TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengalami Pelecehan Seksual di Kereta Api? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Ini yang bisa kamu lakukan jika mengalami atau melihat tindakan pelecehan seksul di kereta api

22 Juni 2022

Mengalami Pelecehan Seksual Kereta Api Ini Harus Kamu Lakukan
Instagram.com/keretaapikita

Sebuah tindakan pelecehan seksual di kereta api viral di media sosial Twitter. Pelakunya seorang penumpang laki-laki yang duduk di sebelah seorang penumpang perempuan.

Dalam video yang diunggah di akun Twitter @Selasarabu_, tangan pelaku terlihat mencoba meraba bagian paha korban.

Kejadian ini tentu membuat banyak perempuan merasa khawatir, terutama yang sering bepergian sendirian menggunakan kereta api. Bagaimana jika hal tersebut terjadi pada kamu? Apa yang harus dilakukan?

Agar tidak mengalami hal serupa, berikut Popmama.com rangkumkan tips tindakan yang bisa kamu lakukan jika mengalami atau melihat pelecehan seksual di kereta api.

1. Tetap tenang dan waspada

1. Tetap tenang waspada
Pexels/Uriel Mont

Jika kamu mengalami atau melihat adanya tanda-tanda tindakan pelecehan seksual di kereta, sebaiknya tetap tenang dan waspada.

Kamu harus memastikan terlebih dulu apakah tindakan tersebut benar-benar pelecehan seksual atau hanya kontak yang tidak disengaja.

Editors' Picks

2. Menghindar, menegur, dan mengalihkan

2. Menghindar, menegur, mengalihkan
Pexels/Keira Burton

Jika kamu yang mengalami tindakan pelecehan seksual, maka kamu bisa menghindari kontak dengan pelaku. Bisa dengan menjauh atau pindah posisi duduk. Jika kondisi lingkungan memungkinkan, kamu juga bisa langsung menegur pelaku secara langsung.

Namun, jika kamu di posisi orang yang melihat adanya tindakan pelecehan seksual, maka bantulah korban dengan mengalihkan perhatian si Pelaku.

Misalnya, kamu bisa menghampiri korban dan pura-pura kenal, lalu mengatakan pernah bertemu di suatu acara. Cara lainnya, kamu bisa mengalihkan dengan bertanya jam, atau lokasi. Dengan begitu, pelaku bisa menjauh atau tidak lagi melakukan kontak dengan korban.

Tak perlu khawatir kalau situasi menjadi aneh atau jika si Korban menjawab dengan ragu, yang penting kamu sudah berusaha menghentikan tindak pelecehan yang dilakukan pelaku.

3. Dokumentasikan untuk dijadikan barang bukti

3. Dokumentasikan dijadikan barang bukti
Pixabay/Free-Photos

Dokumentasi merupakan cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk dijadikan barang bukti. Bagi kamu yang melihat, cara ini juga dapat membantu korban pelecehan seksual.

Kamu bisa merekam diam-diam dengan menggunakan ponsel. Rekam lingkungan sekitar yang bisa menunjukkan lokasi. Jangan lupa juga sebutkan waktu, hari dan jam kejadian saat merekam.

Tapi yang perlu diingat, jangan sembarangan mengunggah video tersebut ke media sosial, terutama jika bukan kamu korbannya. Simpan dan serahkan dokumentasi tersebut pada korban jika mereka ingin melapor dan menjadikannya barang bukti.

4. Melapor ke petugas

4. Melapor ke petugas
Freepik/jeswin

Segera melapor kepada petugas apabila melihat atau mengalami tindakan pelecehan seksual saat berada di lingkungan stasiun atau di atas kereta api.

Jika kejadiannya di atas kereta api, kamu dapat melapor ke kondektur yang nomor teleponnya tertera di ujung kabin kereta, atau dapat juga mengirimkan DM atau inbox KAI121.

Setelah menerima laporan, petugas KAI akan segera melakukan tindakan terhadap laporan yang diberikan oleh penumpang.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengambil langkah tegas dengan melakukan blacklist terhadap penumpang yang melakukan pelecehan seksual selama dalam perjalanan kereta api.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika mengalami atau melihat adanya tindakan pelecehan seksual di kereta api. Semoga kejadian ini tidak terulang kembali di masa mendatang ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk