hanco

Tak Hanya Menjaga Kesehatan Jantung, Ini 7 Manfaat Jus Ceri

Buah ceri memberikan nutrisi untuk tubuh nih, Ma!

14 November 2019

Tak Ha Menjaga Kesehatan Jantung, Ini 7 Manfaat Jus Ceri
Pixabay/StockSnap

Mengonsumsi buah tentu baik karena membantu tubuh dalam memenuhi segala nutrisi yang diperlukan untuk beraktivitas. Dengan berbagai jenis buah yang ada pun seharusnya tubuh semakin diperkaya dengan segala nutrisi. 

Salah satu buah yang bisa memberikan nutrisi yaitu buah ceri. Buah yang seringkali terdapat di atas kue tart ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus segar bernutrisi. 

Walau ada banyak yang sudah mengonsumsi buah ceri sebagai salah satu camilan sehat, namun sayangnya masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui manfaat dari buah ini. 

Jika Mama ingin mencari tahu manfaat yang didapat dari dalam buah ceri ketika dikonsumsi, kali ini Popmama.com akan menjelaskan beberapa khasiat positif dari buah berwarna merah ini. 

1. Sebagai obat tidur yang alami

1. Sebagai obat tidur alami
Freepik/nensuria

Kesulitan tidur menjadi salah satu gangguan yang tidak bisa disepelekan karena dapat mengganggu kesehatan serta kinerja anggota tubuh lainnya. Ketika mengalami kesulitan, maka bisa mengonsumsi buah ceri karena dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur. 

Buah ceri bisa dikonsumsi secara langsung sebagai camilan atau diolah menjadi jus. Dilansir dari Healthline, kandungan melatonin pada buah ceri sebagai hormon mampu berperan dalam mengatur siklus pola tidur dan bangun pada tubuh. 

Jika merasa memiliki masalah tidur, maka dianjurkan untuk mengonsumsi setengah gelas jus ceri untuk meningkatkan kualitas tidur lebih baik. 

2. Meringankan nyeri sendi atau arthritis

2. Meringankan nyeri sendi atau arthritis
Pixabay/ExplorerBob

Nyeri sendi atau arthritis memang sering sekali terjadi pada orang dewasa, sehingga membuat segala aktivitas kesehariannya menjadi tidak nyaman. Jika Mama sedang mengalami masalah pada bagian sendi, maka jus buah ceri bisa menjadi alternatif pilihan untuk meringankan rasa nyeri. 

Kandungan flavonoid dan antosianin pada buah ceri memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mampu membantu kerusakan oksifatif yang memicu rasa nyeri. Jika ingin rasa nyeri bisa teratasi dengan baik, ada baiknya jus buah ceri bisa dikonsumsi setiap hari. 

Sebuah penelitian pun telah membuktikan bahwa meminum jus buah ceri secara rutin mampu mengurangi peradangan dan membantu rasa nyeri teratasi dengan baik. 

3. Membantu dalam mempertajam memori atau ingatan secara signifikan

3. Membantu dalam mempertajam memori atau ingatan secara signifikan
Pixabay/TheDigitalArtist

Warna merah dari kulit ceri tidak hanya mampu mempercantik penampilannya saja sebagai sebuah buah, namun buah ini juga memiliki khasiat untuk meningkatkan memori atau ingatan secara siginifikan. 

Para ilmuwan percaya, bahwa nutrisi dalam buah ceri mampu melindungi bagian otak yang berkaitan dengan memori terhadap kerusakan. Hal ini karena ada kandungan antosianin, sehingga membantu kinerjanya dalam mempertajam daya ingat serta fungsi otak menjadi lebih optimal. 

Editors' Picks

4. Menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung 

4. Menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung 
stack.com

Buah ceri seringkali ditemukan sebagai bahan olahan makanan, minuman hingga bahan produk kecantikan. Rasanya yang enak membuat orang banyak menyukai buah ceri apalagi dengan nutrisi yang beragam seperti kalium, antioksidan, vitamin C serat dan fitokimia.

Dengan berbagai nutrisi yang ada di dalam buah ceri, maka manfaat positif lainnya yang bisa didapat yaitu mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung. Perlu diketahui bahwa tingginya kandungan antioksidan pada buah ceri mampu memberikan kesehatan untuk kinerja jantung. 

Tak hanya antioksidan, buah ceri juga mengandung antosianin yang membantu mengatur dalam metabolisme glukosa, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Camilan sehat rendah kalori yang mampu melawan radikal bebas

5. Camilan sehat rendah kalori mampu melawan radikal bebas
independent.co.uk

Warna merah yang menjadi sangat khas dari buah ceri memiliki tinggi akan kandungan antosianin. Bukan hanya sebagai camilan sehat saja, namun kandungan antosianin yang sejenis antioksidan mampu melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh seseorang akibat stres oksidatif.

Sebuah jurnal Nutrients yang diteliti pada tahun 2018 mengatakan bahwa kandungan nutirisi di dalam buah ceri disebut rendah kalori, sehingga aman dijadikan camilan untuk seseorang yang takut gemuk. 

6. Mengurangi potensi terjadinya nyeri otot 

6. Mengurangi potensi terjadi nyeri otot 
Pixabay/Arembowski

Untuk Mama yang memiliki hobi olahraga seringkali berpotensi mengalami nyeri otot usai menjalani latihan. Demi mengurangi potensi yang bisa memicu nyeri otot, maka rutin mengonsumsi jus ceri busa menjadi alternatif. 

Jika mengonsumsi jus ceri, maka potensi mengalami nyeri otot akan lebih ringan dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. 
Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung pada buah ceri mampu mengurangi nyeri otot. 

Bahkan buah ceri memiliki efek perlindungan dalam mengurangi kerusakan otot dan nyeri sewaktu latihan olahraga berat.

7. Menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh 

7. Menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh 
ironman.com

Mengonsumsi jus buah ceri secara rutin dengan kandungan antioksidan yang tinggi tidak hanya ampuh untuk melawan kanker saja. Namun, buah ceri yang diolah menjadi jus memiliki manfaat lain yaitu mampu menueunkan tekanan darah.  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa buah ceri memiliki kandungan polifenol yang tinggi, sehingga diyakini mampu menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan oleh tubuh ketika mengonsumsi buah ceri secara rutin. Tanpa disadari buah yang sering dijadikan camilan ini mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki segudang nutrisi. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!