Tips Bikin Kue agar Tidak Bantat ala Nicky Tirta

Ingin kue yang dimasak jadi tidak bantat? Ikuti tips ala Nicky Tirta berikut ini yuk, Ma!

24 Juni 2022

Tips Bikin Kue agar Tidak Bantat ala Nicky Tirta
Instagram.com/nickytirta

Memasak kue yang mengembang dan empuk sempurna terkadang menjadi sebuah kendala besar tersendiri yang dihadapi. Tentunya sebagian dari Mama pasti pernah merasakan saat memasak kue.

Ketika sedang membuat kue ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut menjadi penting agar hasil akhir dari kue yang dimasak jadi lebih maksimal.

Baru-baru ini, Celebrity Chef, Nicky Tirta membagikan tips agar kue yang dibuat tidak bantat. Tips ini bisa diikuti oleh Mama saat membuat kue yang lezat untuk keluarga tercinta di rumah.

Nah, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa tips bikin kue agar tidak bantat ala Nicky Tirta secara lebih detail.

Penasaran apa saja tipsnya? Yuk Ma, simak informasinya berikut ini!

Editors' Picks

1. Perhatikan komposisi

1. Perhatikan komposisi
Pexels/Katerina Holmes

Saat membagikan tips, Nicky Tirta mengatakan bahwa kue yang bantat tidak hanya bisa terjadi pada cupcake saja. Kondisi ini juga bisa dialami ketika memasak semua jenis kue, termasuk membuat sponge cake.

Menurut Nicky, komposisi yang kurang tepat bisa membuat kue yang dimasak menjadi bantat. Ia pun berpesan agar memperhatikan komposisi saat akan membuat kue.

"Banyak hal yang bisa membuat kue menjadi bantat, itu satu komposisinya mungkin kurang pas. Jadi harus benar-benar perhatikan komposisi," ujarnya dalam acara Media Visit dan Cooking Demo bersama Celebrity Chef Nicky Tirta di Rumah Indofood, Jakarta Fair Kemayoran (JFK), Kamis (23/6/2022).

2. Pengadukan harus tepat

2. Pengadukan harus tepat
Dok. Indofood

Selain komposisi yang kurang tepat, Nicky Tirta juga mengatakan bahwa pengadukan yang tidak tepat juga bisa membuat kue yang dimasak menjadi bantat. Mungkin sebagian dari Mama tidak menyadari akan hal ini.

Oleh sebab itu, saat memasak kue, Mama juga harus melakukan pengadukan yang tepat agar hasil akhir dari kue yang dibuat menjadi tidak bantat.

3. Pemanggangan kue harus tepat

3. Pemanggangan kue harus tepat
Pexels/cottonbro

Menurut Nicky Tirta, hal lainnya yang juga harus diperhatikan saat memasak kue ialah proses pemanggangan. Pemanggangan yang kurang tepat ternyata bisa membuat kue menjadi bantat.

Perlu diketahui, ada contoh pemanggangan kue yang kurang tepat, seperti selalu membuka dan menutup oven saat kue dipanggang, hingga waktu pemanggangan yang melewati atau kurang dari batas waktu yang seharusnya.

Selain itu, Nicky juga mengingatkan bahwa posisi kue saat dipanggang juga sangat mempengaruhi hasil akhir dari kue yang dibuat. Dirinya pun berpesan agar menyesuaikan kembali peletakkan dan pemanggangan kue sesuai dengan oven yang dimiliki di rumah.

"Posisi ketika memanggang (kue) itu juga penting, apalagi oven-oven yang (berukuran) besar. Peletakkannya pun sangat memengaruhi hasil akhir. Jadi harus disesuaikan lagi dengan oven masing-masing di rumah," ujarnya.

Jadi itulah beberapa tips bikin kue agar tidak bantat yang dibagikan oleh Nicky Tirta. Bagaimana? Tips yang dibagikan cukup mudah untuk dilakukan, bukan?

Semoga tips dari Nicky Tirta membantu ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk