Bekasi Siap New Normal, Restoran Hingga Tempat Ibadah akan Dibuka

Bekasi telah mendapatkan lampu hijau untuk penerapan new normal dari presiden Jokowi

26 Mei 2020

Bekasi Siap New Normal, Restoran Hingga Tempat Ibadah akan Dibuka
summareconbekasi.com

Kabar gembira untuk Mama yang merupakan warga Bekasi. Ya, penerapan new normal akan segera di mulai.

Sebelumnya Presiden Jokowi melakukan simulasi diberlakukannya new normal pada Selasa (26/5/2020) di Summarecon Mal Bekasi. Pada kunjungan ke mal tersebut, Jokowi juga didampingi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Dibukanya mal diharapkan agar roda perekonomian bisa berputar kembali dan masyarakat bisa kembali produktif dengan tetap mentaati protokol kesehatan seta jaga jarak.

Jokowi juga menegaskan kepada masyarakat, aktivitas publik akan dibuka dengan pengawalan dari TNI dan Polri untuk memastikan masyarakat patuh menjalani new normal ini. "Kita ingin tetap produktif, tapi aman Covid-19. Produktif tapi aman Covid-19, ini yang kita inginkan," kata Jokowi. 

Lalu, mengapa pemerintah memilih Bekasi sebagai prototipe new normal? Simak informasi yang telah Popmama.comlansir dari berbagai sumber berikut ini. 

1. Bekasi dipilih menjadi prototipe penerapan new normal

1. Bekasi dipilih menjadi prototipe penerapan new normal
Pexels/Markus Spiske

Kunjungan presiden Jokowi ke sebuah mal di Bekasi sempat menimbulkan tanda tanya. Tak sedikit isu berantai yang menyatakan bahwa agendanya adalah membuka kembali mal besar di kawasan tersebut.

Nyatanya, pesan tersebut adalah salah besar. Agenda Jokowi pada Selasa (26/5/2020) kemarin adalah untuk memantau kesiapan Summarecon Mall Kota Bekasi untuk bisa kembali beroperasi ditengah masa pandemi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyetujui rencana pembukaan pusat perbelanjaan dengan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat.

Nantinya, masyarakat harus mentaati protokol kesehatan dengan pengawasan dari Polri dan TNI. Bekasi juga telah mendapatkan lampu hijau dari presiden untuk membuka mal. 

Bukan tanpa alasan Bekasi bisa mendapatkan lampu hijau untuk penerapan new normal. 

Menurut Ridwan Kamil, kawasan Bekasi sudah memasuki zona hijau. Angka reproduksi atau reproduksi number Covid-19 di Kota Bekasi saat ini ada di bawah angka 1, yaitu 0,71.

Hal ini menjadi kabar baik yang meyatakan bahwa di daerah tersebut, Covid-19 hampir tak menularkan penyakit ke yang lainnya.

“Tetapi dalam menuju tatanan baru kita juga melihat angka-angka, melihat fakta-fakta di lapangan, angka-angka bagaimana kurva R0 (standar angka reproduksi), di Bekasi di bawah 1 udah bagus,” kata Jokowi. 

Menurut Ridwal Kamil, saat diterapkan new normal, masyarakat wajib lakukan protokol kesehatan.

"Pakai masker dan sarung tangan karena bisa saja orang membeli sesuatu, sempat pegang-pegang tapi nggak jadi hal ini berpotensi penularan. Bekasi melakukan ini karena sudah konsultasi dengan Walikota bahwa zona ini sudah hijau. Yang paling berat dan masih di kaji adalah sekolah," ungkap Ridwal Kamil saat berada di Summarecon Mal Bekasi, Selasa (26/5).  

Ridwan Kamil menambahkan sesuai arahan Presiden Jokowi, minimal 14 hari akan ada kehadiran fisik dari TNI dan Polri di pasar dan Mal untuk mendisiplinkan masyarakat hingga masyarakat sudah disiplin dan patuh dengan protokol kesehatan. 

Editors' Picks

2. Restoran di Bekasi diperbolehkan buka dengan meja untuk dua orang

2. Restoran Bekasi diperbolehkan buka meja dua orang
Freepik/Rawpixel-com

Bagi yang sudah kangen makan di restoran, Mama yang tinggal di Bekasi patut berbangga karena restoran pun juga dibuka mulai Selasa (26/5/2020). 

Namun, pengunjung restoran tetap dibatasi sementara selama masa pandemi. Restoran yang biasa menyiapkan meja untuk empat orang, kini hanya diizinkan untuk dua orang saja. 

"Restoran ini hanya menerima per satu waktu misalnya 10 meja dari tadinya 20. Sehingga orang yang kesebelas, dia bisa menunggu orang kesepuluh keluar, baru dia masuk," kata Ridwan Kamil.

Nantinya, anggota TNI dan Polri hadir di tempat usaha mengawasi masyarakat serta tempat usaha agar tetap melakukan protokol kesehatan dengan disiplin. 

Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa tetap produktif namun tetap aman dari infeksi virus corona. 

3. Jadwal buka mal di Bekasi buka mengikuti DKI

3. Jadwal buka mal Bekasi buka mengikuti DKI
Freepik

Dilansir dari IDN Times, menurut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk jadwal buka mal di Bekasi tetap mengikuti kebijakan di DKI. 

"Kalaupun harus buka minimal  4 Juni, karena DKI pada 4 Juni juga. Jangan sampai warga DKI sampai ke sini, kalau kapasitas 10 ribu, kita 5 ribu dulu yang masuk," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. 

4. Kota Bekasi akan menjadi percontohan new normal

4. Kota Bekasi akan menjadi percontohan new normal
businessinsider.sg

Menurut Rahmat, Kota Bekasi akan menjadi percontohan untuk mulai membuka mal karena memang memiliki reproduction rate yang relatif rendah, yaitu R0 sebesar 0,71.

"Karena dari Maret kita sudah siaga darurat bencana dan 3 kali melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Pada PSBB sekarang ini, apa yang disampaikan Pak Presiden adalah 'new normal'. Tatanan kehidupan baru, masyarakat produktif melawan Covid, itu terjemahan saya," ungkap Rahmat.

5. Selain mal dan restoran, tempat ibadah juga segera dibuka

5. Selain mal restoran, tempat ibadah juga segera dibuka
Unsplash/Grace Zhu

Nah Ma, bukan hanya membuka mal dan restoran saja, rencanaya Pemkot Bekasi akan segera mengizinkan operasional masjid dan rumah ibadah di Kota Bekasi pekan depan lho.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi sendiri sebenarnya pernah memberi izin masjid di 51 kelurahan yang masuk zona hijau, untuk menggelar solat Idulfitri 1441H.

"Saya ulang lagi, insya Allah minggu depan sudah bisa melakukan kegiatan ibadah di daerah yang dinyatakan hijau," kata Rahmat saat berada di mal Summarecon, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5). 

Nah, bagi Mama yang tinggal di kawasan Bekasi dan wilayahnya sudah memasuki
zona hijau pastinya ini menjadi kabar baik ya.

Ingat, kunjungan ke mal di Bekasi jumlahnya dibatasi dan jika ingin ke mal atau pasar, Mama wajib menaati protokol kesehatan ya. 

Untuk Mama yang tinggal di kota-kota lain harap tetap bersabar dengan mematuhi himbauan di rumah aja dan lakukan protokol kesehatan dengan baik.

Dengan selalu patuh, bukan tak mungkin kota Mama juga menyusul keberhasilan kota Bekasi dalam menekan penyebaran virus corona. Yuk, bisa! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.