Selain Menurunkan Risiko Kanker, Begini Manfaat Lain dari Jeruk Nipis

Bentuknya yang kecil memiliki manfaat positif untuk kesehatan nih, Ma!

24 Januari 2022

Selain Menurunkan Risiko Kanker, Begini Manfaat Lain dari Jeruk Nipis
Unsplash/rawpixel

Bentuk jeruk nipis yang berukuran kecil tidak boleh diremehkan karena dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satu khasiat yang bisa didapat ketika mengonsumsi jeruk nipis yaitu dapat menurunkan risiko kanker. 

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan sel abnormal dapat berkembang di bagian tubuh mana saja, mulai dari payudara, paru-paru dan ginjal. Jika sel kanker sudah dibiarkan, maka pelan-pelan akan membahayakan diri sendiri. 

Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi jeruk nipis karena mampu menurunkan risiko perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline, kandungan antioksidan di dalam air jeruk nipis dapat membantu untuk menjaga fungsi sel berkembang secara lebih optimal, meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari radikal bebas hingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.  

Tak haya itu, Mama pun dapat merasakan khasiat positif lainnya ketika mengonsumsi jeruk nipis bagi kesehatan. Untuk yang penasaran, kali ini Popmama.com telah merangkum. 

Wajib disimak nih!

1. Mencegah dehidrasi agar otak bekerja lebih optimal

1. Mencegah dehidrasi agar otak bekerja lebih optimal
Pixabay/congerdesign

Jeruk nipis cukup mudah dijumpai, sehingga manfaatnya untuk kesehatan bisa didapat. Perasaan air dengan perasan sari buah ini bermanfaat karena mampu mencegah tubuh terkena dehidrasi. 

Rasa perasaan air jeruk nipis yang asam dan segar seringkali penikmatnya meminum lebih banyak bahkan dibandingkan air putih. Di dalam jeruk nipis pun terdapat kandungan magnesium dan potasium tinggi, sehingga membantu sistem otak berfungsi lebih optimal. 

Saat meminumnya, perasaan air jeruk nipis dapat membuat seseorang lebih fokus hingga memiliki energi yang cukup ketika beraktivitas sehari-hari. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan sistem imun tubuh selama beraktivitas

2. Meningkatkan sistem imun tubuh selama beraktivitas
pixabay.com/jdj_land

Semua jenis jeruk termasuk jeruk nipis mengandung cukup tinggi akan vitamin C. Sebuah penelitian mengatakan bahwa jeruk nipis dapat bermanfaat untuk anti-inflammatory yang mempermudah tubuh dalam meregenerasi sel, sehingga saat sakit bisa kembali sembuh lebih cepat.

Bahkan rutin mengonsumsi minuman vitamin C terbukti memberikan berbagai asupan sumber terbaik untuk tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jeruk nipis dapat meningkatkan sistem imun.

Menurut penelitian dari The Children’s Hospital of Philadelphia (CHP) yang dilansir dari Natural News, ibu hamil yang mengonsumsi antioksidan seperti di dalam jeruk nipis sebelum dan selama masa kehamilannya dapat mencegah anak terkena diabetes serta mengurangi kondisi tubuh obesitas. 

Selain itu, kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis mampu membunuh mikroba penyebab penyakit dan mampu menjaga tubuh selama menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. 

Baca juga: Demi Nutrisi Ibu Hamil, 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

3. Mampu menurunkan berat badan secara alami

3. Mampu menurunkan berat badan secara alami
skyhinews.com

Beberapa penelitian mengatakan bahwa jeruk nipis terdapat kandungan asam sitrat, sehingga mampu meningkatkan metabolisme. Kandungan ini tentu membantu untuk membakar kalori serta menyimpan lemak dalam jumlah yang lebih sedikit. 

Pembakaran lemak dalam tubuh akan berproses usai mengonsumsi jeruk nipis dan membentuk tubuh menjadi ideal. Selain berusaha mengonsumsi jeruk nipis, Mama juga perlu aktif berolahraga serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. 

Baca juga: Pernah Mencoba Diet Air Putih? Hati-Hati, Berbahaya untuk Kesehatan!

4. Kandungan vitamin C mampu meredakan gejala peradangan 

4. Kandungan vitamin C mampu meredakan gejala peradangan 
Unsplash/rawpixel

Sebuah penelitian yang dimuat di dalam jurnal berjudul Annals of the Rheumatic Disease mengatakan bahwa asupan vitamin C yang dikonsumsi dalam jumlah sedikit, maka berisiko menyebabkan arthritis. 

Untuk itu, perlu disadari bahwa air perasan jeruk nipis dapat mengurangi kadar asam urat. Apalagi jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi purin seperti jamur, hati, daging hingga berbagai jenis kacang-kacangan. 

Selain asam urat dan radang sendi, manfaat setelah mengonsumsi air jeruk nipis yaitu mampu mengurangi berbagai gejala penyakit inflamasi atau peradangan seperti penyakit sendi lainnya. Asupan vitamin C yang cukup mampu membantu Mama sekeluarga untuk meredakan gejala peradangan dari berbagai penyakit. 

Baca juga: 

5. Membantu untuk mencerahkan kulit wajah

5. Membantu mencerahkan kulit wajah
Freepik

Menurut Organic Facts, air jeruk nipis memiliki antiseptik alami dan berkhasiat untuk membantu mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C dan flavonoid pun mampu memperkuat kolagen dengan begitu dapat membantu menghidrasi dan meremajakan kulit. 

Lalu kandungan antioksidan di dalam jeruk nipis mampu mengurangi jerawat dan komedo, sehingga kulit Mama terlihat lebih sehat. Antiseptik alami di dalam air jeruk nipis juga dapat mengurangi bengkak serta sakit akibat gigitan lebah hingga mengobati luka bakar.  

Itulah beberapa rangkuman dari manfaat jeruk nipis yang berguna bagi kesehatan. Semoga khasiat dari perasan air jeruk nipis mampu memproteksi keluarga di rumah semakin lebih sehat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk