa lelah, nafas pendek, dan pusing saat memaksakan diri. 

Maka dari itu, ketahui kemampuan tubuh saat ini dan mulailah segalanya dengan perlahan. Hindari memaksakan segalanya langsung bisa seperti sedia kala. Bersabarlah, kamu baru saja memenangkan pertarungan dengan virus mematikan. Jadi, perlahan saja. 

4. Lakukan permainan ingatan

4. Lakukan permainan ingatan
Freepik/wayhomestudio

Dari phsa.ca, banyak kasus menyebutkan bahwa virus corona berpengaruh pada otak. Mereka yang telah sembuh bisa saja mengalami kesulitan berkonsentrasi dan mengingat hal-hal sederhana. 

Untuk itu, pastikan kamu tidak memaksakan diri dan panik berlebih. Ini adalah hal yang wajar dan kamu perlu latihan untuk menyalakan kembali semua fungsi di otak. 

Perhatikan juga kondisi suasana hati dan kecukupan tidur. Panik tidak akan mengubah keadaan, lebih baik memperbaikinya pelan-pelan. 

5. Jaga diri dari virus sebisa mungkin

5. Jaga diri dari virus sebisa mungkin
Freepik/Jcomp

Meski menurut teori, kamu otomatis memiliki antibodi Covid-19 setelah terinfeksi, namun bukan berarti tidak bisa terkena lagi. Apalagi di waktu sesaat setelah sembuh, pastikan untuk memerhatikan protokol kesehatan secara ketat. 

Tubuhmu masih berjuang untuk mengembalikan kesehatan secara maksimal. Salah satu cara paling aman mengembalikan kesehatan adalah dengan membatasi diri dari pertemuan dengan orang lain. 

Bersabarlah di rumah dahulu dan maksimalkan imunitas tubuh. Pastikan untuk selalu mematuhi protokol agar tidak ada virus dan penyakit yang bisa menyelinap lagi ke dalam tubuh. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kesehatan setelah sembuh dari Covid-19. Pastikan protokol kesehatan selalu ketat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.