5 Tips Membangun Bisnis setelah di PHK, Tetap Semangat!

Jangan menyerah ya Ma, gunakan pesangon setelah PHK untuk dijadikan modal

27 Januari 2022

5 Tips Membangun Bisnis setelah PHK, Tetap Semangat
Freepik/jcomp

Diberhentikan dari pekerjaan bisa membuat stres dan pastinya sangat mengecewakan. Tetapi beberapa orang memutuskan untuk menggunakan waktu ini sebagai kesempatan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dengan memulai bisnis kecil. Apalagi, jika perusahaan yang memutuskan hubungan kerja kamu memberikan pesangon yang cukup besar dan bisa digunakan untuk modal awal bisnis.

Mungkin Mama  memiliki ide bisnis yang sudah lama dipikirkan, tetapi sepertinya waktu masih bekerja, itu bukan “waktu yang tepat” untuk memulai bisnis. Dan, saat kamu diberhentikan bisa menjadi berkah tersembunyi arena hilangnya pekerjaan Anda secara tiba-tiba pada akhirnya dapat memberi kamu motivasi yang kamu butuhkan untuk meluncurkan perusahaan kecilmu.

Ketika kamu memiliki keterampilan, bakat, dan sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk mencari nafkah dan menciptakan kehidupan yang lebih baik daripada yang dapat diberikan oleh satu pekerjaan pun. Memulai bisnis setelah PHK mungkin merupakan cara yang tepat untuk melakukannya!

Berikut Popmama.com ulas beberapa tips tentang cara memulai bisnis setelah kehilangan pekerjaan:

1. Periksa berapa besar pesangon yang kamu dapatkan

1. Periksa berapa besar pesangon kamu dapatkan
Pinterest.com/@md

Sebagian besar, ketika orang kehilangan pekerjaan, mereka akan mendapatkan tunjangan PHK yang sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Hitung semua pendapatan yang kamu terima saat PHK, mulai dari gaji terakhir, asuransi, uang cuti jika ada, dan pendapatan lainnya. Banyak orang yang ingin memulai bisnis baru setelah PHK mencoba untuk hidup dari tunjangan pengangguran mereka. Setelah mendapatkan jumlahnya, simpan dengan baik untuk modal usaha kamu.

Editors' Picks

2. Lihatlah keterampilan dan sumber daya yang ada

2. Lihatlah keterampilan sumber daya ada
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Memulai bisnis setelah PHK tidak selalu merupakan masalah menemukan kembali hidup sepenuhnya, terkadang kamu akan lebih sukses dengan membangun bisnis baru dari keterampilan dan bakat yang ada.

Tanyakan pada diri sendiri: Apa yang sudah kamu kuasai? Apa yang sudah kamu sukai? Kamu sudah dibayar untuk apa? Bagaimana kamu dapat menyesuaikan keterampilan dan bakat. Hal-hal yang paling kamu sukai dari pekerjaan lama.

Misalnya, mungkin kamu punya pekerjaan di Sumber Daya Manusia; mungkin kamu bisa memulai bisnis baru sebagai konsultan perekrutan. Mungkin pekerjaan lama kamu adalah dalam pengembangan perangkat lunak, dan kamu dapat memulai bisnis baru yang mengembangkan aplikasi untuk klien korporat.

Atau, jika kamu suka fashion, kamu bisa membuat clothing brand sendiri. Jika kamu suka kuliner, kenapa nggak coba membuat bisnis dalam bidang ini.

3. Buat rencana bisnis

3. Buat rencana bisnis
Freepik.com/drobotdean

Sebelum mulai menginvestasikan banyak waktu dan energi untuk ide bisnis baru, luangkan waktu untuk menulis rencana bisnis. Ini adalah latihan yang baik untuk membantu memperjelas ide bisnis, menentukan target pasar, dan mencari tahu bagaimana akan menemukan pelanggan dan bersaing dengan bisnis mapan lainnya.

Kamu juga bisa mengevaluasi kembali ide dan mencoba menemukan versi bisnis yang lebih murah sebelum diluncurkan misalnya, mungkin kamu ingin memulai sebuah restoran, tetapi memutuskan untuk menguji konsep tersebut dengan meluncurkan bisnis makanan kemasan di rumah.

Membuat bisnis makanan di rumah akan lebih murah untuk diluncurkan daripada restoran dengan lokasi tetap dan jika bisnis makanan sukses besar, kamu bisa membuat restoran sendiri yang lebih besar di masa depan!

