Kaleidoskop 2019: 7 Lagu dari Anak Artis dengan Pesan Moral Positif

Ada yang menjadi lagu favorit si Kecil nggak nih, Ma?

13 Desember 2019

Kaleidoskop 2019 7 Lagu dari Anak Artis Pesan Moral Positif
Instagram.com/ney_neo/aku_naura

Tahun 2019 menjadi tahun yang penuh karya untuk para artis beserta anak-anaknya terlebih di dunia musik. 

Anak dari Mama Nagita Slavina, Ashanty, Widi Mulia, Artika Sari Devi, Wina Natalia hingga Nola Badly tahun ini mengeluarkan lagu mereka masing-masing dengan berbagai pesan positif untuk para pendengar. Apalagi perkembangan penyanyi cilik saat ini terus menarik perhatian karena banyak yang merindukan hadirnya lagu anak-anak. 

Jika Mama ingin mengetahui kaleidoskop 2019 mengenai beberapa penyanyi cilik serta lagunya dengan pesan moral yang positif, kali ini Popmama.com telah merangkum secara detail. 

Yuk Ma, disimak!

1. Abbey Ibrahim - Adikku Tersayang

Untukmu adik kecilku yang lucu
Kuberjanji akan menjaga dirimu
Teruntuk kamu adikku tersayang
Ku bersyukur Tuhan kirimkan dirimu

Abbey Ibrahim sempat merilis sebuah lagu berjudul Adikku Tersayang bersamaan dengan perayaan Hari Anak Nasional tepat pada tanggal 23 Juli 2019.

Ibrahim Imran atau yang sering dikenal sebagai Baim menciptakan lagu tersebut untuk putri pertamanya. Sementara itu, lirik lagunya pun ditulis buah pemikiran sang Mama yaitu Artika Sari Devi. Bisa dibilang ini sebagai bentuk kolaborasi keluarga yang penuh makna. 

Perlu Mama ketahui bahwa lagu tersebut terinspirasi dari hubungan cinta kasih kakak adik dari Abbey dan Zoe yang begitu tulus. Sebagai orangtua, Baim dan Artika akhirnya kemudian menuangkannya cinta kakak adik ini menjadi sebuah lagu anak-anak. 

Ada yang sudah mendengarkan lagu dari Abbey untuk Zoe ini? 

Baca juga: 

2. Arsy Hermansyah - Ayah Bundaku

Ayah Bunda larang aku
Nggak boleh marah marah
Ayah bunda larang aku
Nggak boleh suka ngambek
Harus jadi anak yang manis
Berbakti kepada orangtua

Begitulah lirik lagu berjudul Ayah Bundaku yang dinyanyikan oleh Arsy Addara Musicia Nurhermansyah. Lagu perdana dari Arsy ini merupakan ciptaan spesial dari kedua orangtuanya sebagai sebuah pengingat untuk menjadi seorang anak yang berbakti.

Layaknya anak-anak, video klip dari lagu ini pun dibuat begitu menggemaskan dengan animasi serta warna-warna yang ceria. Saat ditonton video klipnya sesuai dengan lirik lagu yang begitu positif dan bisa didengarkan oleh anak-anak lain. 

Jika Mama perhatikan, di lagu ini Arsy tak bernyanyi sendiri karena juga diisi oleh suara Ashanty dan Anang. Pasangan ini juga seolah memberikan sebuah nasihat ke dalam bentuk lirik lagu secara tidak langsung kepada Arsy. 

Semoga ke depannya, Arsy bisa kembali mewarnai musik anak di Indonesia.

Baca juga: Masih Kecil, Arsy Hermansyah Anak Ashanty Sudah Semakin Gemar Berhijab

Editors' Picks

3. Dru Sasono - Namaku Dru 

Namaku Dru
Ini aku, lahir sebelas tahun yang lalu
Ku di sini kan berjanji 
Jadi diri sendiri

Putra sulung dari pasangan aktor Dwi Sasono dan penyanyi Widi Mulia yang bernama Dru Prawiro Sasono atau yang akrab dipanggil Dru baru saja meluncurkan lagu perdananya. 

