Eksklusif: Mytha Lestari Beradaptasi, Baginya Pandemi Bukan Hambatan untuk Bernyanyi dan Menciptakan Lagu

Bukan berarti pandemi adalah fase yang mudah, namun Mytha Lestari dan suami belajar dan mencoba banyak hal untuk kembali bangkit!

16 Mei 2021

Eksklusif Mytha Lestari Beradaptasi, Bagi Pandemi Bukan Hambatan Bernyanyi Menciptakan Lagu
Instagram.com/mytha_lestari

Sudah satu tahun lebih dunia alami banyak perubahan karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Ada banyak sektor atau tenaga pekerjaan yang harus terdampak, salah satunya adalah industri kreatif sebagai seorang musisi.

Jika umumnya para musisi Tanah Air dapat memberikan penampilan dihadapan banyak penonton, di tengah pandemi ini justru mereka harus membiasakan diri dengan kurangnya banyak kegiatan dan harus bisa tampil secara virtual.

Seperti yang dirasakan oleh musisi Mytha Lestari, seorang penyanyi jebolan salah satu pencarian bakat serta seorang Mama dari anak laki-lakinya yang biasa disapa Kala.

Sebagai seorang musisi, pandemi ini membuat banyak perubahan bagi Mytha. Melalui wawancara ekslusif bersama Popmama.com dalam #MillennialMama of the Month Edisi Mei 2021, Mytha menyebutkan, “Di tahun pertama berasa banget karena tiba-tiba zero (pekerjaan). Job yang sudah masuk semuanya cancel.”

Meski sempat merasakan dampak dari pandemi Covid-19, namun hal ini tidak menghalangi Mytha untuk terus bekarya sebagai seorang musisi Tanah Air.

Melalui wawancara ekslusif bersama Mytha Lestari, berikut Popmama.com telah merangkumnya.

1. Merasakan dampak dari pandemi dengan tidak adanya job sama sekali

1. Merasakan dampak dari pandemi tidak ada job sama sekali
Dok. Mytha Lestari

Di tahun pertama atau awal-awal virus Covid-19 mulai menyebar, Mytha mengaku dirinya mengalami kebingungan apa yang harus ia perbuat. Sama seperti kebanyakan orang, Mytha pun turut merasakan dampak dari adanya pandemi tersebut.

“Job tadinya sudah masuk, ada 20-an, semuanya cancel,” jelas Mytha.

Setelah semua pekerjaannya terpaksa dibatalkan, Mytha mengaku kebingung harus melakukan apa lagi selama bulan-bulan pertama pandemi.

Sebagai seorang Mama, Mytha pun memanfaatkan off show-nya ini untuk bermain dan mengasuh buah hatinya, Kala.

Editors' Picks

2. Memanfaatkan waktu di rumah saja dengan menciptakan lagu

2. Memanfaatkan waktu rumah saja menciptakan lagu
Instagram.com/mytha_lestari

Setelah bulan pertama merasa kebingungan apa yang harus dilakukan, seiring berjalannya waktu dan mulai membiasakan diri maka Mytha mengaku ia perlahan bangkit Kembali untuk membuat karya lainnya.

“Mulai bulan November ke belakang mulai tau, kayak yaudah deh akhirnya kita produksi bikin lagu, buat streaming, buat YouTube,” ujar Mytha.

Semua orang memang dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi dan inilah Mytha Lestari yang sudah berhasil mengikuti keadaan.

3. Sempat putar haluan membuat konten masak

3. Sempat putar haluan membuat konten masak
Dok. Mytha Lestari

Selama pandemi Mytha membuat karya seperti produksi lagu sendiri bersama sang suami yang merupaka produser, melakukan streaming bersama penggemar, serta membuat ragam konten di YouTube. Mytha pun mengaku dirinya pernah putar haluan membuat konten masak.

Meski dirinya besar dan dikenal sebagai seorang penyanyi, namun ia mengaku sempat membuat konten masak di Instagram pribadinya.

Selain untuk menghibur para pengikutnya, ia juga ingin mengisi kekosongan selama pandemi di rumah saja.

Seperti yang dijelaskannya, “Padahal saya penyanyi. Jadi, saya akhirnya merasakan bahwa ya ini penyanyi, seniman, musisi di Indonesia tuh akhirnya pada belok semua gitu.”

4. Pandemi bukanlah hambatan untuk Mytha terus berkarya

4. Pandemi bukanlah hambatan Mytha terus berkarya
Dok. Mytha Lestari

Meski banyak pekerjaan yang terdampak akibat pandemi berkepanjangan ini, Mytha mengaku ini tak menjadi hambatan untuknya terus bekarya di dunia tarik suara.

Mytha mengaku, dirinya sudah pernah melewati fase terpuruk seperti ini sebelumnya, sehingga adanya pandemi tidak mematahkan semangatnya dalam membuat karya lainnya.

“Saya mengeluarkan sesuatu tuh bukan karena pandemi, tapi lebih ke yang kayak nggak ngapa-ngapain (saat pandemi) justru bikin saya lebih produktif,” ujarnya.

Selain main dengan Kala, Mytha mengaku menjadi lebih produktif dan lebih banyak ide untuk membuat lagu.

Hal ini semakin memudahkannya karena memiliki seorang suami yang merupakan produser musik yang juga memilki studio musik sendiri di rumah.

Sudah banyak menciptakan lagu di tengah pandemi, Mytha mengaku justru lagu yang diproduserinya bersama sang suami banyak digunakan untuk mengisi soundtrack atau menjual lagunya kepada musisi lain.

Sebagaimana dijelaskan Mytha, “Saya hampir bikin  100 lagu dan pada saat pandemi ini yang jualan bukan nyanyi, tapi malah lagu saya.”

Itulah cerita Mytha Lestari yang tetap semangat bekarya meski di tengah pandemi.

Menurut Mytha, "Pandemik bukanlah akhir dari segalanya. Justru adanya pandemi membuat saya pribadi yang lebih kuat dan semangat dalam memberikan karya yang terbaik untuk dunia musik Tanah Air."

#MillennialMama of the Month Edisi Mei 2021 – Myha Lestari

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aristika Medinasari
Video Editor - Bima Bintoro

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Mytha Lestari
Millennial Mama

Mytha Lestari

"Menjaga diri sendiri adalah bukti cinta keluarga"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.