Penyebab dan Cara Mencegah Telapak Kaki Sakit saat Bangun Tidur

Telapak kaki sakit ketika bangun tidur bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit

3 Agustus 2021

Penyebab Cara Mencegah Telapak Kaki Sakit saat Bangun Tidur
Freepik

Ketika bangun tidur, entah mengapa telapak kaki terasa sakit. Kondisi ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab, Mama yang perlu mengurusi pekerjaan rumah tangga tentu harus menggerakkan kaki.

Perlu Mama ketahui, rasa sakit memang lebih sering muncul di pagi hari. Hal ini karena ketika tidur, darah lebih sedikit mengalir ke daerah kaki.

Apabila kondisi tersebut telah dialami, maka bisa jadi Mama mengidap beberapa penyakit tertentu, mulai dari iritasi ligamen kaki hingga kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas 5 penyebab telapak kaki sakit saat bangun tidur. Ada apa saja, ya? Yuk, simak informasinya!

1. Rheumatoid arthritis

1. Rheumatoid arthritis
Freepik/Karlyukav
Ilustrasi

Penyebab telapak kaki saat bangun tidur pertama adalah Rheumatoid athritis. Orang yang mengalami penyakit ini akan merasakan sakit, bengkak, dan kaku pada kaki. Hal ini disebabkan oleh adanya peradangan kronis pada sendi.

Apabila tidak ditangani dengan baik, Rheumatoid athritis dapat berujung pada komplikasi, seperti terjadinya pembengkakan, infeksi, hingga carpal tunnel syndrome.

Jika kondisi yang Mama idap menjadi cukup parah, maka dokter akan menyarankan Mama untuk tidur dengan penyangga. Hal ini supaya posisi kaki tidak tertekuk.

2. Plantar fasciitis

2. Plantar fasciitis
Freepik/Javi_indy
Ilustrasi

Ketika jaringan ikat pada kaki mengalami iritasi, maka Mama mungkin mengalami sakit pada telapak kaki. Kondisi ini disebut sebagai Plantas fasciitis. Mereka yang mengidap penyakit tersebut umumnya merasakan kaku hingga nyeri pada area tumit ataupun telapak kaki.

Biasanya, Plantas fasciitis banyak diderita oleh para atlet maupun pelari. Pasalnya, kaki mereka lebih sering mendapat tekanan sebagai akibat dari olahraga yang dilakukan.

Sebuah tips buat Mama yang mengalaminya, untuk mengurangi rasa sakit, tenangkan area kaki terlebih dahulu sebelum beraktivitas. Atau untuk meringankan gejala Plantas fasciitis, Mama boleh melakukan olahraga yang tidak terlalu memberikan tekanan pada kaki, seperti renang dan bersepada.

Editors' Picks

3. Fraktur stres atau kaki retak

3. Fraktur stres atau kaki retak
Freepik/Yanalya
Ilustrasi

Kaki dapat mengalami keretakan ketika Mama mengalami cedera saat beraktivitas ataupun berolahraga. Namun, Mama tidak langsung merasakan sakit. Gejala yang ada umumnya muncul setelah beberapa hari ataupun minggu.

Sebagai akibatnya, telapak kaki sakit saat bangun tidur ataupun hingga sepanjang hari. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan telapak kaki Mama juga akan mengalami pembengkakan.

Kalau sudah begitu, sebaiknya periksakan diri ke dokter ya, Ma. Supaya nantinya, Mama bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

4. Hipotiroidisme

4. Hipotiroidisme
Freepik/Chevanon
Ilustrasi

Penyebab telapak kaki Mama terasa sakit juga ada kaitannya dengan fungsi kelenjar tiroid, lho. Jadi apabila kelenjar tersebut menjadi kurang aktif, hormon yang dihasilkan pun akan berkurang.

Kurangnya hormon tiroid dalam tubuh lantas dapat menyebabkan inflamasi (peradangan) hingga pembengkakan pada bagian telapak kaki, tumit, dan pergelangan kaki. Selain itu, jika tidak segera ditangani, maka Mama akan menderita saraf terjepit dan kerusakan saraf.

5. Achilles tendinitis

5. Achilles tendinitis
Pexels/Anete Lusina
Ilustrasi

Sakit yang Mama alami di telapak kaki juga mungkin dikarenakan Achilles tendinitis. Kondisi tersebut bisa terjadi disebabkan oleh peradangan pada tendon Achilles (sebuah pita jaringan yang menghubungkan otot betis dan tulat tumit).

Alhasil, Mama merasa nyeri dan kaku pada telapak kaki. Sakit yang dirasakan juga tidak hanya di pagi hari saja, tapi juga hingga sepanjang hari.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur
Freepik

Sebelum memeriksakan diri ke dokter, ada sejumlah pertolongan pertama yang dapat Mama lakukan apabila telapak kaki sakit saat bangun tidur. Simak di bagian berikut, yuk!

1. Mengompres Kaki dengan Es Batu

Cara pertama adalah dengan mengompres kaki dengan es batu. Jadi, siapkan sebuah botol minum. Isi dengan air lalu masukkan ke dalam freezer hingga membeku.

Nah selanjutnya, tutup botol dengan kain untuk nantinya dikompreskan pada kaki Mama yang terasa sakit.

2. Memberikan Pijatan pada Kaki

Memberikan pijatan pada kaki juga dapat mengurangi rasa sakit, lho. Nantinya, saraf pada kaki tidak terlalu mengalami ketegangan.

Caranya, pijat telapak kaki dari bagian jari hingga ke tumit. Mama bisa menggunakan tangan atau bola tenis untuk melakukannya.

3. Merendam Kaki dengan Air Hangat

Cara yang terakhir untuk mengatasi telapak kaki sakit saat bangun tidur adalah dengan merendam kaki di air hangat. Boleh juga menambahkan garam magnesium sulfat untuk lebih mendapatkan efek baiknya.

Perlu diingat, cara-cara di atas hanyalah merupakan pertolongan pertama, bukan perawatan utama ya, Ma. Jadi semisal Mama merasakan sakit di telapak kaki, tetap temui dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

Tindak Pencegahan agar Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur

Tindak Pencegahan agar Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur
Pexels/ketut-subiyanto

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah telapak kaki sakit saat bangun tidur. Beberapa di antaranya adalah:

  • Selalu jaga berat badan agar ideal. Sebab ketika Mama obesitas, kaki akan mengalami tekanan berlebih yang memicu timbulnya sakit pada telapak kaki.
  • Menjalani gaya hidup sehat;
  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi;
  • Sebelum berolahraga, luangkan waktu untuk melakukan peregangan terlebih dahulu;

Mama sudah baca informasi tentang penyebab telapak kaki sakit saat bangun tidur. Ingat, apabila mengeluhkan rasa sakit pada kaki, maka Mama harus segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.