Mencegah Bau Mulut, Inilah 5 Cara Memakai Obat Kumur yang Efektif

Ketahui penggunaan obat kumur yang benar yuk, Ma!

6 Februari 2021

Mencegah Bau Mulut, Inilah 5 Cara Memakai Obat Kumur Efektif
Freepik/atlascompany

Bagi sebagian orang, menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari merasa kurang cukup untuk membersihkan gigi dan mulut.

Sehingga, masih ada kuman dan bakteri yang menempel di dalam mulut. Oleh karena itu, untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, banyak orang yang membutuhkan obat kumur dalam sehari-hari.

Obat kumur merupakan antiseptik berbentuk cairan yang dapat membersihkan gigi hingga ke sela-sela, membersihkan permukaan lidah sampai tenggorokan. Obat kumur sering digunakan untuk mencegah bau mulut dan menjaga kesehatan di dalam mulut.

Namun, Mama perlu mengetahui pemakaian secara benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan obat kumur yang salah dapat membuat kuman dan bakteri tidak hilang.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum cara memakai obat kumur yang benar.

1. Sebelum menggunakan obat kumur diharuskan sikat gigi terlebih dahulu

1. Sebelum menggunakan obat kumur diharuskan sikat gigi terlebih dahulu
Freepik

Ketika Mama ingin memakai obat kumur untuk membersihkan kuman dan bakteri di dalam mulut, sebaiknya menyikat gigi terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pada dasarnya kebersihan mulut dimulai dari rutin menyikat gigi.

Namun, setelah Mama menyikat gigi dianjurkan untuk menunggu beberapa saat sebelum menggunakan obat kumur.

Jika Mama langsung menggunakannya dapat mengakibatkan gigi berlubang karena obat kumur bisa mengurangi fluoride pada pasta gigi.

Setelah memakai obat kumur diimbau untuk menghindari mengonsumsi makanan atau minuman selama 30 menit agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Editors' Picks

2. Jangan memakai terlalu banyak obat kumur

2. Jangan memakai terlalu banyak obat kumur
Freepik/user7920588

Perlu Mama ketahui bahwa penggunaan obat kumur jangan sampai berlebihan karena dapat mengakibatkan kuman dan bakteri sulit menghilang.

Saat menggunakannya sebaiknya Mama melihat petunjuk pada kemasan obat kumur. Pada umumnya, obat kumur hanya digunakan sebanyak 10-15 ml atau setara dengan 3 sampai 5 sendok teh.

Selain itu, disarankan tidak mencampur obat kumur dengan air, kecuali petunjuk dalam kemasan memintanya untuk mengencerkannya. Penggunaan yang tidak sesuai dengan petunjuk pada kemasan dapat mengurangi fungsi dari obat kumur.

3. Setelah memakai sebaiknya bilas dengan air bersih

3. Setelah memakai sebaik bilas air bersih
Freepik/torwaiphoto

Penting untuk diingat bahwa obat kumur tidak diperbolehkan tertelan walau hanya sedikit.  Setelah memakai obat kumur dianjurkan untuk membilasnya dengan air bersih selama 30 detik. Mama dapat menghitung sampai 30 detik ataupun memasang timer agar pas saat membilasnya.

4. Waktu yang tepat untuk menggunakan obat kumur

4. Waktu tepat menggunakan obat kumur
Freepik/asier_relampagoestudio

Sebagian orang menjadikan obat kumur sebagai rutinitas sehari-sehari untuk membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.

Obat kumur dianjurkan memakainya sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari yang dilakukan setelah menyikat gigi.

Obat kumur aman digunakan setiap hari untuk membersihkan sekaligus mengatasi kuman dan bakteri di dalam mulut.

Namun, terkadang ada beberapa jenis obat kumur yang memiliki aturan penggunaan dan waktu yang tepat untuk memakainya. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan petunjuk yang tertera pada kemasan obat kumur.

5. Menggunakan obat kumur secara rutin

5. Menggunakan obat kumur secara rutin
Freepik/atlascompany

Obat kumur sama dengan menyikat gigi, yaitu perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mama dapat menggunakannya setiap hari agar merasakan manfaat dari obat kumur.

Namun, obat kumur hanya mengurangi bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut. Sementara sisa makanan yang ada di dalam rongga mulut tidak dapat dibersihkan secara menyeluruh. Oleh karena itu, Mama diharuskan tetap sikat gigi secara rutin.

Itulah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk memakai obat kumur secara efektif. Jika Mama tidak menyukai menggunakan obat kumur untuk membersihkan kuman dan bakteri, bisa menggantinya dengan air garam.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.