Jam Operasional MRT Jakarta Diperpanjang hingga 23.00 WIB

Pemberangkatan kereta tiap lima menit pada jam-jam sibuk

18 Mei 2022

Jam Operasional MRT Jakarta Diperpanjang hingga 23.00 WIB
kppip.go.id

Jam operasional MRT Jakarta resmi diperpanjang mulai Rabu (18/5/2022). PT MRT Jakarta memperpanjang waktu operasional MRT mulai pukul 05.00 hingga 23.00 WIB.

Perpanjangan jam operasional MRT Jakarta dilakukan sebagai dampak dari penyesuaian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 di DKI Jakarta.

"PT MRT Jakarta (Perseroda) akan memberlakukan jadwal operasi pukul 05.00-23.00 WIB setiap hari berlaku Senin-Jumat," tulis Rendi Alhial dalam situs resmi PT MRT Jakarta, yang dikutip dari IDN Times Rabu (18/5/2022).

Penyesuaian waktu operasional MRT, menurut Rendi, merupakan tindak lanjut dari Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 251 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengaturan Kapasitas Angkut Dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2.

Bagi yang menggunakan moda transportasi MRT, berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta lainnya.

Editors' Picks

1. Jam operasional MRT Jakarta

1. Jam operasional MRT Jakarta
IDN Times/Gregorius Aryodamar

Pemberangkatan awal MRT Jakarta pada weekend atau hari libur sedikit berbeda dengan hari kerja. Pihak manajemen MRT memundurkan satu jam untuk pemberangkatan pertama pada weekend.

Pada Sabtu dan Minggu, MRT beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 23.00 WIB. Sebelumnya, waktu operasional MRT hanya sampai pukul 22.30 WIB.

2. Jarak pemberangkatan antar kereta

2. Jarak pemberangkatan antar kereta
jakartamrt.co.id

Rendi menjelaskan bahwa untuk jarak keberangkatan antar kereta, ada perbedaan pada jam-jam sibuk dan di luar jam sibuk.

Jarak keberangkatan untuk jam-jam sibuk berkisar lima menit yang dimulai pada dua waktu, yakni pukul 07.00 hingga 09.00 WIB dan 17.00 hingga 19.00 WIB. Untuk akhir pekan juga pemberangkatan setiap 10 menit.

"Selang waktu keberangkatan kereta setiap lima menit pada jam sibuk, yaitu 7.00-9.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB, dan setiap 10 menit di luar itu," tulis Rendi.

3. Pengguna MRT diimbau selalu patuhi protokol kesehatan

3. Pengguna MRT diimbau selalu patuhi protokol kesehatan
jakartamrt.co.id

Pihak manajemen MRT Jakarta mengimbau kepada seluruh pengguna MRT untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama di area stasiun maupun di dalam rangkaian kereta.

Pengguna juga tetap mematuhi 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta berdiri dan duduk sesuai tanda yang disediakan.

Selain itu, pengguna MRT Jakarta juga melakukan pemindaian QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi pada saat memasuki kawasan stasiun. Pengguna juga dilarang untuk berbicara selama di dalam kereta, baik melalui dua arah maupun sambungan telepon.

Itulah beberapa informasi mengenai perpanjangan jam operasional MRT Jakarta serta protokol kesehatan yang wajib dipatuhi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk