Baik Untuk Kesehatan, Ini Cara Memanfaatkan Aromaterapi yang Maksimal

Ada berbagai cara menggunakan aromaterapi

20 Desember 2019

Baik Kesehatan, Ini Cara Memanfaatkan Aromaterapi Maksimal
Pixabay/monicore

Essential oil atau aroma terapi saat ini sudah banyak digunakan sebagai perawatan alternatif untuk berbagai kondisi kesehatan. Tak heran jika saat ini aromaterapi dapat dengan mudah ditemukan karena khasiatnya tersebut.

Sudah lebih dari 5000 tahun, aromaterapi dipercaya di berbagai budaya di seluruh dunia untuk proses penyembuh alami yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri, antiradanga, sekaligus memberikan efek antinyeri.

Menurut sejumlah penelitian, beberapa jenis minyak aromaterapi terbukti memiliki efek positif untuk meningkatkan kondisi fisik serta emosional seseorang.

Untuk memanfaatkan aromaterapi kamu bisa mencoba dalam berbagai macam cara.

Untuk mendapatkan cara yang maksmal, berikut ini Popmama.com telah merangkum manfaat penggunaan aromaterapi dari ahlinya.

Editors' Picks

1. Penggunaan minyak aromaterapi alami

1. Penggunaan minyak aromaterapi alami
Dok. Mama's Choice

Aromaterapi sendiri memanfaatkan minyak alami yang diekstrak dari tumbuhan dengan manfaat untuk meningkatkan kesehatan secara fisik maupun psikis. 

Terinspirasi dari banyaknya manfaat aromaterapi mulai dari memperbaiki suasana hati, hingga mampu meningkatkan kesehatan secara fisik maupun mental. Mama's Choice sebagai brand yang fokus menghadirkan produk kebutuhan Mama dan bayi kini meluncurkan Mama's Choice Relaxing Massage Oil.

Bertempat di Tanamera Coffee, Jakarta (19/12/2019), Head of Branding Mama's Choice, Rahne Putri mengatakan, "Kami melihat essential oil bukan hanya sebagai tren, tapi memang ingin mengangkat khasiat bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan Mama."

Sebagai brand yang fokus pada kesehatan Mama dan bayi, Mama's Choice Relaxing Oil menghadirkan 100% bahan alami yang aman untuk ibu hamil maupun semua orang.

Selain memperkenalkan minyak aromaterapi alami, Mama's Choice juga turut mengadakan pijat gratis dan workshop interaktif dengan memfasilitasi para Mama untuk mendapatkan pengalaman me
time yang menyenangkan dengan produk Mama's Choice Relaxing Massage Oil.

2. Memanfaatkan aromaterapi untuk "me time"

2. Memanfaatkan aromaterapi "me time"
Popmama.com/Novy Agrina

Meskipun manusia merupakan makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan orang lain, ada kalanya seseorang butuh waktu untuk sendiri atau me time. Menghabiskan waktu sendirian dengan pikiran yang tenang justru memberikan sejumlah manfaat.

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, aromaterapi juga bisa digunakan untuk me time lho! Hal ini karena aroma dari minyak esensial akan merangsang area hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati.

Terlebih bagi seorang Mama, tentu saja me time menjadi waktu yang terbaik untuk mengembalikan energi. Seperti kata Alexandra Gabriela, psikolog yang juga Mama 1 anak saat ditemui di kesempatan yang sama, "Setiap Mama harus sadar bahwa tubuh kita punya hak untuk rehat sebentar. Agar kita bisa recharge energi, lebih tenang, berpikir lebih positif dan siap kembali ke rutinitas sehari-hari."

3. Cara menggunakan aromaterapi untuk hasil maksimal

3. Cara menggunakan aromaterapi hasil maksimal
Pexels/Pixabay

Dengan memanfaatkan minyal alami yang diekstrak, Oma Yoyoh selaku Pemiliki Aleesha Spa Mom & Kids yang ditemui pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa, tidak semua minyak esensial bisa dimanfaatkan sebagai aromaterapi.

"Kalau aromaterapi yang natural, biasanya begitu kita cium itu langsung otak kita jadi tenang, ada rasa cooling down," jelas Oma Yoyoh.

Oma Yoyoh juga menyebutkan minyak esensial yang tidak alami atau telah diolah dengan bahan kimiawi bisa menyebabkan penyakit kanker. "Sekarang kan kanker dimana mana, itu salah satu penyebabnya adalah kimiawi yang terisap oleh kita," jelasnya.

Untuk memanfaatkan aromaterapi yang alami untuk berbagai kesehatan, berikut ini cara yang bisa kamu gunakan versi Oma Yoyoh:

  • Teteskan di urat nadi sebanyak 1 atau 2 tetes dengan gerakan memutar, lalu diamkan beberapa detik, kemudian hirup di dekat hidung sambil tarik dan buang napas.
  • Dioleskan, jika pure essential oil harus menggunakan minyak dasar (minyak zaitun atau minyak kelapa) terlebih dahulu sebelum dioleskan langsung.
  • Dibakar atau dipanaskan, cara ini bisa digunakan sebagai minyak pijat dan untuk menyembuhkan bekas luka bakar atau ruam. Caranya dengan di aplikasikan mulai dari bagian tubuh sebelah kiri, hal ini karena jantung berada di sebelah kiri.
  • Menggunakan diffuser dengan mengubah minyak esensial menjadi uap yang wangi.

Selain cara-cara diatas, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan mudah terkena alergi, kamu bisa mengetes aromaterapi terelebih dahulu sebelum digunakan. Seperti tips yang disebutkan Oma Yoyoh, "taruh minyak aromaterapi di ujung jari lalu letakan di belakang telinga, kalau dirasa panas atau gatel, nah itu berarti alergi."

Itulah cara memanfaatkan minyak aromaterapi untuk hasil yang maksimal. Meskipun saat ini sudah banyak beredar minyak aromaterapi, pastikan menggunakan yang benar-benar alami ya. Sehingga khasiatnya bisa terasa lebih maksimal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.