Pencipta SpongeBob SquarePants Meninggal di Usia 57 Tahun

Kabar duka, pencipta serial animasi SpongeBob SquarePants meninggal dunia

28 November 2018

Pencipta SpongeBob SquarePants Meninggal Usia 57 Tahun
Wikimedia.org

Serial animasi SpongeBob SquarePants memang sudah tidak asing bagi kita semua. Sebagian masa kecil Mama mungkin diisi dengan kisah spons berwarna kuning yang hidup di kota bawah laut Bikini Bottom bersama teman-temannya. Sampai saat ini, SpongeBob SquarePants masih setia menghibur anak-anak di dunia.

Senin (26/11), pencipta SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg, meninggal dunia.

Seperti yang dilansir dari situs EveningStandard, program televisi anak-anak Nickelodeon, yang memproduksi kartun SpongeBob mengkonfirmasi kematian Hillenburg dalam sebuah pernyataan pada Selasa malam.

Menderita Penyakit Saraf

Menderita Penyakit Saraf
imdb.com

Kematian Stephen Hillenburg tidak mendadak. Sejak tahun lalu ia telah didiagnosis menderita penyakit pada saraf geraknya.

Pada Maret 2017, ia memberi tahu Variety dalam wawancaranya, bahwa ia didiagnosis menderita penyakit Lou Gehrig, juga dikenal sebagai ALS. 

Penyakit progresif ini menyerang sel-sel saraf yang mengontrol otot dan dan belum dikatahui cara penyembuhannya. Memang ALS diketahui secara perlahan akan mematikan penderitanya. 

Nickelodeon Turut Berduka

Nickelodeon Turut Berduka
imdb.com

Nickelodeon mengabarkan kabar duka sekaligus ucapan belasungkawa dalam akun resminya di twitter. 

"Kami berduka cita saat mengabarkan meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants. Hari ini, kami berkabung untuk menghormati kehidupan dan pekerjaannya."

Editors' Picks

Mantan Guru Biologi Kelautan

Mantan Guru Biologi Kelautan
imdb.com

Hillenburg adalah mantan guru biologi kelautan yang meluncurkan seri animasi yang menampilkan spons kuning yang hidup di kota berbentuk nanas di bawah laut pada tahun 1999.

Serial ini begitu mendunia karena ceritanya yang sangat lucu dan penuh imajinasi. Karakter lainnya ada Patrick si Bintang Laut, Mr Krab si Kepiting, dan Squidward si Cumi-cumi. 

Sebagai seorang guru, Hillenburg telah menggunakan ilustrasi laut dan mahluknya sebagai alat mengajar. Ia ingin murid-muridnya lebih mudah memahami pelajaran biologi kelautan dengan cara yang menyenangkan. 

Ditayangkan dengan 60 Bahasa

Ditayangkan dengan 60 Bahasa
flickr/anoop kumar

Hillenburg meninggalkan karier mengajarnya untuk mengejar gelar animasi pada tahun 1987, dan pada tahun 1992 ia memperoleh gelar master seni rupa.

Hingga saat ini serial animasi SpongeBob SquarePants sudah dinikmati oleh banyak orang dan ditayangkan lebih dari 60 bahasa di dunia. Hillenburg juga sudah 9 kali mendapatkan nominasi  pada ajang penghargaan Emmy Award.

Topic: