5 Rekomendasi Wisata Keluarga yang Ramah Anak di Bandung

Intip rekomendasi kali ini yuk, Ma!

6 Juli 2019

5 Rekomendasi Wisata Keluarga Ramah Anak Bandung
Freepik

Bandung menjadi salah satu kota yang masig cukup favorit bagi sebagian keluarga untuk berlibur. Selain banyak keindahan alam dan tempat makanan yang unik, ada juga tempat wisata yang ramah anak. 

Namun, tak jarang ada beberapa orangtua yang masih bingung untuk mencari berbagai tempat wisata yang ramah anak. Padahal jika dicari, sebenarnya ada banyak tempat wisata yang memiliki fasilitas nyaman bagi anak-anak serta keluarga. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa wisata ramah anak di Kota Bandung, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Kunjungi beberapa tempat ini di Bandung yuk, Ma! 

1. Phantasia Barbie Gallery

1. Phantasia Barbie Gallery
Instagram.com/ell_damayanti

Untuk Mama yang memiliki anak perempuan pasti akan cenderung mengagumi sosok boneka Barbie dengan paras menawan. Di Bandung, si Kecil bisa dimanjakan dengan berbagai koleksi Barbie. 

Mama bisa mengajak dirinya ke Phantasia Barbie Gallery yang ada di dalam sebuah restoran untuk melihat koleksi Barbie dengan total 350 boneka. Boneka Barbie yang terpajang pun memiliki diorama berbeda-beda dengan berbagai tema. 

Si Kecil pun bisa mengetahui berbagai perjalanan sejarah dari boneka Barbie dari dulu hingga saat ini. Untuk melihat berbagai koleksi dan ingin segera menyenangkan hati anak, Mama perlu datang ke Balcony Restaurant yang terletak di Bilique Hotel. Tempat ini akan menjadi pengalaman baru untuk si Kecil dengan melihat berbagai bentuk dan gaya boneka kesukaannya. 

Alamat: Jalan Sersan Bajuri No.100, Bandung, Jawa Barat. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Anak Lebih Ramah pada Orang Lain

2. Jendela Alam Farm

2. Jendela Alam Farm
Instagram.com/jendelaalambandung

Berlibur sambil belajar tentu menjadi suatu momen yang menyenangkan dan akan menjadi pengalaman berkesan nih, Ma. Jika Mama ingin berwisata alam sekaligus mengajak si kecil belajar mengenal sesuatu yang baru, maka Jendela Alam Farm di Bandung bisa menjadi salah satu pilihan. 

Di Jendela Alam Farm ada berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh si Kecil seperti berkebun atau bermain berburu harta karun. 

Untuk si Kecil yang masih belum berani bermain dengan hewan, tempat ini dirasa tepat karena mereka dapat diajarkan cara mencintai berbagai jenis hewan, beternak hingga merawat hewan dengan cara yang benar seperti memandikan dan memberi makan. 

Jika si Kecil ingin belajar cara bertani, tempat ini pun menyediakan semua peralatan yang aman digunakan anak-anak. Mereka juga bisa belajar untuk mengenai beberapa metode bertani yang modern seperi Aquaponics dan Vhydopronics. Namun, setelah beraktivitas perlu sekali kembali memerhatikan kebersihan si Kecil ya. 

Alamat: Jalan Sersan Bajuri Km 4,5 Ledeng Lembang, Bandung, Jawa Barat. 

Editors' Picks

3. Rumah Batik Komar

3. Rumah Batik Komar
Instagram.com/batikkomar

Tetap memperkenalkan dan mengajarkan anak-anak terhadap warisan tanah air menjadi salah satu tugas orangtua. Setuju nggak nih, Ma? 

Batik menjadi salah satu warisan Indonesia yang perlu dilestarikan dan anak-anak pun setidaknya perlu mengetahui proses pembuatan sebuah batik. Jika ingin memperkenalkan budaya ke anak-anak di Bandung, Mama bisa mengunjungi Rumah Batik Komar dan mendaftarkan keluarga untuk ikut workshop. 

Di era perkembangan teknologi yang sudah semakin cangguh ini, Mama bisa membantu unutk menumbuhkannya lagi di jiwa anak-anak disela-sela liburan. Tidak ada salahnya untuk berkunjung dan mengikuti workshop bantuk di Rumah Batik Komar. 

Di tempat ini, Mama sekeluarga bisa belajar cara membatik seperti batik tulis, batik cetak dan beberapa cara lainnya. Momen baru ini tentu dapat meningkatkan kualitas hubungan bersama keluarga nih, Ma. 

Alamat: Jalan Sumbawa No 22 Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Ramah Anak di Singapura Ini Wajib Dikunjungi

4. Bandung Science Center

4. Bandung Science Center
Instagram.com/bscindonesia

Kota Bandung cukup banyak tempat wisata yang memberikan edukasi untuk anak-anak, salah satunya Bandung Science Center (BSC). Tempat ini sudah didirikan pada tahun 2014 dengan memberikan sebuah wadah agar anak-anak bisa mempelajari ilmu pengetahuan alam dengan cara berbeda dan lebih menyenangkan. 

“Meningkat pendapatan dan kemakmuran masyarakat dengan memberikan kesempatan pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang meluas dan terjangkau” menjadi sebuah visi dari Bandung Science Center dengan adanya tempat wisata edukasi. Diharapkan semua yang datang dan mengunjungi tempat ini mendapatkan pengalaman baru di bidang sains. 

Beberapa ruangan yang bisa dikunjungi di Bandung Science Center yaitu ruang robotik, ruang pertunjukan laser, ruang ilusi optik, ruang eksperimen, ruang elektronika, ruang energi dan beberapa ruang lainnya. 

Untuk anak mama yang sudah masuk SD, berbagai ruangan ini sangat cocok karena membuat dirinya semakin belajar, bereksperimen dan menerapkan pelajarannya di sekolah. Mama pun bisa mengabadikan momen berharga bersama keluarga di beberapa spot unik. 

Semoga dengan mengajak keluarga ke Bandung Science Center bisa membuat liburan menjadi berkesan. 

Alamat: Jalan Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

5. Taman Lalu Lintas

5. Taman Lalu Lintas
Instagram.com/tamanlalulintasbandung

Walau masih usia anak-anak, belajar mengenai lalu lintas perlu diperkenalkan nih. Si Kecil perlu mengetahui berbagai rambu-rambu lalu lintas yang ditemuinya di jalan agar bisa selamat sampai tujuan. 

Di Kota Bandung, Mama bisa memperkenalkan tata tertib berlalu lintas di jalan melalui sebuah taman bernama Taman Lalu Lintas. Di tempat ini, anak mama dapat mengenai aneka rambu lalu lintas dengan beragam alat peraga dan permainan sederhana. 

Selain berlibur dan menikmati suasana sejuk di taman, anak-anak pun bisa belajar melalui cara yang menarik.  

Itulah beberapa tempat wisata di daerah Bandung yang cocok keluarga dan tentunya ramah anak. Semoga rekomendasi ini bisa menjadi pilihan ya, Ma!

Alamat: Jalan Belitung, Kota Bandung.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!