Eksklusif: Zee Zee Shahab Buka-Bukaan Soal Mengapa Tak Percaya ART

Pasangan ini tetap kompak jalani kebutuhan keluarga tanpa ART

2 Juli 2019

Eksklusif Zee Zee Shahab Buka-Bukaan Soal Mengapa Tak Percaya ART
Popmama.com/Michael Andrew

Bantuan Asisten Rumah Tangga (ART) menjadi sesuatu yang sangat diperlukan untuk sebagian keluarga untuk membantu segala kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika semua orang di rumah cukup sibuk dengan pekerjaan masing-masing, urusan serta kebutuhan rumah menjadi lebih mudah dengan adanya ART.  

Walau lumrah memiliki asisten rumah tangga di rumah, namun ada juga yang berusaha melakukan semua pekerjaan serta kebutuhan keluarga sendiri. Zee Zee Shahab dan Prabu Revolusi menjadi salah satu pasangan yang tidak menghadirkan keberadaan asisten rumah tangga di dalam keluarganya. 

Walau sudah bertahun-tahun tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga, Zee Zee mengaku baik-baik saja. Bahkan dirinya dapat melakukan semuanya bersama bantuan dari pasangan dan juga keluarga. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui keseharian dari Zee Zee Shahab ketika tidak menggunakan jasa ART, kali ini Popmama.com telah mewawancarai dirinya secara eksklusif disela-sela pemotretan Millennial Mama of the Month Edisi Juni 2019

Penasaran seperti apa? Intip ceritanya yuk, Ma!

1. Pengaturan jadwal yang jelas menjadi salah satu kunci hidup saat tak ada ART

1. Pengaturan jadwal jelas menjadi salah satu kunci hidup saat tak ada ART
Popmama.com/Michael Andrew

"Kita berdua berusaha membagi peran dan perlu mengetahui kegiatan masing-masing seperti hari ini mau ke mana dan ngapain, anak perlu dibawa atau nggak. Setiap hari pembahasan aku dan suami lebih ke 'kamu mau ke mana hari ini?' Bahkan kalau keduanya nggak bisa bawa anak, maka harus dititip," ucap Zee Zee ketika diwawancarai disela-sela photoshoot. 

Pengaturan jadwal antara Zee Zee dan sang Suami pun harus jelas untuk mempermudahkan keduanya dalam bekerja dan mengurus anak. Tak jarang keduanya berusaha saling titip menitip misalnya saja Zee Zee harus photoshoot, maka anak-anak akan dijaga oleh Prabu begitupun sebaliknya. Secara teknis, pengaturan jadwal yang jelas serta komitmen menjadi kunci kompak ketika tanpa bantuan asisten rumah tangga. 

"Ini semua sebenarnya seru dijalani karena bisa menjadi pengalaman sampai nanti anak-anak sudah dewasa," katanya.  

Cara seperti Zee Zee dan Prabu yang berusaha mengatur jadwal pekerjaan serta mengurus anak bisa ditiru nih, Ma. 

Baca juga: 

Editors' Picks

2. Zee Zee Shahab belum percaya dan berani menggunakan ART

2. Zee Zee Shahab belum percaya berani menggunakan ART
Popmama.com/Michael Andrew

Belum berani dan sulit percaya terhadap orang lain menjadi salah satu alasan dari Zee Zee Shahab yang hingga saat ini belum mau menggunakan asisten rumah tangga di keluarganya. 

"Sekarang cukup susah untuk dapat yang benar-benar bisa dipercaya, nurut dan dapat menjaga anak dengan baik. Kalau dalam hal menjaga kedua anakku, aku memang nggak berani kalau sampai harus dipegang sama orang lain yang belum bisa dipercaya. Aku lebih baik minta tolong sama kakak, Mama atau adik-adik, jadi sebisa mungkin tidak menggunakan bantuan dari orang lain yang kita nggak kenal," jelas Zee Zee saat menjelaskan alasan tidak menggunakan bantuan ART. 

Kalau pun memang situasinya genting, Zee Zee akan selalu berusaha untuk menitipkan anak-anak bersama sang Mama.

Tanpa menggunakan ART di rumah, Zee Zee sangat menikmati perannya sebagai ibu rumah tangga dengan berbagai keperluan keluarga termasuk mengurus anak-anaknya. Bahkan Zee Zee pun akan berniat untuk mengajarkan anak pertamanya belajar cuci piring sendiri sebelum masuk SD. 

Baca juga: Tak Pernah Menghukum, Begini Cara Unik Zee Zee Shahab Mendidik Anak!

3. Zee Zee Shahab kompak dengan suami walau tanpa ART

3. Zee Zee Shahab kompak suami walau tanpa ART
Popmama.com/Michael Andrew

Bagi Zee Zee, dirinya dan sang Suami cukup bisa dikatakan tim yang kompak tanpa adanya asisten rumah tangga. Keduanya berusaha untuk meminimalisir berbagai drama dengan membangun kerjasama sebagai suami istri dan sebuah tim. 

"Lumayan bisa dibilang tim yang kompak sih sama suami. Maksudnya dalam 8 tahun belakangan ini dan belum kepikiran sama sekali untuk menggunakan jasa ART, jadi menurut aku kita berdua kompak.

Kehidupan tanpa asisten rumah tangga mungkin tidak hanya terjadi pada kehidupan keluarga Zee Zee, ada juga keluarga yang memiliki pengalaman serupa. Dengan adanya komunikasi, kompak dan kerja sama yang baik tentu semua dapat dinikmati tanpa hambatan. 

"Dinikmati aja sih intinya ketika di rumah harus bekerja sama tanpa bantuan ART. Kalau dinikmati pasti semuanya bisa dikerjakan dengan baik dan yang paling penting yaitu peran dari orang terdekat kalau suaminya mau membantu dan bisa melakukan sesuatu di rumah, maka semuanya akan baik-baik saja. Terus juga kalau keluarga yang lain bisa membantu pasti semua akan berjalan dengan lancar tanpa kendala," ucap Zee Zee. 
 
Begitulah cerita unik dari Zee Zee ketika berbicara mengenai kehidupan keluarganya tanpa kehadiran asisten rumah tangga. Kalau Zee Zee saja bisa dengan segala kesibukannya, kira-kira Mama siap tanpa asisten rumah tangga nggak nih?

#MillennialMama of the Month Edisi Juni 2019 – Zee Zee Shahab
Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Sarrah Ulfah, Onic Metheany
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Ursula Natasha
Art Designer – Rama Rafael
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
All wadrobe by Itang Yunasz, Cottonink, Mothercare
Accessories - House of Jealouxy
Location -  Siku Dharmawangsa

#MillennialMama of the Month

Zee Zee Shahab
Millennial Mama

Zee Zee Shahab

"Gunakanlah media sosial dengan bijak"

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;