Seorang Perempuan Inggris Dikabarkan Hilang Terseret Tsunami Tonga

Saat tsunami, ia hilang bersama anjing peliharaannya

17 Januari 2022

Seorang Perempuan Inggris Dikabarkan Hilang Terseret Tsunami Tonga
Dok. Istimewa

Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus dahsyat pada Sabtu (15/1/2022). Hal ini memicu tsunami di garis pantai Pasifik, bahkan hingga Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Peristiwa ini menyita banyak perhatian dunia, dikarenakan banyak orang memerlukan penyelamatan akibat skala tsunaminya yang cukup signifikan.

Salah satunya perempuan yang tinggal di Veitongo, Polinesia Island, dikabarkan belum ditemukan atau hilang pasca letusan dan tsunami Tonga.

Popmama.com sudah merangkum kabar yang dilansir dari dailymail.co.uk. Ini untukmu simak ya Ma.

1. Diterjang tsunami bersama dengan suaminya di rumah

1. Diterjang tsunami bersama suami rumah
Twitter.com

Kekhawatiran meningkat terhadap seorang pekerja sukarela Inggris yang dikabarkna hanyut ketika tsunami  Tonga yang dipicu oleh letusan gunung berapi yang terjadi sekali dalam seribu tahun ini membanjiri pulau Pasifik Tonga.

Angela Glover namanya (50), terakhir terlihat secara langsung oleh suaminya, James, ketika tsunami datang menerjang rumah mereka di pesisir pantai barat pulau Tongatapu, pulau utama Tonga.

Editors' Picks

2. Sudah hilang selama 48 jam

2. Sudah hilang selama 48 jam
Pexels/energepic.com

Dilansir dari theguardian.com, saudara laki-laki dari Angela Glover, mengatakan kepada Guardian bahwa dia sangat mengkhawatirkan keselamatannya.

“Apa yang kita lakukan setelah 48 jam kedepan? Saya tidak berpikir ini akan memiliki akhir yang bahagia,” kata Nick Eleini dengan emosional.

Saat itu Eleini yang tinggal di Sydney sedang melakukan perjalanan kembali ke Inggris bersama ibunya, Jennifer. 

Angela Glover, yang merupakan kakak perempuannya, tersapu tsunami bersama dengan suami dan lima pasang anjingnya.

“Tsunami melanda sekitar pukul 17.30 waktu setempat, saya yakin,” kata Eleini. Angela dan suaminya, James, hanyut. James bisa berpegangan pada pohon untuk waktu yang cukup lama, tetapi Angela tidak dapat melakukannya dan hanyut bersama anjing-anjing, kurasa empat atau lima anjing," tambah Eleini pada media.

3. Suaminya berhasil kembali ke rumah

3. Suami berhasil kembali ke rumah
Pexels/Pavel Danilyuk

Glover mengelola tempat penampungan penyelamatan hewan di Tonga, berdua dengan suaminya menghuni sebuah rumah di pantai barat pulau [Tongatapu, pulau utama Tonga]. 

Eleini bercerita kalau kabar hilang suadara perempuannya ini didengar langsung melalui suaminya yang berhsisl selamat. 

"James berhasil kembali ke rumah mereka yang berada tepat di selatan pulau, tetapi Angela tidak muncul. James menghubungi polisi dan kedutaan Inggris di sana, di mana dia dapat memberi tahu kami tentang apa yang terjadi," imbunya Eleini kembali. 

4. Salah satu anjing Glover diketemukan

4. Salah satu anjing Glover diketemukan
Dok. Istimewa

Eleini, yang menangis ketika dia berbicara tentang saudara perempuannya, mengatakan saat ini pencarian masih berlangsung. Sedikit petunjuk muncul ketika tim penyelamat berhasil menemukna salh satu anjingnya. 

“Salah satu anjing telah ditemukan, tetapi Angela belum ditemukan. Ini menyiksa. Aku bahkan tidak percaya kata-kata itu keluar dari mulutku, jujur ​​saja," ucap Eleini. 

Berita ini muncul ketika Australia dan Selandia Baru sama-sama berupaya mengirim bantuan dengan pesawat pengintai ke wilayah tersebut.

Sebagai informasi ghnung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai meletus Sabtu (15/1) sore waktu setempat (Sabtu pagi GMT) dan memicu gelombang tsunami yang melintasi Pasifik dan menyelimuti pulau-pulau sekitarnya dengan abu tebal.

Gunung Hunga Tonga-Hubga Ha'apai adalah gunung yang terletak sekitar 30 kilometer tenggara Pulau Fonuafo'ou di Tonga. Gunung itu telah aktif sejak 20 Desember 2021, tapi dinyatakan tidak aktif pada 11 Januari 2022.

Posisi gunung berada di bawah laut. Survei Geologi AS mencatat letusan itu dengan gempa berkekuatan 5,8 pada kedalaman nol.

Marco Brenna, Ilmuwan yang juga seorang dosen di Sekolah Geologi Universitas Otago, Selandia Baru, menggambarkan dampak letusan masih relatif ringan. 

Meski begitu dirinya tetap mengingatkan akan potensi letusan lain dengan dampak yang jauh lebih besar.

"Ada reservoir magma di kedalaman 5 hingga 6 km yang telah memotori letusan sebelumnya, dan kemungkinan peristiwa yang sedang berlangsung juga diprakarsai oleh reservoir yang sama," pungkasnya.

Demikian informasi mengenai hilangnya perempuan di Inggris saat peristiwa tsunami di Tonga. Semoga Angela Glover dapat cepat ditemukan dalam keadaan selamat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk