Awas! Inilah 5 Bahaya Tersembunyi di Balik Tisu Toilet

Jangan sampai tisu toilet merusak kesehatan Miss V kamu, ya

30 Juni 2020

Awas Inilah 5 Bahaya Tersembunyi Balik Tisu Toilet
Pexels/Anna Shvets

Tisu merupakan salah satu benda yang kerap kali ada di kamar mandi. Karena, tisu bermanfaat untuk menjadi alat pengering bagian tubuh yang basah. Biasanya, tisu kamar mandi dipakai untuk mengeringkan atau mengelap organ intim sehabis buang air kecil atau buang air besar. Memang, tisu sangat bermanfaat dan memudahkan setiap orang untuk selalu bersih dan tubuhnya selalu kering.

Namun, tahukah Mama bahwa penggunaan tisu toilet dapat menyebabkan iritasi pada area vagina dan memicu penyakit serius lainnya? Alergi pada Miss V ditandai dengan terjadi pembengkakan yang disertai rasa nyeri pada bagian organ intim.

Nah,berikut ini Popmama.com akan berikan 5 bahaya penggunaan tisu toilet bagi kesehatan vagina. Simak selengkapnya.

1. Reaksi alergi

1. Reaksi alergi
Pexels/Hermaion

Secara teknis, kita akan alergi terhadap kandungan kimia pada tisu toilet, sebab adanya bahan pengawet atau parfum yang digunakan dalam produk tersebut.

Akibatnya dapat menyebabkan Vulvitis yang merupakan suatu kondisi peradangan pada vagina, ditandai dengan rasa gatal,terbakar,kemerahan,atau bengkak.

Setelah muncul gejala-gejala tersebut sebaiknya Mama segera menggunakan tisu tipe baru dan ganti merk.

Editors' Picks

2. Infeksi bakteri

2. Infeksi bakteri
Freepik

Alasan mendasar mengapa Mama dianjurkan untuk menghidari penggunaan kertas tisu toilet beraroma, karena bahan kimia yang dibuat dapat menggangu pH normal miss V. Hal tersebut akan memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi jamur,

Mama bisa tetap memakai cara aman jika ingin tetap menggunakan tisu toilet, Mama dapat menggantinya dengan jenis hypoallergenic.

3. Luka pada jaringan halus

3. Luka jaringan halus
Pexels/Vlada Karpovich

Jika Mama menyeka terlalu kasar atau kertas tisu toilet yang keras dapat menyebabkan luka kecil pada Miss V.

Jaringan di daerah tersebut sangat halus, pastikan Mama tidak terlalu kasar saat menyeka karena luka pada jaringan tersebut dapat menyebabkan iritasi, pembengkakan, atau infeksi. Untuk itu, sebaiknya Mama menggunakan air untuk membersihkan organ intim Mama.

4. Infeksi saluran kemih

4. Infeksi saluran kemih
Freepik

Mungkin terlihat aneh bahwa sesuatu yang digunakan untuk membersihkan Miss V kita dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Namun, ternyata salah satu penyebab infeksi saluran kemih adalah masuknya bakteri ke saluran kemih melalui lubang kencing.

Upayakan untuk menyeka miss V Mama dari depan ke belakang. Jangan basuh dari belakang ke depan karena akan memindahkan mikroba dari area anus ke Miss V dan saluran kemih Mama.

5. Bahan Pemutih Pada Tisu Buruk Buat Kesehatan

5. Bahan Pemutih Tisu Buruk Buat Kesehatan
Pexels/Anna Shvets

Studi yang dipublikasikan di jurnal Environnmental Science and Technology menyebutkan jika tidak sedikit tisu kamar mandi atau toilet yang mengandung bahan pemutih di dalamnya. Sekilas, tisu yang mengandung pemutih terlihat sangat bersih dan sehat.

Namun jangan salah Ma, tisu ini justru sangat berbahaya untuk kesehatan Mama. Tisu ini juga memungkinkan seseorang berisiko menderita kanker lebih besar saat menggunakan tisu dalam jangka waktu yang panjang.

Mama, itulah bahaya tersembunyi di balik tisu toilet yang sering kita gunakan. Agar tisu kamar mandi tidak terlalu berbahaya, pastikan bahwa Mama menggunakan tisu yang benar-benar bersih dan tidak mengandung zat kimia berlebih.

Usahakan pula agar Mama tidak menggunakan tisu daur ulang atau pun tisu yang mengandung pemutih. Mama bisa memakai tisu bidet atau tisu basah, keduanya lebih baik daripada Mama menggunakan tisu kering yang berpotensi hanya memindahkan kotoran dan melukai anus yang memiliki kulit sensitif. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.