Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kabar Baik! Pekerja Gaji di Bawah Rp 3 Juta Bakal Dapat Subsidi Upah

Subsidi upah ini akan disalurkan kepada 8,8 juta pekerja

4 April 2022

Kabar Baik Pekerja Gaji Bawah Rp 3 Juta Bakal Dapat Subsidi Upah
Pexels/Andrea Piacquadio

Pemerintah akan kembali memberikan bantuan subsidi upah. Tentu ini jadi kabar yang menggembirakan, ya. Meski begitu, bantuan ini hanya akan diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp3 juta per bulan.

Subsidi upah yang akan diberikan tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya, 2020 dan 2021. Di mana pada tahun tersebut penyalurannya ditujukan kepada pekerja dengan penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan.

Dilansir dari IDN Times, Popmama.com telah merangkum informasinya secara lebih detail.

1. Subsidi upah ini disalurkan kepada 8,8 juta pekerja

1. Subsidi upah ini disalurkan kepada 8,8 juta pekerja
Pexels/Pavel Danilyuk

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa subsidi upah kali ini akan disalurkan kepada 8,8 juta pekerja. Bantuan tersebut akan diberikan kepada pekerja atau tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp3 juta.

"Tadi ada arahan Pak Presiden terkait dengan program bantuan subsidi upah, di mana ini akan terus dimatangkan untuk bantuan subsidi upah untuk 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji yang kurang dari Rp3 juta," kata Airlangga dalam konferensi pers yang ditayangkan virtual, Senin (4/4/2022).

2. Realisasi pemulihan ekonomi telah mencapai Rp29,3 triliun

2. Realisasi pemulihan ekonomi telah mencapai Rp29,3 triliun
Pexels/Tom Fisk

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga turut membeberkan terkait realisasi anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN) mencapai Rp29,3 triliun atau 6,4 persen dari alokasi Rp445,62 triliun per April 2022.

Program PEN ini bertujuan untuk menangani dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian di tanah air.

3. Airlangga turut menyampaikan realisasi pada sektor lain

3. Airlangga turut menyampaikan realisasi sektor lain
Youtube.com/Sekretariat Presiden

Selain membeberkan tentang pemulihan ekonomi, Airlangga juga turut menyampaikan realisasi pada sektor lain, yakni penanganan kesehatan dan perlindungan masyarakat. Kedua sektor ini pun memiliki jumlah yang berbeda.

"Terkait penanganan kesehatan realisasinya Rp1,55 triliun, perlindungan masyarakat Rp22,74 triliun, ini untuk PKH (Program Keluarga Harapan), sembako, Kartu Prakerja, BLT (Bantuan Langsung Tunai) Desa, dan bantuan pedagang kaki lima warung dan nelayan dan penguatan ekonomi Rp5 triliun," kata Airlangga.

Ma, itulah rangkuman informasi terkait pekerja dengan gaji di bawah Rp3 juta yang akan mendapatkan subsidi upah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu Mama, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk