Cut Meyriska dan Roger Ikut Kontribusi Galang Dana untuk Lawan Corona

Yuk Ma, sama-sama lawan virus corona!

23 Maret 2020

Cut Meyriska Roger Ikut Kontribusi Galang Dana Lawan Corona
Instagram.com/cutratumeyriska

Penyebaran virus corona atau Covid-19 memang sedang menjadi perhatian banyak orang, tanpa terkecuali di seluruh dunia. Fenomena yang satu ini menumbuhkan banyak kekhawatiran apalagi dipicu dengan tingginya jumlah pasien. 

Melihat kondisi ini, Cut Meyriska dan Roger Danuarta mulai tergerak hatinya untuk melakukan galang dana bersama dengan BBN (Barisan Bangun Negeri). Kegiatan positif ini dilakukan sebagai sebuah bentuk kepedulian mereka kepada pasien yang terinfeksi Covid-19.

Jika Mama ingin mengetahui kegiatan positif serta pesan dari pasangan ini terkait penyebaran Covid-19, Popmama.com telah merangkumnya berdasarkan cerita mereka di Instagram. 

Kira-kira seperti apa ya, Ma?

Editors' Picks

1. Cut Meyriska dan Roger bergabung dalam program ulama BBN (Barisan Bangun Negeri) untuk melakukan galang dana 

1. Cut Meyriska Roger bergabung dalam program ulama BBN (Barisan Bangun Negeri) melakukan galang dana 
Instagram.com/cutratumeyriska

Melalui program ulama BBN, Cut Meyriska dan Roger ikut tergerak untuk melawan penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. 

BBN berbagi peran dengan banyak komunitas lain khususnya dalam penanganan Covid-19 dan menyikapi banyak permintaan bantuan dari masyarakat yang panik dan ketakutan, serta merasa tidak terproteksi karena ketidakmampuan ekonomi mereka. 

BBN berkonsentrasi memikirkan masyarakat-masyarakat kawasan padat penduduk dan kumuh yang sangat beresiko terkena Covid-19 karena padatnya tempat tinggal mereka. Sanitasi air dan udara yang buruk, sehingga daya tahan tubuh masyarakat seperti ini juga relatif rendah.

BBN yang bekerja sama dengan pasangan ini serta beberapa publik figur lainnya berusaha untuk memberikan bantuan sederhana berupa masker, hand sanitizer atau sabun antiseptik, vitamin penambah daya tahan tubuh kepada warga yang tinggal di area-area padat penduduk dan kumuh.

Aksi galang dana ini diharapkan dapat membantu instansi-instansi medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19, meskipun masih ada kendala terbesar saat ini yakni ketersediaan alat-alat medis yang dibutuhkan.

Jika Mama tergerak hatinya untuk memberikan donasi bisa langsung melihat informasinya lebih lanjut di Instagram Cut Meyriska dan Roger. 

2. Rasa bahagia dengan berbagi tanpa disadari membantu kesehatan kehamilan Cut Meyriska

2. Rasa bahagia berbagi tanpa disadari membantu kesehatan kehamilan Cut Meyriska
YouTube.com/RogerChika Journey

Bicara mengenai rasa kebahagiaan, setiap orang memiliki situasi yang berbeda-beda termasuk saat berbagi dengan sesama. 

Menurut Psikolog Alexandra Gabriella A., M.Psi, C.Ht ketika seseorang memberikan sesuatu secara tulus kepada orang lain dalam bentuk apa saja, maka dirinya akan merasa memiliki lebih banyak dari orang tersebut. Dalam artinya, seseorang yang berbagi akan memicu atau tumbuh perasaan cukup karena bisa berguna bagi orang lain. 

"Seseorang tidak bisa mengandalkan bahwa ada sebuah kebahagiaan yang akan datang dengan sendirinya. Namun, individu itulah yang seharusnya dapat menciptakan sebuah kebahagiaan," kata Alexandra.

Perasaan bahwa diri sendiri berguna bagi orang lain itulah yang tanpa disadari dapat berubah menjadi sebuah kebahagiaan. Apalagi ketika seseorang sedang berusaha untuk berbagi kepada sesama. 

Melakukan kegiatan positif selama masa-masa kehamilan juga dapat membantu kesehatan si Kecil, meskipun masih berada di dalam kandungan. 

Sebagai seorang psikolog, Alexandra pun mengatakan bahwa kebahagiaan ibu hamil dalam kesehariannya dapat membuat janin juga ikut bahagia sehingga membantu perkembangan dan pertumbuhannya.

"Perkembangan janin pun akan lebih optimal dibanding janin lain yang berkembang pada ibu hamil dengan sebuah lingkungan yang stres dan penuh tekanan," ucap Alexandra. 

3. Roger berharap masyarakat tidak termakan berita hoax, sehingga semakin memicu kepanikan

3. Roger berharap masyarakat tidak termakan berita hoax, sehingga semakin memicu kepanikan
Instagram.com/cutratumeyriska

Tak hanya melakukan galang dana, Roger juga meminta banyak orang untuk lebih bijak dalam membedakan berita. Dirinya hanya ingin banyak orang termakan berita-berita hoax, sehingga akan membuat mereka semakin panik dalam menghadapi Covid-19. 

Be wise, begini cara membedakan berita palsu atau hoax:

1. Cek sumbernya.
2. Cek buktinya.
3. Cek silang informasi anda.
4. Andalkan media lokal.
5. Tidak semua “kenal” orang di otoritas kesehatan berwenang.
6. Pikirkan sebelum share.

Demi tidak meresahkan masyarakat terhadap berbagai fenomena yang sedang terjadi, maka ada baiknya selalu bijak setiap kali mendapatkan sebuah berita dalam bentuk apa saja. 

Cobalah untuk membuka pemikiran diri sendiri menjadi lebih terbuka. Selalu memastikan berita yang diterima, sebelum menyebarkannya kembali ke orang lain. 

Dengan rasa ingin tahu ingin, maka akan terbiasa untuk mengecek dan membandingkan berita tersebut baik dari siaran pers langsung atau dari media berita terpercaya

Itulah rangkuman dari kegiatan positif yang dilakukan oleh Cut Meyriska dan Roger. Semoga tips menghindari berita hoax dari Roger pun bisa diperhatikan dengan baik dan menjadi pembelajaran untuk diri sendiri. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.