4. Mulailah dengan lingkaran dalam

4. Mulailah lingkaran dalam
Freepik/halayalex

Setiap bisnis bisa hidup atau mati dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Membuat orang berbicara tentang bisnis kamu dan merujuk pelanggan kepada sering kali merupakan cara terbaik untuk membuat perusahaan berdiri dan berjalan.

Jika kamu memulai bisnis setelah kehilangan pekerjaan, cara terbaik untuk meningkatkan pemasaran adalah mulai dengan berbicara dengan lingkaran kontak, kolega, dan teman. Buatlah daftar 10 atau 20 orang yang mengenalmu dan mempercayai kamu.

Kemudian hubungi mereka dan atur waktu untuk berbicara secara langsung, dan beri tahu mereka tentang apa yang ingin kamu lakukan. Mintalah kontak dan referensi. Minta mereka untuk membantu menyebarkan berita.

5. Bergabung dengan komunitas dan mendatangi workshop yang memberikan kamu dorongan untuk mencapai kesuksesan bisnis

5. Bergabung komunitas mendatangi workshop memberikan kamu dorongan mencapai kesuksesan bisnis
Dok. SUMCO

Saat ini, kesempatan bagi perempuan Indonesia untuk mandiri dan berkarya semakin terbuka lebar. Masyarakat juga sangat menyambut hangat gagasan-gagasan bahwa perempuan Indonesia punya hak yang sama untuk mengejar mimpi dan meraih financial freedom, baik melalui karir di dunia pekerjaan maupun membuka usaha sendiri dan menjadi entrepreneurs.

Pada Oktober 2021 lalu, jaringan komunitas distributor dan reseller bernama SUMCO menaungi lebih dari tiga ribu perempuan pelaku usaha online dan offline dari seluruh Indonesia. Sebagai platform e-commerce bagi distributor dan reseller, SUMCO menyadari bahwa dengan memanfaatkan teknologi, perempuan bisa dapat kesempatan yang sama untuk memulai bisnisnya sendiri, baik online maupun offline, dari manapun ia berada.

Nah Ma, untuk mendukung rencana bisnis Mama, SUMCO mengadakan roadshow ke beberapa kota di Indonesia dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional yang akan jatuh di bulan Maret 2022 nanti.

Roadshow yang bertajuk “Perempuan Berdaya, Perempuan Sejahtera” ini adalah program seminar dan pelatihan untuk perempuan pelaku usaha. Roadshow ini bertujuan ingin memberikan edukasi dan literasi kepada perempuan, mulai dari topik finansial, bisnis, hingga pola pikir (mindset) sukses yang harapannya dapat membantu perempuan Indonesia menaikkan kualitas hidupnya.

“Kami percaya bahwa perempuan adalah pilar penting dalam perekonomian keluarga, yang tentunya dalam skala besar akan berpengaruh juga dalam perekonomian bangsa. Masih banyak perempuan Indonesia yang potensi optimalnya belum terasah. Karena itulah SUMCO mengadakan roadshow ini, dengan harapan kami dapat menjangkau lebih banyak perempuan, terutama pelaku usaha” ujar Twelvi Febrina, Direktur SUMCO Indonesia.

Dalam rangkaian acara roadshow SUMCO, para peserta dapat mengikuti workshoptentang cara mengelola keuangan, cara mengubah pola pikir tentang uang dan mencapai lebih banyak kesuksesan dalam hidup serta bisnis. Peserta juga dapat lebih memahami beragam tips untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu, para peserta roadshow yang telah registrasi pada platform ID.SUMCO.STORE akan mendapatkan modal usaha awal senilai jutaan Rupiah secara gratis, agar bisa langsung mulai berjualan dan mendapatkan keuntungan.

Rangkaian acara roadshow SUMCO ini terbuka untuk umum, dan dapat diikuti oleh seluruh perempuan Indonesia pemilik usaha, baik berupa online shop, toko fisik, ataupun yang belum memiliki toko. Informasi mengenai cara mendaftar talkshow atau workshop dalam roadshow SUMCO dapat dilihat di Instagram @sumco.id.

Dipecat tidak pernah menyenangkan atau mudah. Kamu mungkin mengalami hari-hari yang mengecewakan dan berjuang untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri kamu pada awalnya.

Tetapi jika kamu benar-benar serius untuk menjadi seorang pengusaha, kehilangan pekerjaan itu akan menjadi hal terbaik yang pernah terjadi pada kamu. Karena sekarang akhirnya memiliki dorongan untuk keluar dari pekerjaan tradisional, dan mulai menjalani hidup dengan cara kamu sendiri dengan menjalankan bisnis sendiri!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk