Jangan Cepat Panik, Begini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

Yuk Ma, ketahui solusi terbaik untuk mengeluarkan semut dari dalam telinga!

22 April 2019

Jangan Cepat Panik, Begini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga
Unsplash/Hayes Potter

Telinga termasuk panca indera manusia yang cukup sensitif kerena berfungsi untuk mendengar. Bila ada benda asing atau serangga masuk ke dalam telinga, maka dapat mengganggu fungsi telinga. 

Tak jarang, serangga yang berukuran kecil seperti semut bisa masuk ke dalam telinga. Ada beberapa kondisi, semut yang masuk bisa saja mati atau dapat bertahan hidup di dalam telinga.  Perlu diketahui bahwa semut yang masuk ke dalam telinga dapat memungkinkan terjadinya rasa sakit, peradangan, bengkak hingga iritasi. 

Bila semut masih hingga dan bersarang di dalam telinga, maka pergerakannya seringkali terasa. Peradangan yang terjadi pada telinga tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan benjolan benanah. Saat benjolan yang ada di dalam telinga pecah, tanpa disadari akan keluar cairan dari telinga. 

Semut yang masuk ke dalam telinga dengan kondisi masih hidup juga dapat memberikan komplikasi kesehatan. Apalagi tidak ada yang bisa memastikan apa yang dilakukan oleh semut selama berada di dalam telinga. 

Saat ada gigitan atau goresan yang dilakukan oleh semut, sehingga dapat memperburuk kondisi gendang telinga hingga pecah. Kondisi ini bisa terjadi bila ada sobekan pada membran timpani sebagai pemisah saluran telinga bagian luar dengan telinga bagian tengah.

Jika gendang telinga pecah dapat memicu gangguan pendengaran dan infeksi pada telinga bagian tengah. Hanya dari masuknya semut ke dalam telinga bisa memperburuk kondisi kesehatan nih, Ma!

Sebelum gangguan kesehatan yang timbul pada telinga ini terjadi akibat kemasukkan semut, usahakan mencari solusi terbaik untuk mengeluarkannya.  Kali ini Popmama.com akan berbagi tips mengenai cara tepat mengeluarkan semut sebagai pertolongan pertama. 

Yuk Ma, ketahui beberapa langkah terbaik!

1. Memiringkan kepala untuk mempermudah semut keluar dari telinga 

1. Memiringkan kepala mempermudah semut keluar dari telinga 
Pixabay/Josch13

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan semut dari telinga yaitu dengan memiringkan kepala. Kenali semut masuk yang masuk ke lubang telinga, apakah bagian kanan atau kiri telinga. 

Miringkanlah kepala sesuai dengan jalan masuknya semut ke dalam telinga. Bagian telinga yang menjadi jalan masuk harus berada di bawah saat sedang berusaha memiringkan kepala. 

Namun, sebaiknya hindari gerakan secara tiba-tiba atau terkesan berlebihan karena akan meningkatkan kemungkinan semut bisa masuk lebih dalam. 

Hindari juga mengeluarkan semut dari telinga dengan mengoreknya dengan benda asing. Hal ini justru akan memungkinkan semut masuk semakin jauh ke dalam telinga ya, Ma.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Akibatnya Jika Kamu Tak Sengaja Menelan Semut!

Editors' Picks

2. Gunakan minyak kayu putih atau baby oil untuk mengeluarkan semut dari lubang telinga

2. Gunakan minyak kayu putih atau baby oil mengeluarkan semut dari lubang telinga
Pixabay/ImageParty

Dilansir dari You Me Mind Body, cara lain mengeluarkan semut dari telinga, cobalah untuk menggunakan minyak kayu putih atau baby oil. 

Jika serangga masih hidup, gunakan senter untuk memberikan cahaya saat melihat kondisi di dalam telinga. Lalu cobalah olesi minyak kayu putih atau baby oil menggunakan cotton bud. Masukkan cotton bud secara perlahan ke dalam telinga agar tidak membuat semut terjebak semakin jauh. 

Cara seperti ini dapat membuat semut terperangkap dan melekat pada ujung cotton bud, sehingga semakin mudah untuk dikeluarkan dari telinga. 

Selain itu, bisa juga dengan mengoleskan minyak kayu putih pada sisi daun teling. Perlu diketahui kalau semut yang tidak menyukai aroma dari minyak kayu putih dapat membantunya keluar dengan sendirinya dari telinga. 

Baca juga: 7 Cara Mudah Membasmi Semut di Rumah

3. Berkonsultasi dengan mendatangi dokter THT sebagai pertolongan secara medis

3. Berkonsultasi mendatangi dokter THT sebagai pertolongan secara medis
Freepik/nensuria
Ilustrasi

Pertolongan untuk mengeluarkan semut dari telinga bisa dilakukan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter THT. Apalagi jika Mama tidak berhasil untuk mengeluarkan semut. 

Jika terlalu memaksakan diri untuk mengeluarkan semut sendiri, secara tidak langsung dapat memicu kondisi telingan semakin buruk. Telinga bisa mengalami peradangan, bengkak hingga mengalami kesulitan untuk mendengar. 

Sebelum situasi ini terjadi, maka segeralah melakukan pemeriksaan telinga ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Mama bisa memberikan penjelasan yang terjadi terhadap kondisi telinga agar dokter dapat mengetahui keluhan-keluhan akibat masuknya semut. 

Dengan meminta bantuan medis, dokter THT akan membantu Mama mengeluarkan semut dari dalam telinga dengan cara yang aman dan terjamin kebersihannya. 

Itulah beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan semut dari telinga. Semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat ya, Ma! 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!