5 Kebiasaan Setelah Gajian yang Bikin Uang Bertahan hingga Akhir Bulan

Uang gajian jangan sampai berlalu begitu saja, simak siasat agar uang bertahan lebih lama

22 November 2021

5 Kebiasaan Setelah Gajian Bikin Uang Bertahan hingga Akhir Bulan
Pixabay/Eko Anug

Mengatur gaji memang susah-susah gampang ya, Ma. Kalau tidak diatur dengan baik, maka uang gajian akan bertahan sebentar dan mudah sekali habis. 

Tidak selalu fokus dengan gaji yang didapat selama sebulan, namun penting sekali untuk bisa mengelolanya dengan sebaik mungkin. 

Sebagai perencana keuangan, Melvin Mumpuni termasuk orang yang senang berbagi konten-konten menarik terkait finansial. Konten yang diunggah oleh Melvin pun dapat bermanfaat untuk belajar lebih jauh untuk merencanakan keuangan lebih baik lagi. 

Belum lama ini, Melvin sempat membagikan ritual seru yang dilakukannya agar uang gajian bisa tetap bertahan hingga akhir bulan. 

Jika Mama ingin ingin mengetahui beberapa kebiasaan setelah gajian agar uang bisa bertahan lama, kali ini Popmama.com telah merangkum tips dari Melvin Mumpuni. 

Penasaran seperti apa? Disimak dan diperhatikan dengan baik yuk, Ma!

1. Buatlah anggaran setiap kali menerima gaji  

1. Buatlah anggaran setiap kali menerima gaji  
Freepik

Usai mendapatkan gaji, tak jarang banyak keluarga menjadikan momen ini sebagai waktu yang tepat untuk membeli keperluan rumah dalam rangka belanja bulanan. 
Belum lagi kalau ada barang-barang yang sedang diincar dan membuat uang gajian menjadi lebih cepat habis sebelum akhir bulan.

Dalam unggahan lima ritual sehabis gajian versi Melvin, dirinya menjelaskan bahwa penting sekali untuk membuat anggaran. Setiap kali menerima gaji, maka buatlah anggaran untuk lebih mengatur finansial.  

"Berapa pun uang kamu, perlu dianggarkan. Jika kita tidak bisa mengatur rezeki yang dirasa masih kecil, maka kita tidak bisa mengatur rezeki yang lebih besar," jelas Melvin.

Dengan mengatur anggaran dengan baik setiap kali sudah menerima gaji bisa membantu finansial lebih aman hingga akhir bulan. 

Editors' Picks

2. Memberikan donasi atau berbagi rezeki ke orang lain yang membutuhkan

2. Memberikan donasi atau berbagi rezeki ke orang lain membutuhkan
Freepik/Maksymiv-yura

Ketika sudah membuat anggaran keuangan setelah gajian, maka perlu juga untuk menyisihkan uang untuk berdonasi atau berbagi rezeki ke orang lain yang membutuhkan. 

"Kalau mau berdonasi, apakah harus menunggu uangnya besar? Kalau aku mulai membiasakan donasi online," kata Melvin. 

Dengan banyaknya cara berdonasi di era digital ini, Mama bisa memanfaatkannya dengan baik sesuai kebutuhan. 

3. Cobalah buat prioritas untuk melakukan investasi

3. Cobalah buat prioritas melakukan investasi
Pixabay/hamiltonleen

Jika Mama ingin mempunyai tabungan jangka panjang untuk kehidupan anak ke depannya, maka penting sekali untuk melakukan investasi. 

Menurut Melvin, ini bisa dilakukan apabila dana darurat sudah dirasa aman dan mencukupi. Dengan banyaknya pilihan investasi yang ada, Mama perlu memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.  

"Karena dana darurat sudah aman, jadi boleh langsung investasi. Buat aku investasi itu bukan disisihkan atau disisakan, tetapi menjadi prioritas," ucap Melvin. 

4. Tetap taat untuk membayar credit card

4. Tetap taat membayar credit card
Feepik/wirestock

Sebagai seseorang yang ahli dalam mengelola keuangan, ada tips lain yang dibagikan oleh Melvin melalui unggahannya di Instagram. 

Poin keempat yang masuk ke dalam ritual setiap kali habis gajian, Melvin selalu taat untuk membayar credit card. 

"Caraku pakai kartu kreatif adalah mengubah semua pembayaran rutin (air, internet, telepon, dll) ke kartu kredit. Supaya tidak ada lagi telat bayar," jelas Melvin. 

Cara ini bisa menjadi alternatif tersendiri nih, Ma. 

5. Upgrade diri sendiri ke arah yang lebih baik

5. Upgrade diri sendiri ke arah lebih baik
Freepik/diana.grytsku

Apabila Mama masih memiliki uang yang cukup untuk digunakan untuk memperkaya nilai diri sendiri, khususnya dalam menambah ilmu. Cobalah untuk mencari kegiatan positif yang memang disukai, sisihkan uang agar bisa mengikuti kegiatan tersebut. 

"Kalau caraku adalah ikut webinar, beli audiobook, online course atau beli apa saja yang bisa menambah nilai diri kita," kata Melvin. 

Kegiatan positif yang bisa dilakukan melalui online pun dapat menambah nilai diri sendiri, termasuk meningkatkan kemampuan baru. Namun, Mama tetap perlu pastikan untuk mempunyai waktu luang yang cukup. 

Itulah beberapa rangkuman terkait kebiasaan setelah gajian yang membantu uang bertahan hingga akhir bulan. Bahkan anggaran finansial pun dapat digunakan ke kegiatan yang bermanfaat, bahkan bisa menambah nilai diri sendiri. 

Semoga tipsnya bisa membantu ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.