Fakta Wagyu, Daging Sapi yang Dianggap Terbaik di Dunia

Daging wagyu selalu menjadi pilihan untuk menikmati steak yang bercita rasa tinggi

23 November 2020

Fakta Wagyu, Daging Sapi Dianggap Terbaik Dunia
Dok. Holycow

Daging sapi turun temurun peradaban manusia memang telah digunakan sebagai menu yang bisa dikatakan mewah. Selain karena faktor kandungan gizinya yang baik, daging sapi juga terkenal akan kelezatannya bila dimasak sedikian rupa. 

Tak ayal saat ini harga dagingnya pun lebih mahal dibanding hewan konsumsi lainnya seperti kambing atau ayam. Lalu apakah Mama pernah mencoba Wagyu? 

Wagyu berasal dari negeri matahari terbit, Jepang dan dianggap oleh banyak orang sebagai daging sapi terbaik di planet ini. Dengan arti nama Wa yang berarti "Jepang" dan Gyu yang bermakna "sapi", daging ini dapat ditemukan pada banyak jenis makanan di Jepang.

Lantas bagaimana kisahnya hingga dari Jepang dapat mendunia, ada apa dengan Wagyu yang menjadikannya daging sapi paling dicari di dunia?

Untuk itu Popmama.com akan beri ulasannya dalam artikel di bawah ini, simak ya Ma. 

1. Tekstur seperti marmer

1. Tekstur seperti marmer
Unsplash/Jez Timms

Wagyu memang berbeda dengan jenis daging sapi lainnya Ma. Hal itu tampak dari dagingnya yang memiliki ciri khas karena teksturnya yang berbentuk marmer.

Marmer atau dalam bahasa inggris berarti marbling mengacu pada lapisan lemak intramuskular yang terlihat. 

Bukan lemak luar daging yang biasa dibuang dan bukan juga lemak antara sela otot yang berbeda, ini adalah lemak yang ditemukan di otot. Karena genetika sapi yang unik, daging tersebut mengandung persentase asam lemak yang lebih tinggi daripada daging sapi biasa, sehingga memberikan nilai marmer yang lebih tinggi. Semakin tinggi skor marblingnya, semakin beraroma, empuk dan juicy dagingnya.

Editors' Picks

2. Tinggi lemak yang bisa jadi alternatif makanan untuk diet

2. Tinggi lemak bisa jadi alternatif makanan diet
Unsplash/Donald Giannatti

Ya Ma, betul wagyu "tinggi lemak".  Daging sapi wagyu tinggi lemak, dan sebenarnya itu adalah hal yang baik.

Meskipun dalam banyak konten kesehatan mungkin membuat kita takut pada apa pun yang mengandung kata 'lemak', nutrisi modern membuktikan bahwa lemak yang tepat dalam jumlah sedang bermanfaat dan penting untuk diet yang sehat.

Memang tinggi lemak tapi persentase asam lemak omega-3 lebih sedikit ketimbang omega-6 yang lebih tinggi dan ini mengatakan bahwa lebih banyak lemak tak jenuh tunggal dibandingkan daging sapi jenis lainnya. 

Lemak lembut ini memiliki titik leleh rendah dan tidak hanya menciptakan tekstur yang indah pada dagingnya saja, tetapi juga menyimpan sebagian besar rasa nikmat yang pernah kamu rasakan. 

3. Meleleh di mulut membuat pengalaman makan yang nyaman

3. Meleleh mulut membuat pengalaman makan nyaman
Unsplash/Charlie Solorzano

Berkat tekstur marmer dan persentase lemak yang tinggi, daging sapi Wagyu terasa empuk, gurih, dan amat menggiurkan.

Kamu pastinya tak menginginkan pesta mengunyah ini menimbulkan keringat kan Ma. Kamu pasti ingin sekali melaluinya dengan mudah. Pengalaman dalam menikmati rasa daging yang kaya di setiap suapannya  inilah yang membuat daging wagyu akan selalu lebih unggul dari patty daging sapi biasa. 

4. Wagyu asal Australia juga kerap menjadi spesial, kenapa?

4. Wagyu asal Australia juga kerap menjadi spesial, kenapa
Dok. Holycow

Ditemui secara virtual dalam peresmian steak Hotel by Holycow! TKP Radal di lokasi baru, Plaza 5, Jl. Margaguna Raya No.11, Gandaria Utara, Jakarta Selatan dengan konsep Meat Shop, Wynda Mardio.

Founder Steak Hotel by Holycow! ini menerangkan bahwa TKP Radal baru terdiri dari empat lantai yang lebih lapang dan nyaman serta dilengkapi dengan elevator untuk memudahkan konsumen saat berkunjung. Di restoran ini pengunjung dapat menikmati hidangan makan di tempat, memesan menu favorit untuk dibawa pulang ataupun pemesanan melalui mitra pesan antar, dan juga membeli langsung daging segar berkualitas di area Meat Shop.

Dalam kesempatan yang sama, Wynda juga menjelaskan mengenai keunikan dari wagyu Australia.  Ia menjelaskan bahwa Wagyu Australia memiliki keistimewaan karena berasal dari sapi yang diternakkan dengan pakan biji-bijian atau lebih dikenal dengan istilah grain-fed. 

"Wagyu Australia juga melalui proses aging (pelayuan daging) minimal 300 hari sehingga menghasilkan daging dengan tekstur marbling yang baik," kata Wynda. 

Ia juga memaparkan bahwa harga daging Wagyu Australia  juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Wagyu asal Jepang.

5. Wynda bagikan tips untuk membuat steak enak di rumah

5. Wynda bagikan tips membuat steak enak rumah
Dok. Holycow

Nah Ma, jika kamu ingin membuat makanan steak enak khas restoran steak ternama di Jakarta. Popmama.com dapat bocoran nih dari founder Holycow langsung.

"Untuk memasak steak wagyu ataupun jenis steak lainnya, pastikan daging sudah dalam keadaan thawing dan tidak beku," ujar Wynda. 

Wynda menambahkan untuk mendapat cita rasa istimewa, proses selanjutnya adalah keringkan daging dengan tissu dapur, dan jangan pernah mencuci daging karena akan merusak kualitasnya. Setelah itu daging steak bisa dimasak menggunakan oven, panggangan ataupun wajan sesuai selera. 

Itulah fakta menarik dari wagyu yang kerap disebut daging sapi terbaik di dunia. Cita rasa yang kaya membuat wagyu selalu jadi favorit banyak orang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.