Bisa Maksimal! Begini 5 Manfaat Pijat I Love You untuk Bayi

Ada yang sudah menerapkan teknik pijat I Love You?

10 September 2020

Bisa Maksimal Begini 5 Manfaat Pijat I Love You Bayi
Popmama.com/Astika Alivia

Pijat bayi menjadi salah satu cara alternatif yang dilakukan oleh para orangtua untuk memberikan kenyamanan serta memanjakan bayi. Pijatan bayi memiliki banyak variasi teknik dengan tujuan agar tubuh si Kecil menjadi lebih rileks, termasuk memijat dengan teknik I Love You. 

Pijat I Love You adalah variasi pijat di area perut yang efektif mengatasi banyak masalah kesehatan. Metode pijat ini akan dilakukan dengan sebuah gerakan yang membentuk inisial I, L dan U. Penerapan pijat I Love You ini cocok diterapkan oleh bayi usia 0 hingga 1 tahun seusai mandi atau setelah menyusu untuk memberikan kenyamanan. 

Perlu Mama ketahui bahwa rutinitas pijat bayi menjadi salah satu cara yang mampu memberikan manfaat positif untuk kesehatannya. Jika Mama ingin lebih banyak mengetahui manfaat dari teknik pijat I Love You, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga teknik pijat ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk si Kecil ya, Ma!

1. Mengatasi bayi dengan gangguan konstipasi

1. Mengatasi bayi gangguan konstipasi
centreforperinatalpsychology.com.au
Langkah memijat bayi

Bayi yang sudah mengenal MPASI memiliki risiko untuk mengalami masalah pencernaan yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Kondisi kesehatan ini wajar dialami karena bayi sudah mulai berada di fase peralihan dari makanan cair menuju padat, sehingga sistem pencernaannya pun ikut beradaptasi dan memicu beberapa gangguan seperti konstipasi. 

Konstipasi atau yang sering disebut dengan sembelit tentu akan membuat intensitas BAB menjadi semakin berkurang. Selain bayi merasa tidak nafsu makan, dirinya pun mengalami beberapa gejala lain seperti sering mual, perut terasa kembung, hingga proses buang air besar yang terasa tidak tuntas. 

Jika konstipasi tidak diatasi dengan baik, maka nutrisi yang diperoleh oleh si Kecil akan berkurang dan justru memicu masalah kesehatan lainnya. Dilansir dari Independent.id Style untuk mengatasi konstipasi bayi, Mama bisa melakukan pijat I Love You. 

Teknik pijat I Love You yang dilakukan dengan cara yang benar di bagian perut, maka secara efektif mampu meredakan berbagai gejala konstipasi serta mengatasi banyak permasalahan kesehatan lainnya. 

Ketika memijat melalui teknik pijat I Love You, cobalah mengikuti letak usus di dalam perut yang mampu memperlancar buang air besar dan menghindari risiko masuk angin. 

Editors' Picks

2. Menurunkan risiko batuk tanpa perlu diberikan obat kimia

2. Menurunkan risiko batuk tanpa perlu diberikan obat kimia
spafinder.com
Langkah memijat bayi

Bayi yang mengalami batuk-batuk tentu akan membuat orangtua merasa khawatir apalagi belum bisa sembarangan diberikan obat. Batuk pada bayi perlu diatasi agar tidak membuat kesehatannya semakin menurun. 

Selain bisa meredakan batuk melalui cara-cara alami, teknik pijat I Love You dapat membantu mengoptimal kesehatannya seperti sediakala. 

Untuk menerapkan teknik pijat I Love You, caranya sangat mudah karena hanya perlu mengosokkan minyak ke tubuh bayi dengan membentuk sebuah lingkaran kecil. Gosok area dada dengan gerakan memutar menggunakan satu tangan. 

Setelah itu, Mama bisa kembali memijat wajah si Kecil dari bagian alis menuju hidung serta pipinya. Beberapa gerakan ini bisa diulangi, sehingga mampu mengeluarkan lendir yang ada dalam sinus. 

Bagian telapak kaki bayi juga bisa dipijat karena dapat berguna untuk menghasilkan rasa panas, sehingga menurunkan rasa berat di dada akibat batuk.

3. Mengurangi intensitas cegukan melalui teknik pijatan I Love You

3. Mengurangi intensitas cegukan melalui teknik pijatan I Love You
omved.com
Langkah memijat bayi

Cegukan pada bayi wajar terjadi dan biasanya muncul setelah proses menyusui atau ketika si Bayi mulai bersemangat. Namun, saat organ tubuh anak mama semakin matang biasanya intensitas cegukan akan mulai berkurang. 

Cegukan pada bayi memang bisa diredakan melalui cara-cara sederhana seperti memeluk, menghentikan pemberian ASI, memperbaiki posisi tidur bayi hingga membuatnya bersendawa. Bila beberapa cara tersebut tidak berhasil, maka Mama perlu mengurangi ketegangan pada diafragma si Bayi melalui sebuah pijatan I Love You.   

Jika ingin menerapkannya, maka perlu meletakkan bayi dalam posisi tegak dan memberikan pijatan lembut. Mulailah dari bagian punggung bawah hingga bahu menggunakan gerakan melingkar. Perlu Mama ketahui bahwa teknik pijatan I Love You yang konsisten dilakukan mampu meringankan cegukan. 

Bahkan si Bayi pun melalui pijatan ini akan merasakan rasa nyaman karena intensitas cegukannya mulai berkurang. 

4. Sarana dalam membangun ikatan hubungan orangtua dan anak

4. Sarana dalam membangun ikatan hubungan orangtua anak
babiesfirstfitness.com

Baby blues syndrome menjadi salah satu ketakutan serius pada perempuan yang umumnya terjadi pasca melahirkan. Dalam kondisi ini biasanya Mama akan mengalami perubahan suasana hati secara mendadak seperti bahagia, sedih hingga marah tanpa alasan yang jelas. 

Dilansir dari Independent.id Style teknik pijatan I Love You bisa membantu proses ikatan hubungan antara orangtua dengan anaknya. Perlu Mama ketahui bahwa pijatan yang dilakukan secara intens dapat mempererat ikatan apalagi akan ada kontak mata, kulit, suara hingga interaksi selama memijak dengan teknik I Love You. 

Perlu diingat bahwa bayi pun pertama kali belajar berkomunikasi melalui sentuhan yang diberikan orangtuanya. Jadi, pijat melalui teknik I Love You dapat memberikan manfaat positif untuk hubungan orangtua bersama anaknya menjadi lebih berkualitas. 

Baca juga: Untuk Kesehatan Bayi, Ini 8 Rekomendasi Minyak Pijat yang Terbaik

5. Membantu rutinitas tidur menjadi lebih nyenyak

5. Membantu rutinitas tidur menjadi lebih nyenyak
eventbrite.co.uk
Minyak pijat yang aman untuk bayi

Komunikasi melalui sentuhan bisa dilakukan melalui sebuah pijatan. Apalagi bayi pertama kali belajar cara berkomunikasi dengan orangtuanya melalui sebuah sentuhan termasuk ketika sedang memijat. 

Bayi kerap batuk pada malam hari, sehingga menjadi sebuah tanda dalam mengindikasi beberapa kondisi kesehatan. Untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang membuatnya tidak nyaman, maka sebuah pijatan menggunakan teknik I Love You bisa menjadi salah satu pilihan. 

Pijatan lembut yang dilakukan dengan teknik I Love You mampu membantu tubuh bayi merasa lebih rileks dan membantunya bisa tidur lebih nyenyak. Pijatan kecil ini bisa menjadi salah satu alternatif yang membantu bayi nyaman dan tidak mudah rewel saat sedang tidur. 

Itulah beberapa manfaat dari teknik pijatan I Love You yang bisa dirasakan oleh bayi sekaligus Mama. Dengan teknik ini diharapkan mampu membantu kesehatan hingga kualitas hubungan antara orangtua dan anak ya, Ma.

Dapatkan informasi seputar parenting di Popmama Parenting Academy yang diselenggarakan oleh Popmama.com secara online pada tanggal 28 September-3 Oktober 2020. 

Siapkan pertanyaan untuk ahli di setiap kelas online Popac ya. Banyak informasi terkait kesehatan ibu hamil, perawatan bayi baru lahir dan cara membesarkan anak di era digital. Nantinya, anak harus memiliki daya saing dan kualitas yang baik untuk mempermudah menghadapi masa depannya.

Selain itu, Mama juga bisa berbelanja kebutuhan mama dan si Kecil dengan harga spesial. Nantikan POPAC 2020 ya, Ma! Jangan lupa follow Instagram @popmama.parenting.academy untuk kabar selanjutnya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.