Namaku Dru diciptakan oleh Widi sebagai sebuah lagu yang menggambarkan seorang anak laki-laki ketika sudah beranjak ABG. Apalagi lagu ini benar-benar sesuai dengan usia Dru ketika sudah berusia 11 tahun. 

"Lagu ini mengungkapkan perasaan Dru saat melalui fase early adolescence di umur 11 tahun. Katanya, Dru kadang merasa 'nggak cukup' dengan dirinya sendiri dan cenderung merasa harus menyenangkan orang di sekitarnya," cerita Widi ketika ditemui di daerah Kemang dalam acara Launching SingleNamaku Dru pada (30/9/2019).

Saat ditemui, Widi juga bercerita kalau tema lagu Dru ini lebih mengarah tentang kebebasan dari kacamata seorang anak laki-laki. Lirik lagunya pun berdasarkan berbagai cerita menarik serta perasaan dari Dru. 

"Dru merasa sudah bukan anak-anak dan ia semangat sekali ngomong kalau di sekolahnya sedang diajarkan early adolescence," jelas Widi.

Lewat lagunya ini, Dru juga ingin sekaligus mengajak para anak-anak Indonesia untuk memberikan pesan positif untuk mengejar mimpi dan belajar lebih giat. 

"Di lagu ini ada lirik 'ikutlah berlari bersamaku, kita kejar ilmu sampai jauh' itu artinya mengajak untuk belajar lebih keras sampai bisa mewujudkan cita-cita. Jadi ingin banget membagikan hal positif ke orang banyak termasuk anak-anak," jelas Dru. 

Menurut sang Mama, project lagu perdana dari Dru ini menjadi momen dalam meningkatkan bonding satu sama lain di keluarga. Adanya keterlibatan anak dan orangtua tanpa disadari dapat meningkatkan kualitas hubungan antara satu dengan yang lain.

Pesan moral yang ingin diberikan oleh Dru sekeluarga begitu positif ya, Ma. 

Baca juga: Sempat Malu & Tak Percaya Diri, Dru Sasono Akhirnya Rilis Lagu Perdana

4. Naura - Dikelilingi Cinta

Coba pejamkan matamu
Hitung karunia yang
Tuhan berikan
Semua dalam hidup ini
Terkadang kita lupa
Untuk mensyukurinya

Penyanyi cilik Adyla Rafa Naura Ayu atau Naura kini sudah beranjak remaja. Di usianya yang genap 14 tahun membuat Naura semakin produktif dengan berbagai karya-karyanya di dunia musik hingga perfilman Indonesia.

Saat semua fans Naura yang tergabung ke dalam sebuah kelompok bernama Teman Naura semakin tidak sabar menantikan Konser Dongeng 4, putri pertama dari pasangan Riafinola Ifani Sari  dan Baldy Mulya Putra ini kembali mengeluarkan sebuah lagu baru berjudul Dikelilingi Cinta

"Seneng banget ‘Dikelilingi Cinta’ rilis dan aku merasa lagu ini spesial banget karena aku sering dapat curhatan-curhatan insecure dari Teman Naura, sahabat-sahabat aku dan bahkan aku sendiri. Ketika aku nyanyiin lagu ini, aku jadi sadar kalau ternyata aku tuh selalu dikelilingi dengan cinta dan aku jadi bersyukur banget," tulis Naura di salah satu unggahan Instagram pribadinya. 

Lagu terbaru dari Naura ini seolah mengingatkan para pendengar bahwa hidup itu tak selalu sempurna. Apalagi kadang-kadang bisa saja hidup sangat menyenangkan dan tak sering merasa sangat berat untuk dijalani. 

Naura pun sebagai penyanyi yang tengah beranjak remaja sering mengalami beragam hal yang kadang membuatnya merasa "kurang". Tak jarang segala hal yang ada dipikirannya membuat dia merasa tidak percaya diri bahkan meragukan kemampuannya. Lewat lagu terbarunya, Naura mencoba berkontemplasi dengan segala kegundahannya dan mencoba mensyukuri nikmat sang Pencipta.

