Tips Memilih dan Mengetahui Harga Kambing Kurban Jelang Idul Adha

Persiapkan hewan kurban mu dari sekarang, jangan salah pilih ya

27 Juli 2020

Tips Memilih Mengetahui Harga Kambing Kurban Jelang Idul Adha
Freepik/n_u_t

Selain Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha juga merupakan salah satu hari besar dan penting bagi umat muslim. Hari Raya ini juga sering disebut sebagai Hari Raya Kurban.

Perayaan Idul Adha dianjurkan bagi umat muslim yang mampu untuk membeli seekor sapi, domba, ataupun kambing untuk ia sembelih. Hal ini seperti pengorbanan Nabi Ibrahim yang diperintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya dan digantikan dengan seekor domba. 

Idul Adha sendiri diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah, yang merupakan bulan terakhir tahun Hijrah dalam penanggalan Islam. Idul Adha pada tahun ini jatuh pada 31 Juli 2020.

Jika Idul Adha tahun ini kamu berniat untuk menyembelih seekor kambing untuk dikurbankan. Kamu perlu mengetahui syarat dalam berkurban, bagaimana memilih kambing sesuai ajaran Islam, serta berapa kisaran harga kambing menjelang Idul Adha.

Berikut Popmama.com telah merangkum apa saja yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan berkurban dan membeli seekor kambing pada perayaan Idul Adha nanti.

Editors' Picks

1. Syarat berkurban saat Idul Adha

1. Syarat berkurban saat Idul Adha
Freepik/tigatelu

Sebagai umat muslim, kamu disunnahkan untuk melakukan sembelih hewan kurban sesuai dengan ajaran Islam. Jika kamu sudah mampu untuk melakukan kurban pada Idul Adha kali ini, kamu perlu mengetahui syarat apa saja yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Islam, sesuai dengan ajaran yang dianjurkan, selain muslim maka tidak disyari’atkan baginya untuk berkurban.
  2. Baligh dan berakal, jika belum baligh dan tidak/belum berakal, maka dirinya tidak dibebani kurban.
  3. Mampu, maksudnya bahwa orang yang akan melakukan kurban mampu secara material membeli hewan kurban di luar nafkah untuk dirinya dan orang-orang yang wajib dia beri nafkah selama hari raya Idhul Adha dan hari-hari tasyriq (hari raya umat Islam yang jatuh pada setelah Idul Adha).

2. Tips memilih kambing kurban sesuai ajaran Islam

2. Tips memilih kambing kurban sesuai ajaran Islam
Pixabay/SusuMa
joker with card

Setelah syarat berkurban diatas sudah kamu penuhi, selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah memilih kambing kurban sesuai dengan ajaran Islam.

Berikut adalah tips dan syarat yang harus kamu pertimbangkan saat memilih hewan kurban:

  1. Harus dari golongan binatang ternak, yaitu; unta, sapi dan kambing, baik domba, biri-biri, atau yang lainnya.
  2. Perhatikan umur hewan yang akan kamu kurbankan. Jika memutuskan menyembelih kambing, maka kambing disyaratkan harus sempurna berumur 1 tahun (atau jalan tahun ke-2)
  3. Selamat dari 4 cacat, diantaranya matanya buta sebelah, sakit dengan ciri-ciri yang nampak jelas, pincang, dan sangat kurus yang bisa menjadikannya stres
  4. Yang dikurbankan tidak berkaitan dengan hak orang lain, dan tidak sah berkurban dengan harta yang digadaikan
  5. Hewan kurban sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah
  6. Sebagai tambahan, hewan kurban yang sehat cuping hidungnya basah (bukan karena flu), bulunya bersih mengilap, nafas dan detak jantung normal, nafsu makan normal, lubang kumlah bersih dan berwarna merah muda.

Jadi tips dan syarat memilih hewan kurban diatas sudah sesuai dengan kambing yang kamu beli, berarti kamu sudah siap melaksanakan kurban pada Idul Adha nanti.

Baca juga:

3. Harga kambing kurban naik jelang Idul Adha

3. Harga kambing kurban naik jelang Idul Adha
Freepik.com

Harga kambing kurban semakin naik jelang perayaan Idul Adha. Lalu, berapa anggaran yang diperlukan untuk membeli seekor kambing untuk kurban?

Jika kita melihat dari berbagai situs online atau ecommerce yang menawarkan hewan kurban, harga kambing kurban yang ditawarkan rata-rata antara Rp1.800.000 hingga Rp2.500.000 per ekor.

Harga ini fleksibel berdasaran kondisi kambing yang akan kamu beli. Semakin besar ukuran kambingnya, tentu harganya pun semakin mahal.

Selain ukuran, hal lain yang membedakan harga adalah lokasi tempat membeli hewankurban itu sendiri. Jika kamu berdomisili di Jakarta, tentu harga kambing kurban akan lebih mahal dibandingkan jika kamu membelinya di daerah.

Anggaran sebesar itu merupakan anggaran yang biasa disiapkan untuk membeli kambing kurban. Oleh karenanya kamu perlu mempersiapkan dari awal jika ingin berkurban. Tetapi, kembali lagi diingatkan bahwa berkurban itu hukumnya sunnah, jadi semua ini dikondisikan pada kemampuan ekonomi masing-masing.

Itulah 3 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan kurban saat Idul Adha nanti. Jadi, apakah kamu sudah siap menyembeli seekor kambing untuk berkurban tahun ini?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.