Jokowi Izinkan Lepas Masker, IDI Imbau Masyarakat Tetap Jaga Prokes

Presiden Jokowi bolehkan lepas masker di area terbuka, namun IDI tetap imbau masyarakat taati prokes

20 Mei 2022

Jokowi Izinkan Lepas Masker, IDI Imbau Masyarakat Tetap Jaga Prokes
Pexels/Ketut Subiyanto

Pandemi Covid-19 belum berakhir di dunia termasuk di Indonesia. Meski begitu, diketahui jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia mulai menurun. Bahkan, jumlah pasien di rumah sakit rujukan juga mulai menurun.

Berdasarkan kondisi tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan melonggarkan kebijakan penggunaan masker di masyarakat. Hal ini disampaikan secara resmi oleh Presiden Jokowi pada 17 April lalu.

Melihat keputusan terbaru Presiden, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) turut memberi tanggapannya. Kali ini Popmama. com telah merangkum tanggapan IDI terkait pelonggaran kebijakan penggunaan masker yang diumumkan Presiden Jokowi.

Editors' Picks

1. Presiden Jokowi bolehkan buka masker

1. Presiden Jokowi bolehkan buka masker
Youtube.com/Sekretariat Presiden

Ketika menyampaikan keputusan pelonggaran masker, Presiden Jokowi turut menjelaskan detail pelonggaran yang diberikan. Masyarakat diperbolehkan untuk membuka masker ketika sedang berada di luar ruangan atau outdoor.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," tutur Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sedangkan, untuk kegiatan di dalam ruangan atau indoor masyarakat tetap harus memakai masker. Presiden Jokowi juga menyarankan bagi masyarakat rentan seperti lansia dan pengidap komorbid untuk tetap menggunakan masker.

2. IDI tetap imbau jaga protokol kesehatan

2. IDI tetap imbau jaga protokol kesehatan
Pexels/Anna Shvets

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberi tanggapan terhadap keputusan Presiden Jokowi terkait pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Moh Adib Khumaidi mendukung keputusan tersebut.

Meski begitu, IDI menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Seperti yang disampaikan oleh Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah, dr Djoko Handoyo, pada acara pembukaan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-114.

“Walaupun penyebaran Covid-19 sudah terlihat mulai dapat dikendalikan, namun masyarakat diharapkan tetap menjaga protokol Kesehatan yang telah dilaksanakan selama masa pandemi,” jelas dr Djoko Handoyo, SpB(K)Onk, Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah.

3. Angka Covid-19 mereda, IDI jalankan kegiatan kesehatan sosial di seluruh Indonesia

3. Angka Covid-19 mereda, IDI jalankan kegiatan kesehatan sosial seluruh Indonesia
Dok. IDI

Covid-19 mulai menurun, pada perayaan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-114, IDI menjalankan kegiatan kesehatan sosial di seluruh Indonesia. Kabupaten Pati akan menjadi tempat pembukaan pelaksanaan HBDI Ke-114.

Rangkaian kegiatan HBDI tahun ini di IDI cabang Jawa Tengah salah satunya memfasilitasi penyediaan sumur, jamban, dan air bersih di daerah pesisir yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Bukan hanya menyediakan air bersih, beberapa kegiatan guna meningkatkan kesehatan masyarakat turut dilakukan oleh IDI di antaranya sunatan masal, donor darah, skrining Kesehatan pada anak, ibu hamil dan lansia, serta operasi katarak.

Itulah tanggapan IDI terkait pelonggaran kebijakan penggunaan masker yang diumumkan Presiden Jokowi. Meski boleh buka masker di area terbuka, jangan lupa untuk taati protokol kesehatan lainnya sesuai imbauan IDI ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk