Kasus Omicron di Jakarta Sudah Capai 200 Orang Lebih, Hati-Hati

Baik-baik Ma, Omicron sudah mulai mendekat

5 Januari 2022

Kasus Omicron Jakarta Sudah Capai 200 Orang Lebih, Hati-Hati
Freepik.com/@pikisuperstar

Waspadalah bagi kamu domisili DKI Jakarta atau yang beraktivitas di kota tersebut. Pasalnya Wagub (Wakil Gubernur) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patrua megatakan bahwa Pasien Covid-19 varian Omicron terus bertambah. Dirinya menyebut, pada Senin (3/1/2022) malam sudah ada 162 orang di DKI Jakarta yang terinfeksi varian Omicron.

"Seperti kita ketahui belakangan ini Omicron semakin meningkat. Di Jakarta sendiri kasusnya sudah 162 orang," kata Riza kepada wartawan, seperti dilansir dari IDN Times. 

Pada Selasa (4/1/2022), Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat kembali menyampaikan bahwa Kasus positif Omicron di DKI Jakarta meningkat menjadi 252 orang.

Riza Patria menyebut bahwa 239 adalah kasus impor dan 13 kasus lainnya dari transmisi lokal.
"Omicron di Jakarta sudah mencapai 252 totalnya. Yang dari kasus impor (import case) 239 kasus, transmisi lokal 13 kasus," kata Riza. 

Berikut Popmama.com sunting informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Omicron bertambah 27 orang per harinya

1. Omicron bertambah 27 orang per harinya
IDNTimes.com

Pada kesempatan sama Riza juga mengatakan bahwa pada Selasa (4/1/2022), ada penambahan 90 kasus Omicron. "90 orang," katanya.

Riza mengingatkan agar masyarakat untuk berhati-hati saat berpergian terutama saat ke luar negeri. "Jadi yang masih di luar negeri mohon menjadi perhatian. Jangan sampai di sana lepas masker, tidak melaksanakan prokes di luar negeri tahu-tahu nanti di sana kena omicron kemudian masuk Jakarta membawa Omicron," katanya.

2. Pengawasan proses karanina harus diperketat

2. Pengawasan proses karanina harus diperketat
IDNTimes.com

Dengan adanya tambahan kasus Omicron yang naik dengan signifikan ini, Riza meminta untuk memperketat karantina Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing) WNA, yang datang dari luar negeri. 

"Tidak ada lagi main-main soal karantina. Kita setuju dan kita mendukung," imbuh Riza dengan tegas.

3. Menurut data Kemenkes, di Indonesia kasus Omicron sudah mencapai 254

3. Menurut data Kemenkes, Indonesia kasus Omicron sudah mencapai 254
Pexels/Cottonbro

Menurut data Kementerian Kesehatan, kasus varian Omicron di Indonesia mencapai 254 orang.  Kemenkes mencatat bahwa sudah ada 92 kasus konfirmasi baru pada 4 Januari 2021.

"Total kasus Omicron menjadi 254 kasus terdiri dari 239 kasus dari pelaku perjalanan internasional dan 15 kasus transmisi lokal," kata juru bicara Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, dikutip dari laman resmi Kemenkes, Selasa (4/1/2022).

Menurut Nadia, mayoritas penularan masih didominasi pelaku perjalanan luar negeri. Nadia menambahkan dari hasil pemantauan, sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. "Gejala paling banyak adalah batuk (49%) dan pilek (27%)," ungkap dr Nadia.
 

Demikian informasi mengenai penyebaran varian Omicron di Jakarta dan di Indonesia. Semoga keluarga Mama tetap sehat dan jauh dari segala jenis macam penyakit ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk