Sudah Tayang, Ini 7 Fakta Menarik dari Film Soul

Sudah nonton film Soul bersama keluarga belum nih, Ma?

30 Desember 2020

Sudah Tayang, Ini 7 Fakta Menarik dari Film Soul
Pinterest/Futgametv

Soul merupakan film animasi dari Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios yang sudah tayang mulai 25 Desember 2020 di Disney+.

Film ini diperankan oleh Joe Gardner (Jamie Foxx), seorang guru musik di sekolah yang memiliki impian terbesar untuk memainkan musik jazz di atas panggung. Impian tersebut akhirnya membuahkan hasil, ia mendapat kesempatan sekali dalam seumur hidup untuk tampil di klub jazz terbaik di negara New York.

Film Soul dapat ditonton oleh semua umur dan memberikan banyak pesan kepada para penonton. Selain itu, film ini juga memiliki fakta-fakta menarik yang ada di dalamnya.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum mengenai fakta menarik dari film Soul.

1. Pembuatan film Soul terinspirasi dari raspberry

1. Pembuatan film Soul terinspirasi dari raspberry
Pixar.com

Pete Docter yang merupakan sutradara dari film Soul ini memberitahu bahwa ada hal-hal kecil yang kurang disadari oleh manusia, padahal sangat berpengaruh pada kehidupan manusia.

Hal kecil ini baru ia sadari ketika sedang bersepeda dan berhenti untuk memetik buah raspberry yang berukuran kecil. Raspberry yang ia makan menjadi buah yang paling menakjubkan karena dijemur di matahari.

Dari buah raspberry yang kecil, ia mendapatkan pelajaran bahwa setiap momen dalam kehidupan bisa menjadi alasan mengapa ada di dunia ini.

2. Film ini melibatkan animator Indonesia

2. Film ini melibatkan animator Indonesia
Pixar.com

Apakah Mama tau animator di film Toy Story?

Salah satu animator yang ada di Indonesia, yaitu Paulie Alam terlibat dalam pembuatan film Soul. Tak hanya seorang animator, Paulie juga memiliki bakat dibidang creator dan seniman.

Paulie sudah bergabung dalam Pixar Animation Studios mulai tahun 2017. Animator ini sudah menyalurkan bakatnya melalui film Coco, Onward, dan Toy Story.

Editors' Picks

3. Film ini bercerita tentang dua dunia yang berbeda

3. Film ini bercerita tentang dua dunia berbeda
Pixar.com

Film Soul menggambarkan 2 kehidupan yang berbeda antara kota besar di New York dan alam kosmik. Kehidupan ini dipadukan dengan visual animasi yang menakjubkan dan membuat para penonton menjadi terpukau.

Visual yang digunakan terinspirasi dari dua pengaruh berbeda karya Ronald Searle yaitu seniman asal Inggris.

Pembuatan film ini sangat menggambarkan kehidupan nyata yang ada di Kota New York dengan The Great Before dibuat dari awal adegan.

4. Film Soul juga melibatkan musik dari musisi global ternama

4. Film Soul juga melibatkan musik dari musisi global ternama
Pixar.com

Disetiap film tentunya musik menjadi hal yang terpenting untuk diperhatikan dan memilih yang tepat dengan alur ceritanya.

Alur cerita film Soul dengan dua dunia yang berbeda membutukan gaya musik yang berbeda juga.

Musisi ternama di global, yaitu Jon Batiste memberikan komposisi dan aransemen musik jazz untuk film Soul yang membuat dunia nyata dan dunia Soul semakin menyatu.

5. Film Soul diciptakan sejak 2016

5. Film Soul diciptakan sejak 2016
Pixar.com

Perlu Mama ketahui bahwa pembuatan film animasi membutuhkan waktu yang lama. Pete Docter mengumumkan bahwa awal mula film Soul dibuat pada 2016 dan baru selesai tahun 2018.

Walau Pete sudah berpindah jabatan menjadi Chief Creative Officer Pixar, ia tetap menyelesaikan film ini hingga benar-benar selesai.

6. Sempat mengalami kendala akibat pandemi Covid-19

6. Sempat mengalami kendala akibat pandemi Covid-19
Pinterest.com

Film Soul sudah dijadwalkan akan rilis pada Juni 2020. Namun, akibat adanya pandemi Covid-19 membuat jadwal tersebut harus diundur ke November 2020.

Seperti yang Mama ketahui bahwa beberapa bulan yang lalu, pandemi ini belum reda juga. Perilisan film ini dibatalkan untuk tayang di bioskop.

Setelah mendekati akhir tahun, pihak Disney dan Pixar merilis film ini di Disney+ pada 25 Desember 2020.

7. Menciptakan The Counselors dengan Teknologi Baru

7. Menciptakan The Counselors Teknologi Baru
Pixar.com

Para konselor di The Great Before dikenal sebagai Jerry dengan menggambarkan dirinya menjadi alam semesta yang membodohi diri sendiri agar mudah dipahami oleh penonton.

Setiap Jerry dalam film ini memiliki ekspresi yang cukup unik dari alam semesta, seperti merepresentasikan kesabaran, keceriaan, dan kecenderungan agresif-pasif.

Itulah beberapa fakta menarik dari film Soul. Mama bisa mengajak keluarga untuk menonton film ini sebagai aktivitas saat libur akhir tahun.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.