Rilis! Raya and The Last Dragon Berkolaborasi dengan Wayang dan Batik

Sudah siap menonton Film Disney's Raya and The Last Dragon pada tanggal 3 Maret 2021?

1 Maret 2021

Rilis Raya and The Last Dragon Berkolaborasi Wayang Batik
Imdb.com

Awal bulan Maret mendatang, Disney akan mengeluarkan sebuah film yang selama ini dinantikan oleh masyarakat.

Film Disney’s Raya and The Last dragon merupakan film animasi pertama dari Walt Disney Animation Studio yang mengambil latar belakangnya dari inspirasi budaya asia tenggara, termasuk Indonesia.

Disney Indonesia mengumumkan bahwa dalam perilisan film Disney’s Raya and The Last Dragon ini ada kolaborasi spesial bersama para talenta terbaik di Indonesia. Rangkaian kolaborasi melibatkan penyanyi, seniman, selebriti, dan batik terbaik untuk membuat karya-karya yang terinspirasi dari kisah film tersebut.

“Cerita dari film Disney’s Raya and The Last Dragon menggunakan elemen-elemen dan unsur kebudayaan dari Indonesia yang akan menjadi sebuah inspirasi dan membuat masyarakat Indonesia bangga,” ungkap Rindu Melati Pradnyasmita dalam acara Press Conference Kolaborasi Spesial Disney’s Raya and The Last Dragon via zoom pada Jumat (26/2/2021).

Berikut ini Popmama.com telah merangkum kolaborasi spesial dalam film Disney’s Raya and The Last Dragon.

1. Disney’s Raya and The Last Dragon menggunakan elemen kebudayaan Indonesia

1. Disney’s Raya and The Last Dragon menggunakan elemen kebudayaan Indonesia
Dok. Press Conference Disney's Raya and The Last Dragon

Disney’s Raya and The Last dragon merupakan film animasi pertama dari Disney Animation Studio yang mengambil latar belakangnya dari inspirasi budaya asia tenggara, termasuk Indonesia.

Disney Raya and The Last Dragon ini bercerita tentang petualangan seru dari seorang pendekar yang bernama Raya. Ia berjuang untuk bisa mencari naga terakhir untuk mempersatukan negeri Kumandra dan masyarakatnya yang terpecah belah.

Film ini menampilkan elemen unik khas asia tenggara, mulai dari motif, warna, makanan, nilai, kebiasaan, hingga adat istiadat yang sudah dekat dengan kehidupan masyarakat.

Di dalam film ini terdapat aspek dari Indonesia yang akan menjadi inspirasi, seperti wayang kulit, batik, keris, pencak silat, gamelan, hingga rumah gadang.

Editors' Picks

2. Kolaborasi yang dilakukan bersama Disney

2. Kolaborasi dilakukan bersama Disney
Dok. Press Conference Disney's Raya and The Last Dragon

Disney Indoneisa berkolaborasi bersama Batik House Iwan Tirta Private Collection melalui film Raya The Last Dragon.

Film ini memakai elemen dari kebudayaan Indonesia, sehingga terciptanya kolaborasi limited collection yang diperuntukkan untuk penggemar Disney, yaitu Raissa, Sandra Dewi, dan Chicco Jerikho.

Motif batik yang dipakai untuk elemen dari film ini ada tiga, yaitu Nogo Rojo, Nogo Poso, dan Kawung Gringsing.

Motif ini disesuaikan dengan personality kepada penggemar Disney tersebut. Warna-warna yang dipakai pada collection, yaitu biru, cokelat, hijau, dan ada sentuhan merah.   

3. Kolaborasi bersama Lakon Wayang Sri Tanjung oleh Dalang Muda Berbakat

3. Kolaborasi bersama Lakon Wayang Sri Tanjung oleh Dalang Muda Berbakat
Freepik/saravutwhanset

Kolaborasi pertama dari film Disney’s Raya The Last Dragon yaitu wayang yang merupakan unsur budaya dari Indonesia. Wayang tersebut akan ditampilkan pada film ini.

Gibran Nicholau sebagai salah satu dalang muda di Indonesia akan menampilkan sedikit cuplikan dari lakon wayang Sri Tanjung.

Perlu diketahui bahwa Sri Tanjung bercerita tentang pendekar perempuan yang berjuang untuk mempersatukan Yawastina karena masyarakatnya terpecah belah. Kisah Sri Tanjung ini sedikit mirip dengan film Disney’s Raya The Last Dragon.

4. Disney’s Raya and The Last Dragon diiringi musik oleh penyanyi terbaik di Indonesia

4. Disney’s Raya and The Last Dragon diiringi musik oleh penyanyi terbaik Indonesia
Dok. Press Conference Disney's Raya and The Last Dragon

Di dalam film Disney’s Raya and The Last Dragon ini diiringi musik oleh tiga pnyanyi terbaik di Indonesia. Sebelum perilisan film ini, para penggemar akan mendapatkan sebuah kejutan, yaitu spot terbaru dari Disney’s Raya and The Last Dragon yang diiringi lagu penyanyi asal Indonesia, yaitu Niki dengan judul Warpaint.

Para penggemar dapat menantikan kolaborasi spesial Disney bersama Via Vallen yang akan menyanyikan original soundtrack film ini dengan versi bahasa Indonesia berjudul Kita Bisa. Lagu ini terinspirasi dari perjalanan Raya beserta teman-temannya untuk mempersatukan kembali Kumandra.

Kabar baiknya, lagu Kita Bisa akan dirilis di semua digital streaming platform pada 26 Februari 2021. Sementara, video klip spesial lagu Kita Bisa baru dirilis pada bulan Maret di channel Youtube DisneyMusicAsiaEvo.

Selain original sountrack, Disney’s Raya and The Last Dragon juga akan mempersembahkan lagu original terbaru. Lagu ini terinspirasi dari kisah dan karakter di dalam film tersebut dengan judul Trust Again.

Lagu Trust Again merupakan hasil kolaborasi bersama penyanyi-penyanyi Asia Tenggara, termasuk Raisa yang akan menyumbangkan suara sebagai lead vocal. Lagu ini juga diisi oleh para rapper, yaitu Yonnyboii dari Malaysia, Matthaios dari Filipina, dan Sprite dari Thailand.

Lagu yang dinyanyikan oleh Raisa akan dirilis di seluruh digital streaming platform mulai tanggal 12 Maret 2021 mendatang.

5. Disney’s Raya and The Last Dragon hadir di bioskop di Indonesia

5. Disney’s Raya and The Last Dragon hadir bioskop Indonesia
Instagram.com/disney

Film Disney’s Raya The Last Dragon disutradai oleh Don Hall dan Carlos Lopez Estrada bersama Paul Briggs serta John Ripa. Film ini diproduseri oleh Osnat Shurer dan Peter Del Vecho. Pengisi suara Raya dan Awkwafina sebagai Sisu dibintangi oleh Kelly Marie Tran.

Film Disney’s Raya The Last Dragon akan mulai tayang tanggal 3 Maret 2021 di seluruh bioskop di Indonesia. Pembelian tiket film ini dapat dibeli mulai 27 Februari 2021 secara online melalui aplikasi, website, maupun langsung di bioskop terdekat. Penayangan film ini di bioskop tentunya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Itulah beberapa informasi mengenai perilisan film Disney’s Raya and The Last Dragon dan kolaborasi yang dilakukan oleh Disney. Jika Mama dan sekeluarga menonton film ini di bioskop tetap menerapkan protokol kesehatan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.