Baca juga: Naura dan Nola Baldy Kompak Tak Pedulikan Haters

5. Neona - Asyik Aja

Hey, jangan kau bersedih

Dunia tak berhenti berputar

Kadang sedih, oh banyak senangnya

So chill man,

Yang penting kita asyik aja

Anodya Shula Neona Ayu yang dikenal dengan nama Neona ini lahir tanggal 13 Juni 2009. Sebagai anak bungsu dari pasangan Riafinola Ifani Sari dan Baldy Mulya Putra, Neona pun banyak mengeluarkan lagu dengan berbagai pembelajaran positif untuk anak-anak. 
 
Neona memulai debut musiknya yang berjudul Aduh Neik berhasil menembus lebih dari 16 juta penonton. Kemudian pada tahun 2017, Neona kembali dengan lagu terbarunya yang berjudul Ada Deh dengan menampilkan musik video yang lebih berwarna dari sebelumnya dan tempo lagu upbeat.

Bicara soal musik, Neona bisa dibilang paling fleksibel dalam membawakan berbagai genre lagu yang ada. Sukses dengan single-single yang lebih RnB, Neona juga sempat tampil membawakan lagu yang cukup manis berjudul Kasih Ibu

Lagu terbaru yang sempat dirilis oleh Neona pada bulan Oktober 2019 berjudul Asyik Aja. Jika diperhatikan lagu tersebut bernuansa reggae. 

Lagu berjudul Asyik Aja ini menceritakan tentang keluh kesah Neona yang mungkin juga banyak dialami oleh banyak orang. Keluhan dilirik lagu ini pun beragam, mulai dari gagal jalan keluar karena hujan atau bete karena mendapatkan nilai jelek di kelas. Melalui lagu terbarunya, Neona mengajak semua pendengar untuk tidak mudah berputus asa dalam menghadapi segala masalah.

Baca juga: 

6. Rafathar - Cinta Mama Papa

Mama Papa jangan marah marah
Mama Papa jangan marah marah
Rafathar cinta mama, rafathar Cinta Papa

Lagu perdana dari Rafathar yang rilis di bulan September tahun 2019 ini seolah menjadi bentuk syukur dari seorang anak kepada orangtuanya. 

Jika diperhatikan lirik demi liriknya terlihat kalau Rafathar begitu mengagumi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sebagai orangtua yang begitu sayang pada anak pertamanya, video klip dari lagu Cinta Mama Papa ini pun dibuat sebagai memori kecil yang dibuat oleh Raffi dan Nagita untuk Rafathar. 

"Rafathar harus ingat kalau Mama dan Papa akan selalu sayang sama Rafathar," ucap Raffi 

Bentuk syukur yang dibalut dengan lirik yang menggemaskan ya, Ma. 

Baca juga: Nagita Slavina Bahas Soal Sunat, Rafathar Langsung Panik dan Histeris

7. Saga - Lagu Ikan

Aku punya ikan
Ikannya lucu banget
Ikannya banyak banget
Akunya sayang banget

Usai merilis lagu berjudul Telur Dadar, Saga Omar Nagata yang merupakan anak dari pasangan Anji Manji dan Wina Natalia ini kembali merilis karya terbarunya. 

Saga di awal tahun 2019 merilis karya musik terbaru berjudul Lagu Ikan. Lagu anak-anak ini menceritakan tentang kesukaan dan rasa sayangnya terhadap ikan-ikan peliharaan. 

Lagu ini seolah menjadi sebuah bentuk pembelajaran agar anak-anak bisa belajar mencintai hewan sejak usia dini. Tak hanya itu, lagu terbaru dari Saga pun menjadi ajakan untuk para anak-anak seusianya untuk belajar mengenal berbagai nama ikan yang ada di Indonesia, mulai dari ikan gabus sampai ikan dori.  

Selain merilis Lagu Ikan, Saga pun merilis sebuah game edukasi anak yang berhubungan dengan ikan. 

Itulah beberapa rangkuman kaleidoskop Popmama.com mengenai 7 lagu dari anak artis Indonesia yang memiliki pesan moral sepanjang tahun 2019 ini. 

Semoga beberapa karya dari Abbey Ibrahim, Arsy Hermansyah, Dru Sasono, Naura, Neona, Rafathar dan Saga bisa menjadi pengingat untuk anak-anak Indonesia dengan berbagai pembelajaran dari pesan dari lagu mereka. 

Semoga di tahun 2020 akan lebih banyak lagu anak dengan pesan moral yang baik ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.