Ada dalam Alquran, Ini Dia Inspirasi 5 Surat Penenang Hati

Melantunkan ayat Alquran merupakan salah satu obat mujarab menenangkan hati

24 Juni 2021

Ada dalam Alquran, Ini Dia Inspirasi 5 Surat Penenang Hati
Freepik

Di masa yang tak pasti seperti ini, banyak orang merasa lebih mudah gelisah dan stres. Untuk umat Muslim, ada 5 surat di dalam Alquran yang bisa jadi rujukan penenang hati. 

Dalam Alquran surat Al Isra ayat 82, disebutkan bagaimana Alquran bisa menjadi penawar bagi setiap masalah umatnya. Terjemahan surat tersebut berbunyi:

"Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian."

Untuk Mama yang sedang merasa gelisah dan sulit tenang, maka bisa menengok beberapa surat penenang hati dan pikiran di dalam Alquran. Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1.  Surat Al Fatihah yang istimewa

1.  Surat Al Fatihah istimewa
Freepik/Rawpixel.com

Sebagai surat pertama di Alquran, Al Fatihah juga memiliki keistimewaan lain yaitu surat yang selalu dibaca dalam setiap rakaat salat. 

Jika melakukan salat wajib sebanyak 5 kali sehari, maka setidaknya kamu telah membaca surat ini sebanyak 17 kali. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda,

Demi Zat yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Alquran.

Untuk menenangkan hati, kamu bisa membaca Al Fatihah sebanyak 7 kali dengan perlahan dan sungguh-sungguh. Dengan izin Allah SWT, hatimu perlahan bisa menjadi tenteram dan kembali tenang. 

Editors' Picks

2. Al Baqarah ayat 255 atau ayat kursi

2. Al Baqarah ayat 255 atau ayat kursi
Freepik

Sering disebut ayat sapujagad, ayat kursi memang memiliki banyak manfaat. Salah satu ayat di dalam surat kedua dalam Alquran ini sering diamalkan sebagai penyembuh, doa, dan juga penenang hati. 

Bahkan Allah SWT akan memelihara orang yang membacanya di pagi dan sore hari dari seluruh kejahatan, keburukan dan penyakit. Oleh karena itu, ayat ini masuk dalam bacaan zikir pagi dan sore. 

Mama pun bisa membacanya setelah membaca Al Fatihah untuk melengkapi ketenangan hati. 

3. Surat Al Insyirah begitu hangatkan hati ketika kamu sedang merasakan kesulitan

3. Surat Al Insyirah begitu hangatkan hati ketika kamu sedang merasakan kesulitan
Freepik

Allah SWT memberikan keyakinan pada Nabi Muhammad SAW bahwa dalam kesulitan dibarengi dengan kemudahan dan dituangkan dalam surat Al Insyirah. 

Surat yang berisi 8 ayat ini turun sebagai pelipur lara bagi Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT. Saat itu, beliau sedang menghadapi pertentangan keras dari kaumnya. Dengan turunnya surat ini, Allah SWT melapangkan hatinya yang tadinya sedang sempit karena tertimpa tekanan berat. 

Hal ini disampaikan salah satunya dalam ayat ke-5 yang berbunyi,

fa inna ma'al-usri yusra

yang artinya:

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Untuk itu, jangan pernah menyerah pada Allah SWT dan yakinlah bahwa Allah takkan meninggalkan umatnya. 

4. Surat Yusuf

4. Surat Yusuf
Unsplash/Mishary Alafasy

Surat Yusuf merupakan surat dalam Alquran yang bercerita tentang kisah Nabi Yusuf. Di dalam surat ke-12 ini dijelaskan bagaimana Nabi Yaqub AS dan Nabi Yusuf AS mengalami rasa sakit dan penderitaan di dunia dan bagaimana Allah SWT meninggikan mereka karena kesabarannya. 

Tak sehari dua hari, namun bertahun-tahun mereka harus menjalani hidup dengan fitnah dan kedzaliman yang menimpa mereka. Seperti Nabi Yaqub AS yang sangat sedih menangis hingga buta karena kehilangan buah hatinya, atau Nabi Yusuf AS yang difitnah menodai perempuan, sesungguhnya Allah SAW tak pernah meninggalkan hambanya. 

Hal ini tertuang dalam ayat ke 92 yang berbunyi:

Qala la tasriba 'alaikumul yaum, yagfirullahu lakum wa huwa ar hamur rahimin

yang artinya:

Dia (Yusuf) berkata: Pada hari ini tidak ada cercaan terhadap kamu, mudah-mudahan Allah mengampuni (kamu), dan Dia adalah Maha Penyayang di antara para penyayang. 

5. Bacalah Surat Taha untuk senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT

5. Bacalah Surat Taha senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT
Pexels/Abdulmeilk Aldawsari

Surat yang ke-20 di dalam Alquran ini juga berkisah tentang salah satu dari 25 nabi yaitu Nabi Musa. Dikisahkan bagaimana Nabi Musa memohon kemudahan untuk dirinya. 

Kemudian, diceritakan juga bagaimana Allah SWT telah memberi banyak kemudahan dari sebelum ia menyadarinya. Bagaimana ia bisa selamat padahal laki-laki, bisa kembali ke ibunya sehingga bisa disusui sampai 2 tahun, hingga diberikan kepercayaan menjadi seorang Nabi pilihan Allah SWT. 

Meski menjadi Nabi dan mendapat mukjizat, Musa AS juga tetap merasa gentar jika harus melawan Firaun. Untuk itu, Allah SWT meyakinkan dalam ayat ke-46 yang berbunyi:

Qala la takhafa innani ma'akuma asma'u wa ara

yang artinya:

Allah berfirman: Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya aku beserta kamu, mendengar dan melihat.

Sesulit apapun ujian yang diberikan, ingatlah bahwa Allah SWT selalu mendengar dan melihat. Jadi, teruslah panjatkan doa dan memohon untuk kelapangan atas segala masalah atau urusan yang tengah dihadapi. Sesungguhnya Allah Maha Mampu. 

Itu dia beberapa surat penenang hati dan pikiran yang bisa meringankan rasa gelisah dan khawatir Mama. Selain mendapat ketenangan hati, membaca Alquran juga bisa menambah pahala, lho. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.